Tim Jaksa Penyidik Periksa Mantan Komut PT. Garuda Indonesia

Peter F Gontha

BERITA JAKARTA – Mantan Komisaris PT. Garuda Indonesia, Peter F Gontha akhrinya memenuhi panggilan tim penyidik Jaksa Agung Muda Tindak Pidana Khusus (Jampidsus) guna dimintai keterangannya sebagai saksi terkait dugaan korupsi yang terjadi pada perusahaan maskapai penerbangan milik Indonesia.

Pemeriksaan Peter merupakan pemeriksaan yang tertunda karena sesuai jadwal Peter diperiksa pada Jumat 28 Januari dan Rabu 2 Februari 2022. Namun dia meminta perubahan jadwal pemeriksaan, sehingga Peter baru bisa dimintai keterangannya pada Jumat 4 Februari 2022.

“Dia (Peter) datang diperiksa tadi siang,” kata Direktur Penyidikan Jampidsus Kejagung RI, Supardi kepada Matafakta.com, melalui telepon selullarnya, Sabtu (5/2/2022) siang.

Supardi menuturkan, pemeriksaan terhadap Peter, adalah permintaan keterangan yang ketiga kalinya. Karena, sebelum kasus dugaan korupsi merangkak ke penyidikan, pada Desember 2021, Peter juga sudah pernah diminta untuk memberikan keterangan, saat perkara itu masih proses penyelidikan.

“Pernah juga dimintai keterangan. Tapi itu levelnya beda. Itu lid (penyelidikan). Makanya perlu untuk memformalkan keterangan itu ke penyidikan. Dulu (penyelidikan) statusnya kan belum saksi. Kalau sekarang (penyidikan), kan saksi,” tegas Supardi.

Terkait materi pemeriksaan terhadap Peter, Jumat 4 Februari 2022, Supardi mengungkapkan, tim penyidikannya menggali keterangan menyangkut soal proyek pengadaan pesawat terbang ATR 72-600 oleh manajemen Garuda Indonesia. Tetapi, Supardi tak menjelaskan detail soal permintaan keterangan tersebut.

“Dia diperiksa terkait keterangan perencanaan ATR (72-600) di PT. Garuda Indonesia,” ujar Supardi.

Sekedar informasi, Peter, bukan satu-satunya mantan komisaris PT. Garuda Indonesia yang pernah diperiksa terkait dugaan korupsi di perusahaan maskapai penerbangan Indonesia itu.

Sebelumnya pada Kamis 3 Februari 2022, tiga eks Komisaris Garuda juga turut diperiksa dan dimintakan keterangan antara lain, Wendy Aritonang Yazid, Komisaris Garuda 2012, Bagus Rumbogo dan Chris Kanter, Komisaris Garuda 2021 dan 2013. Sementara Peter, diketahui sebagai Komisaris Garuda 2020-2021. (Sofyan)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *