Grup Marawis Al-Muawanah Tampil Memukau di Maulid Nabi TPQ Ziyadatul Ilmi

Grup Marawis Al-Muawanah Perum VGH RW024 Kebalen

BERITA BEKASI – Pukulan rabana dari Grup Marawis Al-Muawanah, kaum ibu, Perumahan Villa Gading Harapan (VGH), RW024, Kelurahan Kebalen, Kecamatan Babelan, Kabupaten Bekasi, Jawa Barat, cukup memukau dalam peringatan Maulid Nabi Muhammad SAW 1443 H, Sabtu (24/12/2022) malam.

Penampilan kaum ibu Grup Marawis Al-Muawanah, merupakan bentuk dukungan diacara Maulid Nabi Muhammad SAW 1443 H dan Haflah Akhirussanah 2022,  Saung Akherat “TPQ Ziyadatul Ilmi” binaan ustadz, Agus Jailani, S.Pd.I yang bertempat di RT06/RW024, lingkungan Perumahan VGH.

Ditengah kesibukannya sebagai ibu rumah tangga, kaum ibu Grup Marawis Al-Muawanah begitu terampil dan kompak saat menabuh atau memainkan alat musik yang berasal dari salah satu Negara Timur Tengah, Yaman, dengan membawakan lantunan, Asalamuaika, Antasalam, Qomarun, Ilahana, Nasamatuhawak, Rohman.

Tak heran, kalau warga Perumahan VGH RW024 maupun para tamu undangan yang hadir dalam acara Maulid Nabi Muhammad SAW bertema “Meneladani Akhlak Rusulullah SAW Sebagai Bekal Pribadi yang Unggul di Era Milenial”, begitu antusias menikmati dan menyaksikan penampilan Grup Marawis Al-Muawanah RW024, pimpinan, Ibu Mudrika.

Diketahui, kesenian musik marawis kerap dimainkan di Indonesia dalam sebuah acara tertentu. Marawis ternyata merupakan kesenian musik yang sudah lahir sejak 300 tahun yang lalu sebagai musik tradisional yang dimainkan 5 hingga 10 orang, dengan alat sederhana yang mengandung unsur religi yang kental.

Umumnya, marawis dibawakan untuk mengiringi shalawat atau pujian kepada Allah subhanahu wa ta’ala dan Rasulullah Shalallahu Wa ‘Alaihi Wasallam. Di Indonesia marawis dimainkan untuk memeriahkan acara pernikahan atau khitanan. Alat-alat yang digunakan diantaranya seperti gendang yang terdiri dari beberapa jenis.

Sejarah marawis ini masuk ke Indonesia melalui para ulama dan pedagang Yaman beberapa tahun silam. Berdasarkan Wikipedia marawis adalah jenis “band tepuk” dengan perkusi sebagai alat musik utamanya. Musik ini merupakan kolaborasi antara kesenian Timur Tengah dan Betawi. (Hasrul)

Team Marawis Al-Muawanah RW024 Pimpinan Ibu MUDRIKA

Vokalis:

Darti RT03

Juleha RT03

Hajir:

Nani Susanti RT01

Keprak:

Ati Muhati RT01

Desi Sumiyati RT01

Emi RT01

Pujiyanti RT01

Ismi RT03

Puji RT03

Jamilah RT02

Mudrika RT05

Ika RT07

Rolling:

Mulyana RT02

Simbal:

Tuti RT07

Dumbuk Pinggang:

Septi RT07

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *