Launching SIIMAS Aplikasi Permudah Penyajian dan Pengolahan Data Intelijen

- Jurnalis

Jumat, 20 September 2024 - 21:22 WIB

facebook twitter whatsapp telegram line copy

URL berhasil dicopy

facebook icon twitter icon whatsapp icon telegram icon line icon copy

URL berhasil dicopy

Launching SIIMAS Aplikasi

Launching SIIMAS Aplikasi

BERITA JAKARTA – Kejaksaan Tinggi (Kejati) DKI Jakarta menggelar peluncuran aplikasi SIIMAS (Intelijen Mapping System) yang diinisiasi oleh Koordinator Bidang Intelijen pada Kejati DKI, Mochamad Fitri Adhy yang dilaksanakan pada September 2024 di Aula Kejati DKI Jakarta.

Penyajian data Intelijen di Kejati DKI masih bersifat statis dan tidak real-time. Akibatnya, informasi yang diperoleh sering kali tidak terkini dan menghambat proses pengambilan keputusan yang cepat dan tepat. Oleh karena itu, dibutuhkan bentuk visualisasi data yang lebih baik agar mengoptimalisasi kerja Bidang Intelijen.

Dalam kata sambutnya, Plt. Kajati DKI, Danang Suryo Wibowo menjelaskan, sebagai Lembaga Penegak Hukum, Kejaksaan memiliki tanggung jawab besar dalam menjaga stabilitas dan keamanan.

ADVERTISEMENT

SCROLL TO RESUME CONTENT

“Dengan implementasi ‘SIIMAS’, saya berharap Kejaksaan dapat lebih siap menghadapi tantangan di masa depan,” ucapnya, Jumat (20/9/2024).

Baca Juga :  Mangkrak, Radio Streaming "Sound Of Justice" Kejagung RI Memprihatinkan

“Semoga sistem ini dapat bermanfaat bagi kita semua, dalam rangka meningkatkan keamanan, ketertiban dan memberikan kontribusi nyata bagi masyarakat Daerah Khusus Jakarta, mendukung Penegakan Hukum yang profesional dan humanis,” tambahnya.

Dikatakannya, SIIMAS adalah aplikasi yang dirancang untuk menampilkan data Intelijen dalam bentuk visualisasi peta interaktif.

Sistem ini memetakan berbagai kategori penting, termasuk kejadian atau peristiwa di bidang Ideologi, Politik, Pertahanan dan Keamanan, Sosial, Budaya dan Kemasyarakatan, Ekonomi dan Keuangan, Pengamanan Pembangunan Strategis, serta Teknologi Informasi dan Produksi Intelijen.

SIIMAS hadir sebagai solusi inovatif untuk mengatasi isu-isu tersebut. Dengan kemampuannya memvisualisasikan data Intelijen secara real-time, ‘SIIMAS’ memungkinkan pimpinan diberbagai tingkatan dapat mengakses informasi langsung terkait potensi ancaman di wilayah hukum DKI Jakarta.

Selain memetakan ancaman dalam bidang IPOLEKSOSBUDHANKAM, sistem ini berfungsi sebagai bank data yang mendokumentasikan seluruh kegiatan Intelijen, memudahkan proses monitoring, evaluasi dan pengambilan keputusan.

Baca Juga :  Mafia Tanah Marak di Kotamobagu Tapi Oknumnya Disejahterakan Negara!  

SIIMAS mengubah cara pengolahan dan penyajian data Intelijen, menyediakan informasi yang lebih jelas dan relevan. Sistem ini mempermudah analisis Intelijen dengan cara yang lebih intuitif dan responsif.

Dirancang untuk mendukung pelaksanaan operasi Intelijen dengan cara yang lebih efektif dan efisien dengan tampilan peta yang terintegrasi, sehingga pengguna dapat dengan mudah mencari dan menyajikan data intelijen.

Visualisasi ini membantu dalam mengidentifikasi pola, tren, dan hubungan yang mungkin tidak terlihat pada data statis. Peta interaktif memungkinkan pemantauan yang lebih efektif dan pengambilan keputusan dan kebijakan strategis yang lebih cepat dan tepat.

SIIMAS bukan hanya solusi untuk masalah saat ini, tetapi juga dirancang untuk keberlanjutan jangka panjang. SIIMAS berkomitmen untuk meningkatkan kinerja dan efektivitas Intelijen secara berkelanjutan, mendukung Kejati DKI dalam menghadapi tantangan masa depan. (Sofyan)

Berita Terkait

Kabinet Prabowo Dibawah Bayang-Bayang Jokowi Digelayuti Awan Gelap
2 Tahun Sudah, LP Koperasi Lima Garuda di PMJ Belum Ada Titik Terang
Menteri ATR BPN Perlu Ungkap Kasus Makam Kedondong Kota Bekasi
Mangkrak, Radio Streaming “Sound Of Justice” Kejagung RI Memprihatinkan
Kasus PT. Timah, MAKI: Jampidsus Tutup Mulut Soal RBS
Rene Putra Tantrajaya: Penghasut Pemilih Pilkada Sanksi 6 Tahun Penjara
Mafia Tanah Marak di Kotamobagu Tapi Oknumnya Disejahterakan Negara!  
Begini Cara Adukan ASN Tak Netral Pada Pilkada 2024
Berita ini 16 kali dibaca

Berita Terkait

Kamis, 17 Oktober 2024 - 15:43 WIB

Kabinet Prabowo Dibawah Bayang-Bayang Jokowi Digelayuti Awan Gelap

Kamis, 17 Oktober 2024 - 00:04 WIB

2 Tahun Sudah, LP Koperasi Lima Garuda di PMJ Belum Ada Titik Terang

Rabu, 16 Oktober 2024 - 08:45 WIB

Menteri ATR BPN Perlu Ungkap Kasus Makam Kedondong Kota Bekasi

Senin, 14 Oktober 2024 - 22:48 WIB

Mangkrak, Radio Streaming “Sound Of Justice” Kejagung RI Memprihatinkan

Senin, 14 Oktober 2024 - 16:07 WIB

Kasus PT. Timah, MAKI: Jampidsus Tutup Mulut Soal RBS

Berita Terbaru

Kejaksaan Negeri (Kejari) Pulau Taliabu

Berita Daerah

STIH dan Kejari Pulau Taliabu Mou Magang Mahasiswa

Jumat, 18 Okt 2024 - 16:58 WIB

Foto: Kantor DBMSDA Kota Bekasi

Seputar Bekasi

JNW: Tudingan Uang Pelicin di DBMSDA Kota Bekasi Bukan Cerita Baru

Jumat, 18 Okt 2024 - 15:46 WIB