Sikap Pimpinan MPR Rencana Amandemen UUD 1945 Setelah Pemilu di Apresiasi

- Jurnalis

Kamis, 10 Agustus 2023 - 23:17 WIB

facebook twitter whatsapp telegram line copy

URL berhasil dicopy

facebook icon twitter icon whatsapp icon telegram icon line icon copy

URL berhasil dicopy

FOTO: Ketua MPR RI, Bambang Soesatyo, SH, MBA

FOTO: Ketua MPR RI, Bambang Soesatyo, SH, MBA

BERITA JAKARTA – Majelis Permusyawaratan Rakyat (MPR) berencana akan melakukan Amandemen Undang-Undang Dasar (UUD) 1945, setelah Pemilu 2024. Pemilihan waktu setelah Pemilu 2024 itu diambil, karena dinilai lebih kondusif.

Hal itu, disampaikan Ketua Majelis Permusyawaratan Rakyat Republik Indonesia (MPR RI), Bambang Soesatyo (Bamsoet) setelah menggelar Rapat Konsultasi Pimpinan MPR RI dengan Presiden Joko Widodo (Jokowi) di Istana Negara, Jakarta, Rabu (9/8/2023).

Ketua MPR Bamsoet yang didampingi Pimpinan MPR RI antara lain, Fadel Muhammad Wakil Ketua MPR Unsur DPD-RI, Wakil Ketua MPR Lintas Fraksi di Senayan, Ahmad Basarah, Ahmad Muzani, Lestari Moerdijat, Jazilul Fawaid, Sjarifuddin Hasan, Yandri Susanto, Hidayat Nur Wahid dan Arsul Sani.

ADVERTISEMENT

SCROLL TO RESUME CONTENT

Pimpinan MPR menjelaskan, Amandemen Konstitusi juga diperlukan selain untuk menghadirkan kembali Pokok-Pokok Haluan Negara (PPHN) dan Utusan Golongan juga untuk menambah ketentuan dalam Pasal 33 ayat (3) agar jangan hanya bumi dan air dan kekayaan alam yang terkandung di dalamnya dikuasai Negara. Melainkan juga memasukan unsur ruang udara yang keseluruhannya dipergunakan untuk sebesar-besarnya kemakmuran rakyat.

Selain terkait Amandemen Konstitusi, persoalan konstitusional kebangsaan lainnya yang perlu dijawab yakni apakah MPR RI masih dapat melahirkan TAP MPR RI yang dapat mengatasi berbagai permasalahan seperti dicontohkan tadi? Dimasa sebelum Amandemen keempat Konstitusi, MPR RI memang telah menetapkan berbagai ketetapan yang bersifat pengaturan untuk melengkapi kevakuman pengaturan di dalam Konstitusi kita.

Persoalannya saat ini, apakah setelah berbagai Amandemen terhadap Konstitusi tersebut, MPR RI masih memiliki kewenangan untuk melahirkan ketetapan-ketetapan? Persoalan ini sangat perlu untuk dipikirkan dan diskusikan bersama demi menjaga keselamatan dan keutuhan kita sebagai bangsa dan negara.

MPR RI juga menilai telah terjadi perubahan yang sangat signifikan dalam 20 tahun terakhir antara lain perubahan dalam dinamika geopolitik, hingga lompatan teknologi yang melahirkan kebutuhan untuk melakukan transformasi pertahanan dan keamanan.

Untuk itu, Indonesia perlu mengantisipasi berbagai kebutuhan transformasi ini dengan menghadirkan kembali Haluan Negara yang kini sedang disiapkan oleh MPR RI dengan nomenklatur Pokok-Pokok Haluan Negara (PPHN). Keberadaan PPHN sebagai road map pembangunan bangsa sangat penting.

Selain terkait dengan pertahanan, keamanan, serta tentang fungsi TNI dan Polri untuk memastikan Indonesia memiliki kerangka kerja konstitusional yang mampu menangkap perubahan terkini, PPHN juga harus dapat memastikan berbagai program pembangunan yang dilakukan Presiden Joko Widodo, tetap dilanjutkan oleh penerusnya.

Dia memberi contoh pembangunan IKN Nusantara, kereta cepat Jakarta hingga Surabaya, dan konektifitas transportasi publik Jabodetabek.

“Bentuk hukum paling ideal terhadap PPHN yakni melalui TAP MPR RI, sehingga tidak bisa di judicial review ke Mahkamah Konstitusi maupun di ‘torpedo’ oleh Perppu,” kata Bamsoet.

Presiden RI Joko Widodo di pastikan akan hadir dan menyampaikan pidato laporan kinerja lembaga-lembaga negara, dalam Sidang Tahunan MPR RI Tahun 2023, di Gedung Nusantara MPR RI pada 16 Agustus 2023.

Selain membahas persiapan Sidang Tahunan MPR RI Tahun 2023, serta Peringatan Hari Konstitusi dan HUT ke-78 MPR RI, dalam rapat konsultasi dengan Presiden Joko Widodo tersebut.

Aktivis Aliansi Masyarakat dan Pemuda Nusantara Merah Putih (AMPUH), Yeffta Bakarbesy mengatakan, sikap pimpinan MPR periode 2019-2024 yang akan membahas Amandemen UUD 1945 setelah Pemilu 2024, karena dinilai lebih kondusif patut mendapatkan apresiasi.

“Sikap para pimpinan MPR memberikan kesejukan menjelang pesta demokrasi  2024 dimana tensi politik mulai memanas. Sikap tersebut sudah semestinya diikuti para Anggota DPD dan DPR RI di Senayan,” katanya.

Pembahasan Amandemen UUD 1945 tidak bisa di lakukan tergesa-gesa terutama sekarang ini karena akan menimbulkan polemik dan kegaduhan di masyarakat .

“Jadi jangan lagi itu ada yang mengatasnamakan Pimpinan Lembaga Tinggi Negara DPD, Anggota DPD maupun Anggota  DPR-RI mendorong-dorong untuk segera mungkin melakukan Amandemen UUD 1945. Offside itu namanya Bung,” pungkas Yeffta. (Indra)

Berita Terkait

Aktivis Lingkungan, KEMAH Indonesia Gelar Milad Ke-8 “Potong Tumpeng dan Santunan”
Kunjungan Jaksa Agung Ibarat Orang Tua Menemui Anaknya
Ribuan Buruh Berbagai Aliansi di Karawang Konvoi Menuju Istana Negara
Uang Nasabah Ludes, LQ Indonesia Law Firm Ungkap Penipuan Skema Ponzi
Tetap Jaga Prokes, Ada 1.626 Kasus Omicron di Indonesia
Menteri BUMN Minta Kejaksaan Usut Dugaan Korupsi Sewa Pesawat
Komnas PA Murka Kasus Kekerasan Seksual 13 Anak di Bangun Purba
Mafia Pailit PT. BEP Modus Operandi Baru Perampokan Aset
Berita ini 11 kali dibaca

Berita Terkait

Rabu, 24 April 2024 - 23:52 WIB

Kuasa Hukum Sebut Saksi Fakta Sudah Berada di Area PN Jakarta Pusat

Rabu, 24 April 2024 - 20:34 WIB

Kejati Sumsel Tahap Duakan Kasus Korupsi Yayasan Batanghari 9 ke Penuntut Umum

Rabu, 24 April 2024 - 00:11 WIB

Kejati DKI Tahan Mantan Dir Investasi dan Pengelolaan Dapen PT. BA

Senin, 22 April 2024 - 22:43 WIB

Penyidik Pidsus Kejati DKI Tahan 4 Tersangka Pengelola Dana Dapen PT. BA

Senin, 22 April 2024 - 12:36 WIB

Buron 7 Tahun Terpidana Perpajakan Berhasil Ditangkap Satgas SIRI Kejagung

Kamis, 18 April 2024 - 23:01 WIB

Disparitas Sidang Korupsi dan Sandal Jepit

Kamis, 18 April 2024 - 15:40 WIB

Agenda Sidang Tak Jelas, Ruang Ali Said PN Jakpus Disesaki Pengunjung

Kamis, 18 April 2024 - 14:17 WIB

Jadwal Sidang Tak Menentu, Pencari Keadilan di PN Jakpus Kecewa

Berita Terbaru

Foto: Koordinator MAKI, Boyamin Saiman

Berita Utama

Jawab Tudingan TPPU, Boyamin Saiman Malah Datangi Gedung KPK

Sabtu, 27 Apr 2024 - 18:49 WIB

Foto: Ketua PPPSRS Garand Center Point Apartemen Bekasi, Ardy Junaidi

Seputar Bekasi

Ini Kata Ketua PPPSRS Terpilih Grand Center Point Apartemen Bekasi

Sabtu, 27 Apr 2024 - 16:27 WIB

Acara Pengukuhan PPPSRS Apartemen Grand Center Poin Bekasi

Seputar Bekasi

Ardy Junaidi Terpilih Jadi Ketua PPPSRS Apartemen Center Point Bekasi

Sabtu, 27 Apr 2024 - 14:47 WIB