OP Award 2021 Sebagai Apresiasi Kepada Stakehorders

OP Award 2021

BERITA JAKARTA – Sebagai apresiasi terhadap stakeholders Kantor Otoritas Pelabuhan Utama (OP) Tanjung Priok gelar acara OP Awards 2021 di Harris Hotel & Conventions Jakarta Utara, dengan tetap melaksanakan Protokol Kesehatan (Prokes) ketat, Rabu (26/1/2022).

Acara tersebut dalam rangka mengapresiasi para stakeholders di Pelabuhan Tanjung Priok yang telah memberikan pelayanan kepada pengguna jasa selama periode tahun 2021.

Acara ini juga dalam rangka meningkatkan kinerja, meningkatkan layanan digitalisasi kepelabuhan, meningkatkan upaya-upaya menuju Green Port dan kedepan menjadi Smart Port.

Acara OP Awards 2020 dibuka langsung Pelaksana Tugas Direktur Jenderal Perhubungan Laut (Dirjen Hubla) Kementerian Perhubungan, Ir Arif Toha Tjahjagama DEA.

Dalam sambutannya, Ir. Arif Toha Tjahjagama menyampaikan peran Direktorat Jenderal Perhubungan Laut dalam memastikan kelancaran arus barang di Pelabuhan.

Dia juga menyampaikan apresiasi terhadap Stakeholders Pelabuhan Tanjung Priok yang terus berupaya meningkatkan pelayanan kepelabuhanan dan harapannya terhadap Pelabuhan Tanjung Priok.

“Acara OP Awards 2021, salah satu bentuk reward atau penghargaan yang diberikan kepada Perusahaan atau Terminal Operator yang prestasi yang telah memberikan sumbangsih,” kata mantan Kepala Kantor Otoritas Utama Tanjung Priok ini.

Acara OP Awards 2021 ini juga sebagai bentuk dan bukti apresiasi kami sebagai Instansi Pemerintah yakni Kementerian Perhubungan terhadap Terminal Operator, Stakeholders dilingkungan Pelabuhan Tanjung Priok.

“Semoga dengan diselenggarakannya acara ini oleh Kantor Otoritas Pelabuhan Utama Tanjung Priok dapat memberikan motivasi kepada stakeholders untuk memacu dan meningkatkan pelayanan kepelabuhanan menjadi lebih baik dimasa yang akan datang,” harap Dirjen Hubla.

Dikatakannya, Kantor Otoritas Pelabuhan Utama Tanjung Priok pada Tahun 2021 telah meraih predikat ISO terintegrasi yaitu ISO 9001:2015, 14001:2015, 45001:2018 dari Lloyds Register dan ISO 37001:2016 dari The British Standard Institution.

“Saya mengucapkan selamat atas prestasi yang telah diraih Kantor Otoritas Pelabuhan Utama Tanjung Priok, semoga menginspirasi UPT maupun instansi lain untuk meningkatkan kualitas sistem manajemen,” ujar Dirjen Hubla.

Sementara itu, Direktorat Jenderal Perhubungan Laut juga memberikan apresiasi terhadap pelaksanaan STID (Single Truck Identification Data) yang telah diberlakukan di semua Terminal di Pelabuhan Tanjung Priok.

Dia pun berharap, kedepan bisa dikembangkan dalam rangka mendukung National Logistic Ecosystem melalui Truck Booking System.

Selain itu, di bidang pelestarian lingkungan melalui program Green Port, Ditjen Hubla juga memberikan apresiasi terhadap pencapaian satus penilaian Proper Lingkungan “BLUE” dari Kementerian KLH kepada Pelabuhan Tanjung Priok.

Sebelumnya, Kepala Kantor Otoritas Pelabuhan Utama (Ka OP) Tanjung Priok, Dr. Capt. Wisnu Handoko MSc menjelaskan maksud dan tujuan diadakannya acara OP Awards dan menyampaikan kategori-kategori yang terdapat pada OP Awards 2021.

“Maksud kegiatan ini adalah memberikan apresiasi, dukungan serta motivasi kepada stakeholders di Pelabuhan Tanjung Priok yang diharapkan dapat memberikan motivasi atau memacu dalam meningkatkan kinerja dan produktifitas pelayanan kepada pengguna jasa dibidang transportasi laut,” papar Ka OP.

Dijelaskannya, penghargaan OP Awards 2021 terdiri dari 12 Kategori yaitu Terminal Operator dengan Kontribusi PNBP Terbaik, Terminal Operator Dengan Tingkat Pencapaian Zero Accident, Terminal Operator dengan Administrasi dan Pelaporan Lingkungan Terbaik, Terminal dengan Sarana Pengelolaan Lingkungan Terbaik.

Selain itu, Terminal Operator Terinovatif dalam Mendukung GreenPort Pelabuhan Taniung Priok, Terminal Operator Terbaik dalam Mendukung Program Digitalisasi Layanan Kepelabuhanan, Perusahaan Bongkar Muat Terbaik dalam Administrasi dan Pelaporan, TKBM Terproduktif dan Safe Performance.

Dan, Terminal Operator dengan Kinerja Terbaik, Perusahaan Truk Terbaik Dalam Penerapan STID, Asosiasi Truk yang memberikan Dukungan Pendaftaraan STID Terbanyak, Terminal Dalam Mendukung Kampanye Anti Korupsi.

Kami, tambah Dr. Capt. Wisnu Handoko, mengucapkan terima kasih kepada seluruh undangan yang telah hadir baik secara langsung maupun secara virtual dan mengapresiasi kepada pihak-pihak yang berpartisipasi dalam penyelenggaraan acara OP Awards 2021.

“Saya berharap, acara ini dapat meningkatkan kolaborasi serta sinergi antar Instansi Pemerintah dan Stakeholders di Pelabuhan Tanjung Priok serta meningkatkan pelayanan kepada pengguna jasa transportasi khususnya jasa kepelabuhanan dalam rangka mewujudkan Pelabuhan yang bertaraf internasional,” pungkasnya. (Dewi)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *