Massa Koalisi ARB dan LSM Trinusa Desak DPRD Sikapi Plt Walikota Bekasi  

- Jurnalis

Kamis, 22 Desember 2022 - 19:00 WIB

facebook twitter whatsapp telegram line copy

URL berhasil dicopy

facebook icon twitter icon whatsapp icon telegram icon line icon copy

URL berhasil dicopy

Koalisi ARB & LSM Trinusa Kota Bekasi

Koalisi ARB & LSM Trinusa Kota Bekasi

BERITA BEKASI – Koalisi aksi Aliansi Rakyat Bersatu (ARB) dengan massa LSM Triga Nusantara Indonesia (Trinusa) menyambangi Gedung Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kota Bekasi untuk menyampaikan sikap terkait kewenangan Plt Walikota Bekasi yang dinilai, telah mengangkangi aturan dan perundang-undangan yang sudah ada, Kamis (22/12/2022).

Massa aksi yang tiba di Gedung DPRD Kota Bekasi di Jalan Chairil Anwar No. 112, Margahayu, Kecamatan, Bekasi Timur, diterima langsung perwakilan Anggota Dewan dari Fraksi Partai Golkar Kota Bekasi, Faisal, SE yang menerima empat tuntutan sikap massa koalisi ARB dan LSM Trinusa terhadap Plt Walikota Bekasi.

Kepada Matafakta.com, Ketua Aliansi Rakyat Bersatu (ARB) Kota Bekasi, Machfudin Latif mengatakan, tiga tuntutan sikap massa koalisi ARB dan LSM Trinusa telah disampaikan ke DPRD Kota Bekasi selaku Lembaga Monitoring Kebijakan Eksekutif dan Lembaga Pembuat Regulasi Hukum untuk segera:

ADVERTISEMENT

SCROLL TO RESUME CONTENT

  1. Membuat Hak Interpelasi atas kebijakan strategis Plt Walikota Bekasi yang diduga syarat akan penyelewengan dan penyalahgunaan wewenang jabatan serta melawan hukum yang berefek kepada daerah.
  2. Membuat Tim Khusus guna mengusut tuntas dugaan tindakkan kejahatan penyelahgunaan wewenang jabatan dan melawan hukum yang mengangkangi KEMENDAGRI dan DPRD Kota Bekasi.
  3. Membuat rekomendasi tertulis tentang pemberian sanksi administrasi berat berupa pencopotan jabatan Plt Walikota Bekasi dan pencabutan seluruh kebijakan strategis yang dilakukan Plt Walikota Bekasi yang ditujukan kepada MENDAGRI.
  4. Merealisasikan ketiga tuntutan Koalisi Rakyat Usut Pejabat (Korupsi) diatas tanpa terkecuali.
Baca Juga :  Alvin Lim Laporkan Brigjen Wisnu Hermawan Atas Dugaan Kaburnya Bos Investasi

“Tiga poin penting tuntutan itu, sudah kita sampaikan ke DPRD Kota Bekasi yang diterima langsung perwakilan Dewan Faisal dari Fraksi Golkar Kota Bekasi. Kita minta DPRD Kota Bekasi selaku perwakilan rakyat dan Monitoring Kebijakan Eksekutif dan Pembuat Regulasi untuk segera bersikap,” tegasnya.

Gerakan aksi, lanjut Latif, tidak hanya sampai di Gedung DPRD Kota Bekasi selaku perwakilan rakyat daerah, tapi akan berlangsung ke Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) sampai tuntutan massa koalisi ARB dan LSM Trinusa ditanggapi dan mendapatkan jawaban dari ketiga tuntutan tersebut.

“Aksi massa koalisi ini, tidak hanya sebatas di DPRD Kota Bekasi, tapi minggu depan massa koalisi akan bergerak ke Mendagri sampai tuntutan kami diterima. Mungkin untuk ke Mendagri jumlah massa akan bertambah lagi. Semoga apa yang menjadi tuntutan kami diterima,” tandas Latif.

LSM Triga Nusantara Indonesia (Trinusa)    

Sementara itu, Ketua DPC LSM Trinusa Kota Bekasi, Maksum Alfarizi atau biasa disapa Mandor Baya mengatakan, LSM Trinusa akan selalu hadir dan mendukung gerakan-gerakan yang bersifat positif dan membangun demi tercapainya tata pemerintahan yang baik dan bersih (good governance and clean government).

“Kita LSM Trinusa akan selalu hadir dan mendukung gerakan-gerakan yang menginginkan pemerintahan yang bersih demi kemajuan Kota Bekasi, bukan menjadi ajang gesekan lawan politik atau kepentingan kelompok, tapi demi kepentingan warga Kota Bekasi yang lebih maju,” tandasnya.

Baca Juga :  Nitizen Soroti Rumah Presiden PKS Saat Dikunjungi Anies Baswedan

Hal senada juga disampaikan Sekretaris DPC LSM Trinusa Kabupaten Bekasi, Ipul yang turut hadir dalam massa koalisi menyatakan, LSM Trinusa akan selalu hadir dan mendukung gerakan yang bersifat positif demi pembangunan daerah baik Kota maupun Kabupaten Bekasi, Jawa Barat.

“Peran sosial LSM maupun Ormas dan Lembaga lainnya ikut pengawasi selaku social control dalam pembangunan dan kebijakan Pemerintah Daerah. Jika terjadi dugaan penyimpangan kewenangan seorang pemimpin yang membawa efek yang tidak baik, maka kami LSM Trinusa akan turun,” pungkasnya.

Usai aksi didepan Gedung DPRD Kota Bekasi, massa koalisi ARB dan LSM Trinusa membubarkan diri menuju lapangan Multiguna Kota Bekasi untuk menggelar rapat internal menyatukan visi misi kelanjutan aksi minggu depan menuju Gedung KEMENDAGRI Jakarta untuk kembali menyampaikan tuntutan.

Pantauan dilokasi di Lapangan Multiguna Kota Bekasi hadir Ketua Umum (Ketum) LSM Trinusa, H. Rahmat Gunasin (H. BOKSU), Sekretaris Jenderal (Sekjend) LSM Trinusa, Samsudin, didampingi, Ketua DPC LSM Trinusa, Kota Bekasi, Maksum Alfarizi (Mandor Baya, Sekretaris DPC LSM Trinusa, Kabupaten Bekasi, Ipul dan Ketua ARB Kota Bekasi, Machfudin Latif serta Anggota ARB lainnya. (Edo)

Berita Terkait

Diduga, Oknum Jaksa Kejari Jakpus Langgar Kode Prilaku Jaksa
Tuntut Ganti Majelis Hakim, Ratusan Karyawan PT. PRLI Unjuk Rasa di MA
Aksi di Mabes Polri, LQ Indonesia Law Firm Tuntut Copot Dir-Tipideksus
Menangkan Buronan, Karyawan PT. PRLI Minta 3 Hakim MA Diusut
Terancam PHK Massal, Karyawan PT. Polo Ralph Lauren Indonesia Tolak Putusan MA
Alvin Lim Laporkan Brigjen Wisnu Hermawan Atas Dugaan Kaburnya Bos Investasi
Nitizen Soroti Rumah Presiden PKS Saat Dikunjungi Anies Baswedan
Tak Profesional, Alvin Lim Laporkan Penyidik Dirtipideksus Mabes Polri
Berita ini 4 kali dibaca

Berita Terkait

Rabu, 24 April 2024 - 22:19 WIB

Tuntut Ganti Majelis Hakim, Ratusan Karyawan PT. PRLI Unjuk Rasa di MA

Rabu, 24 April 2024 - 13:42 WIB

Aksi di Mabes Polri, LQ Indonesia Law Firm Tuntut Copot Dir-Tipideksus

Selasa, 23 April 2024 - 19:07 WIB

Menangkan Buronan, Karyawan PT. PRLI Minta 3 Hakim MA Diusut

Senin, 22 April 2024 - 21:50 WIB

Terancam PHK Massal, Karyawan PT. Polo Ralph Lauren Indonesia Tolak Putusan MA

Minggu, 21 April 2024 - 15:26 WIB

Alvin Lim Laporkan Brigjen Wisnu Hermawan Atas Dugaan Kaburnya Bos Investasi

Minggu, 21 April 2024 - 12:04 WIB

Nitizen Soroti Rumah Presiden PKS Saat Dikunjungi Anies Baswedan

Jumat, 19 April 2024 - 19:29 WIB

Tak Profesional, Alvin Lim Laporkan Penyidik Dirtipideksus Mabes Polri

Jumat, 19 April 2024 - 13:34 WIB

LQ Indonesia Law Firm Bakal Gelar Aksi Dengan Korban Net-89 dan Indosurya

Berita Terbaru

Foto: H. Abdul Rosyad Irwan Siswadi, SE

Seputar Bekasi

Yan Rasyad Diharapkan Maju di Pemilihan Walikota Bekasi

Jumat, 26 Apr 2024 - 19:16 WIB