Plt Bupati Bekasi Hadiri Rakerda Dekopindo Kabupaten Bekasi Tahun 2022

Rakerda Dekopinda Kabupaten Bekasi Tahun 2022

BERITA BEKASI – Pelaksana Tugas (Plt) Bupati Bekasi, Akhmad Marjuki, menghadiri sekaligus membuka acara Rapat Kerja Daerah (Rakerda) Dewan Koperasi Indonesia Daerah (Dekopinda) Kabupaten Bekasi Tahun 2022 di Hotel Sakura Deltamas Sukamahi, Kecamatan Cikarang Pusat, Jawa Barat.

Acara Rakerda Dekopinda Kabupaten Bekasi dihadiri Kepala Dinas Koperasi dan Usaha Kecil Menengah (UKM) Kabupaten Bekasi, Iyan Priyatna, Ketua DPRD Kabupaten Bekasi, BN. Holik Qodratullah, Wakil Ketua Dekopinwil Jawa Barat, Usep Sumarno dan para anggota Koperasi di Kabupaten Bekasi.

Plt Bupati Bekasi, Akhmad Marjuki, menyampaikan, Dekopinda harus bisa menggerakkan seluruh Koperasi di Kabupaten Bekasi agar lebih maju dan terus berkembang.

Menurut Marjuki, tolak ukur dari perkembangan perekonomian daerah adalah bagaimana para penggiat Koperasi berjalan dengan baik dan itu perlu sinergitas antara pelaku di lapangan dengan Pemerintah Daerah.

“Jadi bukan hanya dalam hal pembinaan saja, harus ada komunikasi terkait modal, makanya tadi saya berpesan kepada Kepala Dinas Koperasi dan UKM, agar di tahun 2023 harus ada permodalan, minimal bisa mensejahterakan untuk membangkitkan perekonomian Kabupaten Bekasi melalui Koperasi,” ujarnya, Selasa (22/3/2022).

Marjuki juga mengatakan, Dekopinda adalah satu-satunya gerakan Koperasi Indonesia yang harus betul-betul memperjuangkan kepentingan dan aspirasi Koperasi, terlepas dari kepentingan segelintir atau sekelompok golongan.

“Di tengah-tengah semakin kuatnya tarik- menarik kepentingan, baik itu bermotifkan politik dan ekonomi, Dekopinda harus bisa memperkuat rasa solidaritas di kalangan internal Dekopinda itu sendiri,” paparnya.

Sementara itu, Ketua Dekopinda Kabupaten Bekasi, Toto Iskandar mengatakan, Koperasi itu adalah dari kita untuk kembali lagi ke kita.

“Peran Koperasi terhadap masyarakat itu sangat penting, karena Koperasi itu adalah untuk mensejahterakan anggota dan ada dampak sosialnya untuk masyarakat, karena Koperasi itu slogannya adalah dari kita untuk kita kembali lagi ke kita,” ungkapnya.

Toto juga menyampaikan, Dekopinda untuk tahun 2022 telah mempunyai 6 program kerja, salah satunya yaitu jaringan lintas Koperasi, harus terjalin kerjasama antara satu Koperasi dengan Koperasi lainya.

“Rakerda ini bertujuan agar setiap Koperasi memberikan masukan kepada pimpinan Dekopinda untuk dijalankan di tahun 2022 ini,” kata Toto.

Selain jaringan lintas Koperasi, pihaknya menekankan, Koperasi harus bisa mensejahterakan anggota dan bisnisnya harus di tambah dan bukan hanya sebatas simpan pinjam.

“Koperasi juga harus bisa bekerjasama dengan media, supaya ada keselarasan antara Koperasi dan media, termasuk memanfaatkan sosial media seperti IG, Twitter, Facebook dan lain sebagainya,” terangnya.

Toto menandaskan, anggota Koperasi harus bisa mengajak dan mengedukasi atau merekrut anggota baru, dan harus bisa bekerjasama dengan Pemerintah agar apa program-program Koperasi bisa terealisasi. (ADV/Hasrul)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *