Mahasiswa UNSIKA Karawang Gelar KKN di Desa Kutaampel Batujaya

Mahasiswa UNSIKA Karawang Gelar KKN

BERITA KARAWANG – Mahasiswa Universitas Singaperbangsa Karawang (UNSIKA) 2022 melaksanakan kegiatan Kuliah Kerja Nyata (KKN) di Desa Kutaampel, Kecamatan Batujaya, Kabupaten Karawang, Jawa Barat.

KKN Tematik-Integratif ini dipandu Dosen Pembimbing Lapangan (DPL) Dr. Ida R. Hasan yang merupakan dosen Fakultas Hukum di UNSIKA dan diketuai Bintang Mahesa Putra dimana, tim KKN tersebut telah melaksanakan program kerja utama mereka dengan judul “Sosialisasi Perlindungan Hukum dan Pemenuhan Hak Bekerja Disabilitas di Kabupaten Karawang”.

Sosialisasi tersebut dilaksanakan di Aula Kantor Desa Kutaampel pada 31 Agustus 2022, dengan menghadirkan dua narasumber yaitu, Dr. Puryanto selaku Kasi Hubungan Industrial, Kesejahteraan Pekerja dan Jamsos Disnaker Kabupaten Karawang dan Holyone Singadimedja selaku dosen Fakultas Hukum Universitas Singaperbangsa Karawang.

Sosialisasi tersebut dihadiri lebih dari 50 orang tamu undangan yang terdiri dari Perangkat Desa, Linmas, Anggota Karang Taruna, masyarakat Desa Kutaampel dan juga mahasiswa dari tim KKN UNSIKA lainnya yang juga melaksanakan KKN di Desa Kutaampel.

Bintang selaku Ketua dari Kelompok KKN UNSIKA 2022 mengatakan, bahwa tujuan dari program kerja utama tersebut adalah untuk meningkatkan pemahaman masyarakat terhadap adanya perlindungan hukum dan pemenuhan hak bekerja bagi para penyandang disabilitas.

“Tujuan dari kegiatan sosialisasi ini yang pasti untuk meningkatkan kesadaran masyarakat terhadap adanya perlindungan hukum dan pemenuhan hak bekerja bagi para penyandang disabilitas. Intinya agar masyarakat paham bahwa yang berbeda pun harus mendapatkan hak yang sama tanpa adanya diskriminasi,” ujarnya.

Bintang juga menjelaskan bahwa kegiatan sosialisasi tersebut dilakukan setelah melewati berbagai tahapan, tahapan tersebut adalah pengumpulan data disabilitas dari dusun-dusun yang ada di Desa Kutaampel seperti Dusun Gamprit, Dusun Lolohan I, Dusun Lolohan II, Dusun Pisang Sambo dan Dusun Tangkil.

“Sejak awal berada di Desa Kutaampel, kami sudah melakukan pendataan terkait data-data disabilitas dan kami mendapatkan beberapa data dari beberapa dusun yang ada di Desa Kutaampel,” terangnya.

Acara tersebut juga dihadiri Kepala Desa Kutaampel, Rosadi Gunawan yang juga memberikan sambutan saat acara berlangsung dan menyampaikan rasa terima kasih kepada mahasiswa, karena telah membantu program-program Desa selama bulan Agustus.

Acara sosialisasi tersebut berhasil dilaksanakan dengan pemaparan materi dari narasumber yang ada dan diakhir acara tamu undangan menyampaikan kesan dan pesan terkait sosialisasi yang telah dilaksanakan.

“Acara sosialisasinya sangat bermanfaat, kita menjadi tahu apa saja dan bagaimana perlindungan hukum, serta hak-hak bekerja bagi para disabilitas,” ujar salah satu mahasiswa.

Sementara, Adang selaku Ketua RT014/RW004 Dusun Lolohan II juga menyampaikan kesan dan pesannya. “Saya sangat berterima kasih kepada mahasiswa UNSIKA yang telah melaksanakan program KKN di Desa Kutaampel dan untuk acara hari ini yang sangat bermanfaat,” ungkapnya.

Terakhir, tim KKN UNSIKA 2022 di Desa Kutaampel menyampaikan harapannya terhadap acara sosialisasi yang telah mereka laksanakan pada Rabu 31 Agustus 2022, mereka berharap acara tersebut dapat bermanfaat dan memberikan pengetahuan bagi masyarakat Desa Kutaampel.

“Segala informasi yang telah disampaikan di dalam sosialisasi tersebut dapat selalu diterapkan terutama oleh perangkat Desa agar tidak terjadi ketimpangan antara warga penyandang disabilitas dan warga lainnya,” pungkas Bintang. (Mul)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *