GWI Desak Polres Tap Teng Segera Ungkap Kasus Pembacokan Wartawan

  • Bagikan
Ketua Investigasi GWI: Agus Budiono

BERITA BEKASI – Ketua Investigasi Gabungnya Wartawan Indonesia (GWI), Agus Budiono mengecam keras aksi kekerasan yang sering terjadi diwilayah hukum Polres Tapanuli Tengah (Tap Teng), khususnya terhadap Jurnalis yang tengah melaksanakan pungsinya sebagai sosial control masyarakat.

“Kami minta Polres Tapteng segera menangkap pelaku apalagi terindikasi penganiayaan ini kaitan dengan pemberitaan yang dibuat korban,” tegas Agus Budiono kepada Matafakta.com, Sabtu (21/5/2022).

Dikatakan Agus, hak masyarakat juga diatur apabila ada kekeliruan dengan menggunakan hak jawab sesuai Undang-Undang Pers No. 40 Tahun 1999, bukan dengan melakukan aksi kekerasan seperti yang menimpa Charles Pardede.

“Aksi kekerasan terhadap wartawan kerap terjadi dan berulang di Sumatera Utara, mulai dari kasus pembunuhan, penemabakan, pembakaran rumah hingga penganiayaan berat. Ini sudah menjadi perhatian serius,” kata Agus.

Aksi kekerasan, lanjut Agus yang kerap terjadi dan berulang di Sumatera Utara, telah menciderai kemerdekaan pers. GWI mendesak Polres Tapanuli Tengah segera mengusut dan menangkap pelaku pembacokan terhadap Charles Pardede.

“Ini bentuk empati kami GWI dalam membangun solidaritas sesama profesi. Kami yakin kejadian yang menimpa Charles Pardede ada actor intelektual atau otak pelaku dibelakangnya,” ujar Agus.

Agus menghimbau semua pihak untuk tetap menghargai tugas-tugas wartawan, begitu juga terhadap wartawan dalam menjalankan tugas jurnalistik tetap mematuhi rambu-rambu yang diatur dalam Kode Etik Jurnalistik (KEJ) dan pedoman-pedoman pers lainnya.

“Kami berharap ini menjadi perhatian Polri maupun Polda – Polda di daerah khususnya Sumatera Utara mengingat media juga merupakan mitra kerja Polri,” pungkas Agus. (Edo)

Baca Juga  Dalam Pilpres, Relawan Bekerjasama Dengan Parpol Bukan Dengan Presiden
  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *