Hari Pertama Buka, KPUD Kabupaten Bekasil Kosong Calon Pendaftar  

- Jurnalis

Selasa, 27 Agustus 2024 - 18:28 WIB

facebook twitter whatsapp telegram line copy

URL berhasil dicopy

facebook icon twitter icon whatsapp icon telegram icon line icon copy

URL berhasil dicopy

KPUD Kabupaten Bekasi

KPUD Kabupaten Bekasi

BERITA BEKASI – Komisi Pemilihan Umum Daerah (KPUD) telah membuka pendaftaran calon Kepala Daerah pada hari ini Selasa, 27 Agustus 2024.

Di Kabupaten Bekasi, sejumlah persiapan telah dilakukan untuk menyambut para pasangan calon beserta Partai pengusung dan pendukung.

Pantauan Matafakta.com, di kantor KPUD Kabupaten Bekasi telah dijaga Korps Brigade Mobil atau Brimob sejak pagi. Hanya saja pasangan calon hingga batas akhir pendaftaran Pukul16:00 WIB belum terpantau satu pun.

ADVERTISEMENT

SCROLL TO RESUME CONTENT

“Hari pertama dibuka nya pendaftaran pasangan calon Bupati dan Wakil Bupati Bekasi yang kami buka sejak Pukul 08:00 – 16:00 WIB ternyata belum ada yang mendaftar,” kata Ketua KPUD Kabupaten Bekasi, Ali Rido.

“Kami masih menunggu 2 hari kedepan tanggal 28-29 kemudian ditanggal 29 kita buka Pukul 08:00 WIB pagi sampai Pukul 23:59 WIB,” tambahnya.

Ali Rido mengatakan, pihaknya menyampaikan prihatin mengingat sisa tenggang dua hari kedepan jadwal pendaftaran calon Kepala Daerah pada Pilkada Kabupaten Bekasi 2024 akan berakhir.

“Oleh karena itu pada sore hari ini dengan sangat prihatin belum ada satu pasangan calon pun yang mendaftar kepada KPU Kabupaten Bekasi,” kata dia.

“Untuk itu perlu kami sampaikan disisa dua hari kedepan kita juga sudah menyampaikan kepada rekan-rekan LO Partai Politik yang tergabung atau koalisi Partai Politik agar segera menginformasikan H-1 sebelum pendaftaran sesuai dengan juknis pencalonan harus menyampaikan persyaratan kepada kami,” sambungnya.

Baca Juga :  Polemik Desa Sumberjaya, FKMPB: Pj Bupati Bekasi Dedi Supriadi Cuek!

PASANGAN BN HOLIK DAN FAIZAL BESOK DAFTAR

Kendati begitu, Ali mengungkapkan terdapat salah satu calon yang telah mengkonfirmasi kehadirannya untuk mendaftar esok hari yakni pasangan calon BN. Holik Qodratullah dan Faizal Hafan Farid.

“Sejauh ini secara administrasi tertulis belum ada, kecuali tadi baru kami terima dari pasangan BN Holik dengan Faizal dia akan datang pada tanggal 28 hari Rabu Pukul 15:00 WIB,” ungkapnya.

“Secara tertulis sudah kita terima melalui bentuk PDF kami segera menunggu fisik yang akan diantar oleh tim pemenang pada sore hari ini, sehingga itu sah tercatat pada kami teregister mengkonfirmasi H-1 mereka akan melakukan pendaftaran paslon yaitu BN Holik dan Faizal,” sambungnya.

Sementara itu, Ketua Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Kabupaten Bekasi, Akbar Khadafi menyebutkan pihaknya terus melakukan pengawasan berkaitan dimasa tahapan pendaftaran pasangan calon Kepala Daerah Kabupaten Bekasi.

“Kami memang sejak awal dari Pukul 8 sampai sore ini sudah melaksanakan pengawasan berkaitan tahapan pendaftaran. Apa saja yang harus diawasi? Berkaitan syarat calon, secara administrasi kami awasi proses administrasinya, mengawasi bagaiaman kemudian calon sudah mengaupload ke Silod B1 KWK secara persyaratan,” kata Akbar.

Akbar mengatakan, pihaknya juga mengawasi berkenaan para pasangan calon yang nantinya akan mengerahkan masa. Sebab berkaca pada Pilkada 2017 terdapat sejumlah pihak yakni Aparatur Spil Negara (ASN) ikut mengantarkan pasangan calon.

Baca Juga :  JNW: Tudingan Uang Pelicin di DBMSDA Kota Bekasi Bukan Cerita Baru

“Kami awasi pengerahan massa khususnya pihak yang dilarang dalam undang-undang, kami juga sudah instruksikan ke seluruh jajaran pengawas Pemilu untuk melakukan pengawasan mulai 27-29 terhadap para pihak yang dilarang oleh undang-undang, yakni para ASN, ada ASN atau oknum yang mengatarkan atau Kepala Desa atau pihak lain yang dilarang,” kata dia.

Kapolres Metro Bekasi, Twedi Aditya Bennyahdi mengatakan, usai rapat kordinasi yang dilakukan pihaknya bersama penyelenggaraan Pemilu baik KPU dan Bawaslu Kabupaten Bekasi berkaitan pengamanan dalam rangak kegiatan pendaftaran calon Kepala Daerah pihaknya sudah menyiapkan beberapa titik pengamanan.

“Kami menyiapkan beberpa titik pengamanan mulai dari jalur lalu lintas di depan area kantor KPU, kemudian di area pintu masuk KPU sampai area parkirk, kemudian di derpan gedung KPU atau tempat pendukung menunggu pendaftaran,” kata dia.

Twedi menyampaikan pihak keamanan yang akan di terjunkan nanti berjumlah 150 personil setiap hari nya. Kendati begitu saat waktu pendaftaran di kantor KPU nanti yang bisa memasuki kantor hanya beberapa orang yang bisa masuk.

“Kami menyiapkan 150 personel setiap Hari dalam masa pendaftaran ini. Dari KPU sudah menyampaikan kepada LO dari para paslon sudah menyiapkan yang boleh masuk itu hanya sebanyak 100 orang, kemudian yang bisa masuk untuk meyaksikan pendafatran sekitar 30 orang saja, itu pun memiliki ID card,”  tandasnya. (Hasrul)

Berita Terkait

JNW: Tudingan Uang Pelicin di DBMSDA Kota Bekasi Bukan Cerita Baru
Dodo: Kuburan Makam Kedondong Sudah Puluhan Tahun Baru Sekarang Ribut
Polemik Desa Sumberjaya, FKMPB: Pj Bupati Bekasi Dedi Supriadi Cuek!
Ini Kata Adi Bunardi Maknai Pesan Kang Dedi Untuk Tri Adhianto
Pj Bupati Bekasi Dedy Supriadi Respon Warga Pederita Kanker Serviks
Kementerian ATR BPN Bagikan 3.256 Sertifikat ke Masyarakat Jawa Barat
FKMPB Menduga Pergantian Pj Desa Sumberjaya Tutupi Dugaan Korupsi
Soal Lahan Makam Kedondong, Ahli Waris: Kita Akan Usut Sampai Tuntas
Berita ini 53 kali dibaca

Berita Terkait

Jumat, 18 Oktober 2024 - 15:46 WIB

JNW: Tudingan Uang Pelicin di DBMSDA Kota Bekasi Bukan Cerita Baru

Jumat, 18 Oktober 2024 - 08:53 WIB

Dodo: Kuburan Makam Kedondong Sudah Puluhan Tahun Baru Sekarang Ribut

Kamis, 17 Oktober 2024 - 16:16 WIB

Polemik Desa Sumberjaya, FKMPB: Pj Bupati Bekasi Dedi Supriadi Cuek!

Kamis, 17 Oktober 2024 - 15:29 WIB

Ini Kata Adi Bunardi Maknai Pesan Kang Dedi Untuk Tri Adhianto

Kamis, 17 Oktober 2024 - 09:57 WIB

Pj Bupati Bekasi Dedy Supriadi Respon Warga Pederita Kanker Serviks

Berita Terbaru

Kejaksaan Negeri (Kejari) Pulau Taliabu

Berita Daerah

STIH dan Kejari Pulau Taliabu Mou Magang Mahasiswa

Jumat, 18 Okt 2024 - 16:58 WIB

Foto: Kantor DBMSDA Kota Bekasi

Seputar Bekasi

JNW: Tudingan Uang Pelicin di DBMSDA Kota Bekasi Bukan Cerita Baru

Jumat, 18 Okt 2024 - 15:46 WIB