AKHERA: Menko Airlangga Sosok Paling Pantas Lanjutkan Kepemimpinan Jokowi

Foto: Sekjen AKHERA, Anto Yulianto & Menko Airlangga Hartato

BERITA JAKARTA – Aliansi Kehendak Rakyat (AKHERA) menilai, Menteri Perekonomian (Menko), Airlangga Hartarto, telah berhasil menjaga pertumbuhan ekonomi Indonesia disaat Pandemi Covid-19 yang memberikan dampak pada perekonomian Indonesia.

Hal itu, dikatakan Sekjen Aliansi Kehendak Rakyat (AKHERA), Anto Yulianto bahwa Airlangga mampu mengoordinir upaya kolaboratif untuk mengakselerasi pemulihan ekonomi selama pandemi Covid-19.

“BPS mencatat ekonomi Indonesia pada 2020 minus 2,07 persen. Dengan berbagai program yang digagas Airlangga, ekonomi kembali tumbuh 3,69 persen pada 2021,” terang Anto kepada Matafakta.com, Jumat (6/1/2023).

Bahkan, kata Anto, disaat negara-negara lain mengalami resesi akibat kondisi ekonomi global akibat perang Rusia-Ukraina, Airlangga berhasil menjaga ekonomi Indonesia tetap tumbuh stabil tanpa mengalami dampak.

“Di komandoi Airlangga Hartarto perekonomian Indonesia masih mampu tumbuh impresif pada triwulan II 2022 sebesar 5,44 persen. Padahal, saat ini, Indonesia masih dibayangi risiko ketidakpastian global,” ungkapnya.

Bahkan, capaian Indonesia ini lebih baik dibandingkan dengan negara-negara lain yang mulai mengalami perlambatan ekonomi pada periode yang sama, seperti Amerika Serikat, Jerman, Perancis, Spanyol, Korea Selatan dan Cina.

“Neraca Pembayaran Indonesia atau NPI pada Triwulan II 2022 juga mencatatkan surplus 2,4 miliar dolar AS setelah mengalami defisit 1,8 miliar dolar AS pada triwulan sebelumnya,” jelas Anto.

Peningkatan kinerja NPI tersebut didukung surplus transaksi berjalan yang meningkat dan perbaikan defisit transaksi modal dan finansial. Pada akhir Juli 2022, posisi cadangan devisa Indonesia tetap tinggi sebesar 132,2 miliar dolar AS.

Selain itu, Aliansi Kehendak Rakyat (AKHERA) menilai bahwa Airlangga Hartato juga menjadi penggerak keberhasilan program Kartu Prakerja yang memberikan manfaaf signifikan bagi mayarakat penerimanya.

“AKHERA menghendaki estafet kepemimpinan Presiden Jokowi dilanjutkan oleh Menko Perekonomian Airlangga Hartarto,” ulasnya.

AKHERA menganggap dari sekian banyak bawahan pembantu Presiden Jokowi yang mampu mengimplementasikan kerja kerja nyata untuk rakyat hanya ada pada sosok Airlangga Hartarto.

“Sebagai Menko Perekonomian sekaligus Ketua Umum Partai Golkar, sudah sangatlah pantas bila Airlangga Hartarto di dukung untuk menjadi Presiden RI ke-8,” pungkasnya. (Sofyan)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *