Pemkab Dorong Berdirinya KIM di Seluruh Desa dan Kelurahan

Sosialisasi Surat Edaran (SE) Bupati Ponorogo

BERITA PONOROGO – Upaya menghidupkan Komunitas Informasi Masyarakat (KIM) di Bumi Reyog terus digelorakan Dinas Komunikasi, Informatika dan Statistik (Kominfo), Kamis (10/11/2022).

Upaya tersebut dilakukan melalui Sosialisasi Surat Edaran (SE) Bupati Ponorogo, tentang pembentukan Kelompok Informasi Masyarakat (KIM) di Desa maupun Kelurahan dalam lingkungan Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Ponorogo, Jawa Timur.

Kegiatan dilaksanakan di Hotel Gajah Mada Ponorogo yang diikuti oleh Camat se-Kabupaten Ponorogo, Pengurus KIM serta calon KIM. Kegiatan dibuka Sekretaris Dinas Komunikasi, Informatika dan Statistik Ponorogo, Suharno.

Pada kesempatan itu, Suharno menyampaikan pentingnya pembentukan KIM di seluruh Desa maupun Kelurahan yang ada di Kabupaten Ponorogo, Jawa Timur.

“Dengan adanya UU 14 Tahun 2008, tentang Keterbukaan Informasi Publik (KIP) semakin mendorong pentingnya kehadiran KIM sebagai media pelayan informasi ditataran paling bawah,” ujar Suharno mewakili Kepala Kominfo Ponorogo, Bambang Suhendro.

Masih menurut dia, tugas KIM lainya adalah menghubungkan satu kelompok masyarakat dengan kelompok lain. “Serta memberdayakan kelompok dalam mengumpulkan, mengelola dan menyebarkan informasi,” paparnya.

Sedangkan fungsi KIM menurut dia, yaitu sebagai wahana informasi antar anggota KIM secara horisontal dari KIM ke Pemerintah secara bottom up serta dari pemerintah kepada masyarakat secara top down.

“Sebagai mitra dialog dengan Pemerintah, Pemerintah Daerah Provinsi dan Pemerintah Daerah Kabupaten dan Kota dalam merumuskan kebijakan publik,” jelasnya.

Selain itu, KIM juga berfungsi sebagai sarana peningkatan literasi di bidang informasi, media massa, dan teknologi komunikasi, serta sebagai media watch. “Dan sebagai lembaga yang memiliki nilai ekonomi,” imbuhnya.

Acara juga menghadirkan pembicara Agus Widya Santoso dari PT. Elji Sinergi Persada. Dari kegiatan Sosialisasi SE Bupati Ponorogo Nomor: 140/3241/405.19/2022 diharapkan masing-masing Desa maupun Kelurahan se-Kabupaten Ponorogo berdiri KIM. (Muh Nurcholis)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *