Suasana Haru Warnai HUT RI Ke-77 di Kecamatan Cabang Bungin Bekasi

Foto: Camat Cabang Bungin: Asep Buchori

BERITA BEKASI – Ada yang berbeda pada peringatan HUT RI ke-77 Tahun yang dilaksanakan pihak Kecamatan Cabang Bungin, Kabupaten Bekasi. Pasalnya, panitia pelaksana kegiatan upacara sengaja menghadirkan Tokoh yang cukup berjasa terhadap wilayah tersebut.

Sosok yang dimaksud yaitu istri mendiang Uung Sobarna Camat Cabang Bungin pertama yang menjabat pada tahun 1967 hingga 1969 dibawah kepemimpinan Bupati Bekasi, Subandi.

Sehingga, gelaran upacara Peringatan Hari Kemerdekaan Republik Indonesia dilapangan Kampung Tapak Serang, Desa Lenggah Jaya, Kecamatan Cabang Bungin pada 17 Agustus 2022 itu makin khidmat dan penuh haru.

Kepada Matafakta.com, Camat Cabang Bungin, Asep Buchori mengaku, dirinyalah yang berinisiatif menghadirkan salah satu Tokoh yang cukup berjasa terhadap perkembangan dan kemajuan diwilayah kerja yang sekarang ia pimpinan.

“Beliau sengaja kami hadirkan pada Peringatan HUT RI tahun ini, sebagai bentuk penghargaan dan kami mencoba meneladani sikap dan sifat mendiang ketika menjadi Camat pertama di Cabang Bungin,” ungkap Asep, Rabu (17/8/2022).

Awalnya, lanjut Asep, ia meminta kepada staf untuk menggali sejarah tentang Cabang Bungin yang akhirnya menemukan informasi tentang sejarah kepemimpinan beliau melalui media sosial. Selanjutnya, tindaklanjuti dengan mengundang keluarga beliau untuk bisa hadir pada upacara Peringatan HUT RI ke-77.

Tampak terlihat susana haru terasa begitu dalamnya ketika istri mendiang Uung Sobarna yaitu Hj. Mariam yang didampingi dua orang anaknya menceritakan perjuangan seorang Uung Sobarna, menjadikan daerah tersebut menjadi daerah pertanian yang produktif, ditengah segala keterbatasan pada saat itu.

“Dulu Kantor Kecamatan lokasinya berdekatan dengan sungai Citarum yang menjadi sarana transportasi penting pada saat itu,” tutur perempuan berusia 93 tahun dengan logat Sunda yang kental.

“Jalan Raya tidak seperti sekarang, orang dulu bilangnya gili-gili atau berupa tanah tanggul dan penerangan pun terbatas, masih berupa lampu tempel dan lampu petromak, tetapi sekarang alhamdulillah kemajuan Cabang Bungin semakin pesat,” tambahnya mengakhiri dengan mata yang berkaca-kaca.

Usai pelaksanaan upacara Peringatan Hari Kemerdekaan Republik Indonesia ke-77 tahun yang diikuti TNI-POLRI dan perwakilan aparatur dan warga dari 8 Desa, kemudian pihak Pemerintah Kecamatan Cabang Bungin memberikan penghargaan kepada keluarga mendiang Uung Sobarna.

Penghargaan yang diberikan kepada keluarga mendiang Uung Sobarna tersebut atas jasa-jasanya selama memimpin wialayah yang layak menjadi inspirasi bagi para penerus perjuangannya. (Hasrul)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *