Datun Kejari Tobasa Pulihkan Dana Rp1,2 miliar

Kejari Tobasa Sumatera Utara

BERITA TOBASA – Kejaksaan Negeri (Kejari) Toba Samosir Bidang Perdata dan Tata Usaha Negara (Datun) berhasil mengembalikan keuangan milik Pemerintah Daerah (Pemda) Kabupaten Toba sebesar Rp1,2 miliar, Kamis (29/7/2021) kemarin.

Acara prosesi itu, dilaksanakan di Aula Kejari Tobasa dan hadir Bupati Tobasa, Ir. Poltak Sitorus, Wakil Bupati Tobasa Tonny Simanjuntak dan Kepala Kejaksaan Negeri Tobasa Baringin serta Para Kasi Kejari Tobasa.

“Pengembalian dana kas daerah Pemda Kabupaten Toba terkait pendampingan perihal ganti rugi Balai Latihan Kerja (BLK) milik Yaspena di Aek Natolu, Desa Singgang Utara Kecamatan, Lumbanjulu untuk dijadikan sebagai tempat pelatihan,” kata Baringin.

Menurut Baringin, pengembalian uang senilai Rp1,2 miliar bersumber dari hasil perhitungan kerugian negara dalam perkara tindak pidana korupsi dalam pembelian bangunan Yaspena untuk digunakan Balai Latihan Kerja Pemkab Toba pada tahun 2006 silam.

Dikatakan Baringin, terhadap hasil temuan kerugian negara tersebut, DL. Sitorus selaku pengurus Yaspena telah dilakukan pengembalian kepada Cabang Kejaksaan Negeri Toba Samosir di Porsea dan telah setorkan senilai Rp1,2 miliar ke Negara di Kementrian Keuangan melalui rekening BRI Balige.

“Dalam penyetoran tersebut, terdapat kekeliruan dalam hal penyetoran ke kas Negara, seharusnya kerugian Negara tersebut disetorkan ke Negara Cq. Pemerintah Kabupaten Toba yang disetorkan ke Rekening Kas Umum Daerah Kabupaten Toba di Bank Sumut Cabang Balige dengan Nomor 24001020020670,” jelasnya.

Selanjutnya, tambah Baringin, untuk menyikapi hal tersebut, Pemerintah Kabupaten Toba mengirimkan surat permohonan dari Sekretariat Daerah (Setda) Pemerintahan Kabupaten Toba tanggal 31 Maret 2021 Nomor: 180/213/Hk/2021 perihal Permohonan Fasilitasi Pengembalian Dana ke Kas Daerah.

“Surat itu, ditujukan kepada Kepala Kejaksaan Negeri Toba Samosir untuk dapat memfasilitasi terkait pengembalian kas daerah tersebut melalui Kantor Pelayanan Perbendaharaan Negara (KPPN) Balige,” pungkasnya. (Sofyan)

BeritaEkspres Group

Pemberitahuan: Website www.beritaekspres.com saat ini dalam perbaikan dan peningkatan system…

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *