Cegah Penyebaran Covid Bantuan Sosial Pangan Diberikan Door to Door

Penyaluran BSP

BERITA BEKASI – Guna mencegah penyebaran wabah Covid dan varian baru Omicron yang terus melonjak di masyarakat, penyaluran bantuan pangan yang diberikan secara tunai dilakukan petugas dengan sistem door to door langsung mendatangi tempat tinggal penerima bantuan sosial pangan.

Penyaluran Bantuan Sosial Pangan (BSP) yang seharusnya diberikan berupa sembako dengan adanya edaran Kemensos RI untuk percepatan proses bantuan sosial kini diberikan secara tunai selama 3 tahap mulai Januari, February dan Maret 2022 sebesar Rp200 ribu perbulan.

Seperti yang dilakukan petugas PSM Desa Pasirsari dan TKSK Kecamatan Cikarang Selatan, dengan didampingi petugas pos sebagai juru bayar penyaluran BSP pada warga penerima yang berjumlah 529 KPM yang tersebar di 3 Dusun dengan cara door to door guna menghindari adanya kerumunan.

“Awalnya sebagian warga penerima sosial pangan mendatangi posko yang sudah di siapkan oleh pegawai Desa serta petugas kantor POS dengan menerapkan Protokol Kesehatan yang ketat dan untuk penerima yang sudah lansia atau disabilitas kita melakukan door to door,” terang Ketua PSM, Desa Pasir Sari, Megawati Ardiansyah.

Namun, sambungnya, setelah perkoordinasi dengan Ketua TKSK Kecamatan Cikarang Selatan, kami berinsiatif mendampingi petugas pos yang menjadi juru bayar dengan melakukan door to door pada warga penerima bantuan, apalagi ada banyak penerima yang lansia, sakit yang sampai tidak bisa jalan.

Hal senada juga dikatakan Ketua TKSK Kecamatan Cikarang Selatan, Nerly Lolita yang mengaku apa yang dilakukan bersama petugas pos sebagai juru bayar dan Ketua PSM Desa Pasirsari sudah tepat meski harus berjalan ke rumah warga penerima bantuan pangan di tiga Dusun yang berada di Desa Pasir Sari.

“Sebanyak 529 KPM kita datangi dimana pembagiannya tersebar di 3 Dusun dan dilakukan secara door to door bagi penerima yang Lansia ini lebih efektif selain itu juga untuk menghindari penyebaran wabah Covid atau Omicron di wilayah Desa Pasir Sari,” ujar Nerly.

Sementara itu, Kepala Kantor Pos Indonesia Cikarang, Jajat yang juga ikut turun membantu memberikan dan menyaluran bantuan sosial pangan mengaku cukup terbantu dengan adanya pendamping dari PSM Desa Pasir Sari maupun TKSK Kecamatan Cikarang Selatan.

“BSP ini harus dipercepat dan hari ini mengerahkan 15 petugas pos sekali jalan kelapangan. Alhamdulillah, kami merasa terbantu karena petugas sosial desa (PSM) dan Kecamatan (TKSK) selalu membantu memfasilitasi kami kelapangan untuk masyarakat,” pungkas Jajat. (Usan)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *