Laskar Juang RDP Dorong Kemendag Vaksinasi di Pasar Tradisional

Laskar Juang Rieke Diah Pitaloka (RDP)

BERITA BEKASI – Laskar Juang Rieke Diah Pitaloka (RDP) bersama Polres Metro Bekasi, menggelar kembali vaksinisasi disalah satu perusahaan di Cikarang Pusat, Kabupaten Bekasi, Jawa Barat, Sabtu (7/8/2021). Kegiatan tersebut dihadiri Wakil Menteri Perdagangan, Jerry L. Sambuaga.

Dalam kesempatan itu, Dewan Pembina Laskar Juang RDP, Rieke Diah Pitaloka mengatakan, perlu adanya gerakan masif untuk mencapai target vaksinasi sekitar 70 persen secara nasional, hingga bulan November mendatang.

“Sehingga, gerakan masif tersebut memperkirakan 165 juta penduduk sudah mendapatkan vaksin. Semua bisa terlaksana, jika dilakukan secara gotong royong. Harus terpenuhi menuju herd immunity,” kata Rieke Diah Pitaloka kepada Matafakta.com, usai membuka Vaksinasi Roadshow Factory.

Didepan Wamendag, Rieke Diah Pitaloka mengatakan, perlu juga adanya vaksinasi di Pasar Tradisional, sehingga Kementerian Perdagangan dapat berkolaborasi dengan Laskar Juang, Pemerintahan Kabupaten Bekasi (Pemkab) dan Polres Metro Bekasi.

“Masih banyak masyarakat yang belum tersentuh vaksin, dikarenakan masih ada rasa takut,” kata prempuan berkacamata tersebut.

Selain dorong percepatan vaksinasi di pasar dan ritel, perempuan yang juga artis pemeran Oneng di Bajai Bajuri itu meminta, adanya vaksinasi masif dikalangan industri. Pasalnya, Kabupaten Bekasi ada 4000 perusahaan, dengan 30 lebih negara berinvestasi.

Dengan vaksin tersebut, tambah Rieke, diharapkan bisa meminimalisir klaster Industri Covid-19. Dia tidak bisa bayangkan sejuta lebih karyawan disini bisa menjadi klaster Industri virus Corona atau Covi-19.

“Terus bagaimana nasib produk yang di hasilkan dari sini yakni dari Kawasan Industri di Cikarang, tentu akan berdampak ke sektor ekonomi,” tandas dia.

Sementara itu, Wakil Menteri Perdagangan RI, Jerry L Sambuaga menjelaskan, upaya vaksinasi di pasar tradisional akan menjadi solusi untuk target nasional menuju herd immunity. Bahkan, tidak hanya pasar saja, Wamendag juga menyasar ritel, agar juga berperan aktif dalam hal vaksinasi.

“Iya, Kemendag sangat mendukung vaksinasi pasar, seperti yang disampaikan Ibu Rieke. Semua hal terkait percepatan vaksin kita akan dukung. Bahkan, kita juga meminta ritel juga memberikan diskon bagi mereka yang sudah vaksin,” tutur Jerry.

Masih dilokasi yang sama, Wakil Ketua DPRD Kabupaten Bekasi, Soleman menambahkan, vaksinasi masih berjalan 26 persen dan masih jauh dari target nasional. Keberadaan Laskar Juang bekerjasama dengan Polres Metro Kabupaten Bekasi, dinilai sangat membantu percepatan vaksinasi.

“Kami berterima kasih kepada Laskar Juang dan Polres Metro Bekasi yang terus menggelar vaksinasi. Dan sangat berharap Kemendag juga bersama-sama terus menggelar vaksinasi di pabrik,” ujarnya.

Soleman menambahkan, akan terus mendorong Pemerintah Daerah (Pemda) dan semua harus berupaya menggelar vaksinasi ditingkat Desa. Karena, tidak sedikit masyarakat yang menolak program tersebut.

“Harus ada kerjasama dari semua pihak, diharapkan capaian vaksin 70 persen di Kabupaten Bekasi bisa terwujud,” pungkas Soleman yang juga politisi PDI Perjuangan. (Mul)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *