Kapolda: 2020, Polda Jateng Tanam Satu juta Lima Ratus Pohon

Kapolda Jateng, Irjen Pol Dr. H. Rycko Amelza Dahniel

BERITA SEMARANG – Dalam rangka gerakan satu juta pohon, Polda Jawa Tengah, bersama jajaran di seluruh 35 Polres melaksanakan penanaman dan pemeliharaan pohon secara serentak.

Kegiatan yang didukung PT. Djarum bersama Perhutani Jateng dan BPBD Jateng itu, dihadiri para pejabat utama Polda Jateng, mahasiswa beserta jajaran Polda Jateng.

Kapolda Jateng, Irjen Pol Dr. H. Rycko Amelza Dahniel menyampaikan, kegiatan yang bertema ‘Polda Jateng Go Green Untuk Satu Juta Lima Ratus Pohon di Jateng Oleh Polda Jateng Beserta Jajaran’ ini merupakan program nasional.

“Kegiatan nasional ini dicanangkan Bapak Kapolri, yaitu gerakan Polri peduli penghijauan dan  lingkungan, dimana sebelumnya sudah dilaksanakan oleh Polda Jateng. Setelah dilaporkan ke Mabes Polri, program ini kemudian diangkat sebagai program nasional di tingkat Kepolisian seluruh Indonesia,” ungkap Kapolda usai penanaman pohon di halaman Rumah Sakit Bhayangkara, Semarang, Jumat (10/1/2020).

Menurut Kapolda, kegiatan kali ini, merupakan program lanjutan penanaman dan pemeliharaan pohon. “Kami bercita-cita tahun 2020 ini bisa menanam satu juta lima ratus pohon,” tandasnya.

Sementara itu yang sudah dilakukan Polda Jateng adalah penanaman pohon di markas-markas kepolisian dan asrama yang sudah dilakukan pada akhir November 2019 dan pada pertengahan Desember 2019 juga telah dilakukan di Pantai Morosari Demak.

“Hari ini sebanyak 32 ribu pohon ditanam di seluruh 35 Polres jajaran Polda Jateng, diantaranya pohon keras, seperti pohon jati, pohon trembesi, dan pohon buah-buahan seperti pohon mangga, rambutan, pohon pete dan lainnya,” terangnya.

Kemarin, lanjut Kapolda, juga sudah menanam 12 ribu pohon di seluruh jajaran. “Akhir bulan ini, kita akan menamam pohon bakau, kemarin 3000, dan kita juga akan menanam di Pantai Jepara 10.000,” jelas Kapolda.

“Mari kita galakkan menanam pohon untuk lingkungan dan anak cucu kita,” tandasnya.

Kapolda juga menegaskan agar anggota Polri menjadi pelopor penanaman dan pemeliharaan pohon. (Nining)

Biro Semarang

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *