Kejagung Bungkam Tersangka Korupsi Mantan Dirjen IKPT Hilang Dipersidangan  

- Jurnalis

Rabu, 21 Juni 2023 - 11:30 WIB

facebook twitter whatsapp telegram line copy

URL berhasil dicopy

facebook icon twitter icon whatsapp icon telegram icon line icon copy

URL berhasil dicopy

Foto: Tersangka Ir. Muhammad Khayam

Foto: Tersangka Ir. Muhammad Khayam

BERITA JAKARTA – Kejaksaan Agung (Kejagung) belum menanggapi tidak dihadirkannya tersangka mantan Dirjen Industi Kimia Farmasi dan Tekstil (IKFT), Ir. Muhammad Khayam (MK) bersama 5 tersangka lainnya yang duduk sebagai terdakwa di Pengadilan Tindak Pidana Korupsi (Tipikor) Jakarta.

Diketahui, tersangka Muhamamd Kayam, tidak dihadirkan kepersidangan oleh Jaksa Penuntut Umum (JPU) sejak awal persidangan dugaan korupsi imfor garam industri bergulir. Senin 19 Juni 2023 adalah sidang ke-5, namun tersangka, Muhammad Khayam juga tak kunjung dihadirkan.

Sebelumnya, Dirjen IKFT, Ir. Muhammad Khayam ditetapkan sebagai tersangka bersama dua orang pejabat tinggi aktif di Kementerian Perindustrian (Kemenprin) lainnya yakni, Fridy Juwono (FJ) dan dan Yosi Alfianto (YA) pada Rabu 2 November 2022 lalu.

ADVERTISEMENT

SCROLL TO RESUME CONTENT

Dalam penetapan ketiga tersangka pejabat tinggi aktif di Kemenprin tersebut, satu diantaranya berasal dari pihak swasta yakni, Frederik Tony Tanduk (FTT) selaku Ketua Asosiasi Industri Pengelola Garam di Indonesia (KAIPGI) yang bertindak sebagai penentuan kuota imfor garam.

Kala itu, Direktur Penyidikan Jampidsus Kejagung, Kuntadi mengatakan, ketiga tersangka MK, FJ dan YA akan dilakukan penahanan di Rutan Kejagung. Sementara, satu tersangka lagi, FTT akan dilakukan penahanan di Rutan Salemba Cabang Kejari Jakarta Selatan.

Selanjutnya, dari proses pengembangan, penyidik Kejagung kembali menetapkan dua tersangka baru yakni, Yoni (YN) selaku Direktur Utama PT. Sumatraco Langgeng Makmur (SLM) yang diamankan penyidik disalah satu Rumah Sakit (RS) di wilayah Jakarta Barat pada Kamis 24 November 2022.

Baca Juga :  Kasus Tambang, KSST Gelar Dialog “Korupsi Sambil Berantas Korupsi”

Sementara, tersangka terakhir, Sanny Wikodhiono (SW) alias Sanny Tan selaku Manager Pemasaran PT. Sumatraco Langgeng Makmur (LSM) juga menjabat sebagai Direktur Sumatraco Langgeng Abadi (SLA). Keduanya ditahan di Rutan Salemba Cabang Kejagung.

Menurut Kuntadi, Direktur Penyidikan Jampidsus Kejagung mengatakan, ke-empat tersangka itu, melakukan pemalsuan data kebutuhan impor garam industri dari kebutuhan normal sekitar 2,3 juta ton. Namun dalam penetapan kuota impor yang diputuskan sebanyak 3,7 juta ton.

Terpisah, Kepala Pusat Penerangan Hukum Kejaksaan Agung (Kapuspenkum) Kejagung, Ketut Sumedana mengatakan nilai garam yang dimasukkan ke Indonesia kurang lebih 3.770.346 ton yang nilainya kurang lebih Rp2 triliun juga menyebabkan petani garam di Indonesia tidak mampu bersaing secara harga.

Total Dari 6 Tersangka Hanya 5 Tersangka Diseret ke Pengadilan

Dari total 6 tersangka yang sudah ditetapkan penyidik Kejagung dalam kasus korupsi imfor garam industri hanya 5 orang tersangka yang diseret duduk menjadi terdakwa di Pengadilan Tipikor Jakarta yakni, Fredy Juwono, Frederik Tony Tanduk, Yosi Arfianto, Yoni dan Sanny Wikodhiono alias Sanny Tan.

Sementara, tersangka mantan Dirjen IKFT, Muhammad Khayam (MK) tidak tampak dihadirkan Jaksa Penuntut Umum diruang persidangan Tipikor yang sempat dipertanyakan Kuasa Hukum terdakwa Fridy Juwono yakni, Nuni Rakhmawati dipersidangan pada Senin 19 Juni 2023.

Baca Juga :  Warga Perumahan Grand Tarumaja Gugat Developer, BUMN Hingga Presiden

Atas keberatan Nuni Rakhmawati selaku Kuasa Hukum Fridy Juwono, Majelis Hakim yang dipimpin Eko Ariyanto menjawab, tidak mempunyai kewenangan untuk meminta Jaksa Penuntut Umum menghadirkan tersangka Ir. Muhammad Khayam ke persidangan.

“Dalam putusan sela sudah kami sampaikan bahwa kami tidak mempunyai kewenangan untuk hal itu. Semua kembali kepada Jaksa Penuntut Umum,” kata Eko Ariyanto menjawab keberatan Nuni Rakhmawati selaku Kuasa Hukum terdakwa Fridy Juwono.

Pasalnya, sebelum persidangan dimulai, Kuasa Hukum Fredy Juwono, Nuni Rakhmawati meminta agar Majelis Hakim Tipikor Jakarta memerintahkan Jaksa Penuntut Umum untuk menghadirkan Ir. Muhammad Khayam yang sudah sama-sama menjadi tersangka ke Pengadilan.

“Izin yang mulia, mohon melalui Majelis Hakim agar mengingatkan Jaksa Penuntut Umum menghadirkan tersangka Ir. Muhammad Khayam sebagai terdakwa agar peradilan berjalan fair, transparan, berimbang, tidak diskriminatif dan memenuhi rasa keadilan,” pinta Nuni.

Namun sayangnya, hingga berita ini diturunkan, Kepala Pusat Penerangan Hukum (Kapuspenkum) Kejaksaan Agung (Kejagung) belum merespons permintaan konfirmasi, terkait tidak diseretnya mantan Dirjen IKFT, Ir. Muhammad Khayam ke Pengadilan guna mempertanggungjawabkan perbutannya. (Sofyan)

Berita Terkait

TEAM GARUDA-08 Bekasi Raya Kecam Rocky Gerung Hina Prabowo
Alvin Lim: Penangkapan Buruh Perkebunan Sawit PT. SKB Sumsel Kriminalisasi!
Warga Perumahan Grand Tarumaja Gugat Developer, BUMN Hingga Presiden
Asset Sitaan KSP Indosurya Raib, Dirtipideksus Disomasi Para Korban
Kasus Tambang, KSST Gelar Dialog “Korupsi Sambil Berantas Korupsi”
Tanggapi Pernyataan Ahok Soal Pajak, Alvin Lim: Jago Kritik Tanpa Solusi
Tak Kenal Lelah, Karyawan Polo Ralph Lauren Terus Cari Keadilan ke MA
KEMAH Indonesia Tebar Spanduk Dukung Pengaturan Perdagangan Karbon
Berita ini 6 kali dibaca

Berita Terkait

Jumat, 17 Mei 2024 - 17:13 WIB

Pasca Pemberitaan Proyek Conblock SDN 02 Kebalen Dadakan Pasang Plang

Jumat, 17 Mei 2024 - 16:04 WIB

Pengurus PWI Bekasi Raya Bakal Dilantik 26 Juni 2024

Jumat, 17 Mei 2024 - 15:55 WIB

DBMSDA Kota Bekasi Kembali Anggarkan Rp1,8 Miliar Proyek Sumur Resapan

Kamis, 16 Mei 2024 - 12:07 WIB

Soal Sudah Adanya SK Pj Bupati Bekasi, FKMPB: Putusan Belum Final

Kamis, 16 Mei 2024 - 11:29 WIB

FKMPB Yakin Sekda Dedy Supriadi Jabat Posisi Pj Bupati Bekasi

Kamis, 16 Mei 2024 - 00:47 WIB

KSM LSM GMBI Babelan: Ada Proyek “Conblock Siluman” di SDN 02 Kebalen

Selasa, 14 Mei 2024 - 17:28 WIB

Ketua PWI Bekasi Minta Penyidik Polres Dalami Kasus Pengacaman Wartawan

Selasa, 14 Mei 2024 - 15:26 WIB

Ratusan PHL Kali Asem Kembali Datangi Pemkot Bekasi

Berita Terbaru

Foto: Agus Budiono (Dewan Pembina TEAM GARUDA-08, Bekasi Raya

Berita Utama

TEAM GARUDA-08 Bekasi Raya Kecam Rocky Gerung Hina Prabowo

Jumat, 17 Mei 2024 - 19:40 WIB

SDN 02 Kebalen

Seputar Bekasi

Pasca Pemberitaan Proyek Conblock SDN 02 Kebalen Dadakan Pasang Plang

Jumat, 17 Mei 2024 - 17:13 WIB

Foto: PWI Bekasi Raya

Seputar Bekasi

Pengurus PWI Bekasi Raya Bakal Dilantik 26 Juni 2024

Jumat, 17 Mei 2024 - 16:04 WIB

Foto: Sumur Resapan

Seputar Bekasi

DBMSDA Kota Bekasi Kembali Anggarkan Rp1,8 Miliar Proyek Sumur Resapan

Jumat, 17 Mei 2024 - 15:55 WIB