Mulai Bergerak, Komunitas PIF Gelar Kopdar di Hotel Shantika Bekasi

- Jurnalis

Senin, 3 Agustus 2020 - 09:01 WIB

facebook twitter whatsapp telegram line copy

URL berhasil dicopy

facebook icon twitter icon whatsapp icon telegram icon line icon copy

URL berhasil dicopy

Kopdar Komunitas PIF di Hotel Shantika

Kopdar Komunitas PIF di Hotel Shantika

BERITA BEKASI – Komunitas Pajero Indonesia Family (PIF) dibawah kepemimpinan Presiden PIF, Sumarsono, kembali menggelar pertemuan yang berlangsung di Hotel Shantika di Jalan Jenderal Ahmad Yani No.1, Kota Bekasi, Jawa Barat, Sabtu 1 Agustus 2020 kemarin.

Pertemuan dengan istilah ‘kopi darat’ atau ‘kopdar’ tersebut mulai membahas dan menata kedepan yang lebih baik untuk Komunitas PIF yang kesemuaan anggotanya menggunakan atau memiliki kendaraan roda empat jenis Pajero Sport besutan produk Mitsubishi.

Kepada Matafakta.com, Presiden PIF, Sumarsono mengatakan, ‘kopi darat’ atau ‘kopdar’, merupakan bagian dari silahturahmi atau komunikasi antar pengurus atau anggota yang rutin dilakukan pada setiap kesempatan guna membahas berbagai macam agenda yang sudah direncanakan dan memperkuat kekompakan.

ADVERTISEMENT

SCROLL TO RESUME CONTENT

“Kopdar itukan lazim dilakukan oleh setiap perkumpulan atau sebuah komunitas guna menjaga tali silahturahmi dan komunikasi juga penguatan antar sesama anggota. Terlebih lagi, Jumat 14 Agustus ini, kita mulai touring lagi selama 3 hari ke Jogja. Usai touring Minggunya, 23 Agustus 2020 kita menggelar baksos,” kata Sumarsono, Senin (3/8/2020).

Selain membahas baksos dan touring, sambung Sumarsono, pertemuan di Hotel Shantika kemaren juga membahas penataan peraturan Anggaran Dasar dan Anggaran Rumah Tangga atau AD/ART serta penguatan Komunitas PIF kedepan agar menjadi sebuah komunitas yang menghasilkan energi positif.

Kita ingin, lanjut Sumarsono, PIF ini, menjadi sebuah komunitas yang menghasilkan energy positif, toleransi, tidak managemen top and down atau otoriter. Disini, semua anggota bisa berbicara memberikan pendapatnya untuk kebaikan, kemajuan dan membawa manfaat bagi para anggota ataupun diluar anggota (orang lain).

“Jadi, kita tidak ingin komunitas PIF ini hanya menjadi sekumpulan yang tidak menghasilkan energy positif, semua anggota PIF mempunyai tujuan dan hobby yang hampir sama yaitu touring dan yang paling terpenting penting happy bisa melepas penat, setelah dibebani berbagai macam pekerjaan,” imbuhnya.

Lebih jauh, Sumarsono mengatakan, membahas tentang sebuah komunitas yang pertama muncul dibenak kita adalah kelompok atau perkumpulan tertentu. Komunitas memang merupakan salah satu bentuk group yang sengaja dibuat dengan tujuan tertentu.

“Hampir semua orang di dunia tergabung dalam komunitas tertentu. Namun, dari sekian banyak orang yang tergabung dalam komunitas, masih banyak orang yang tidak mengerti arti kata komunitas yang sebenarnya, karena mungkin tidak perduli dengan apa yang terjadi (cuek) atau tidak begitu aktif di komunitas tertentu yang mereka diikuti,” paparnya.

Sumarsono juga mengungkapkan, dari sekian banyak ahli yang mendefinisikan arti komunitas seperti, Soenarno, Hendro Puspito, termasuk Paul B. Horton dan Chaster L Hunt yang mengartikan bahwa, “komunitas merupakan kumpulan manusia yang memiliki kesadaran akan keanggotaannya dan saling berbagi satu sama lain”.

“Manfaat sebuah komunitas yang pertama adalah sebagai media penyebaran informasi. Di komunitas, setiap anggota yang tergabung dapat saling bertukar informasi baik yang dibagikan atau pun menerima yang terkait dengan tema komunitas yang dibentuk,” jelasnya.

Selain sebagai media penyebaran informasi, komunitas juga bermanfaat sebagai media untuk menjalin relasi atau hubungan antar sesama anggota komunitas yang memiliki hoby atau pun dari bidang yang sama dan bisa saling membantu satu sama lainnya.

Sumarsono menambahkan, sebelum membentuk sebuah komunitas, tentunya memilik beberapa pertimbangan dalam pembentukan komunitas yang dimaksud diantaranya:

Anggota adalah orang yang diajak untuk bergabung dalam sebuah komunitas yang diundang berasal dari bidang atau minat yang sama seperti para pencinta otomotif Mitsubishi Pajero Sport seperti yang sekarang kita bentuk “Pajero Indonesia Family” atau PIF.

Selain itu, untuk mendukung keberlangsungan komunitas, pemrakarsa komunitas menyetujui media-media yang akan digunakan untuk melancarkan seluruh program kerja yang telah dibuat di komunitas seperti program kerja dan sumber daya.

“Selain itu, pemrakarsa komunitas harus mampu membuat program kerja dan menemukan sumber daya untuk menjalankan program kerja tersebut. Inti utamanya, komunitas yang dibuat haruslah bermanfaat baik untuk para anggota ataupun orang lain,” pungkasnya. (Hasrul)

Berita Terkait

Setelah Pemilu 2024 Apakah Akan Banyak Caleg Yang Masuk Rumah Sakit Jiwa?
Didukung 7 RT, Ketua RW024 Perum VGH Sahid Sutomo Lanjut Genapi 5 Tahun
Pengawasan Model Kerjasama Komisi Yudisial, Kepolisian dan KPK
Wow…!!!, Setahun Penyidikan di Kejati DKI Belum Ada Tersangka Korupsi?
Pesta Narkoba, Kepala UPTD Pajak dan Retrebusi Kota Bekasi Diciduk Polisi
Sampai Bubar, Pemain Persipasi Kota Bekasi TC Lembang Belum Terima Transport
Pakar Hukum Dorong Kasus Bos Kalpataru Sawit Plantation Terapkan Pasal TPPU
HDCI Berikan Bantuan Korban Erupsi Gunung Semeru
Berita ini 1 kali dibaca

Berita Terkait

Rabu, 8 Mei 2024 - 06:41 WIB

Dugaan Pembagian Perkara, MNH Kena Sanksi 1 Tahun

Selasa, 7 Mei 2024 - 18:27 WIB

JPU Tuntut Pidana Selegram Adam Deni Setahun Penjara

Selasa, 7 Mei 2024 - 00:49 WIB

Ketua RT Setempat Sebut Wilayahnya Tidak Ada Transaksi Narkoba

Minggu, 5 Mei 2024 - 08:40 WIB

LQ Indonesia Law Firm Berhasil Mendamaikan Sengketa Tanah PIK 2

Jumat, 3 Mei 2024 - 09:59 WIB

Diduga Penjualan Komoditi Dikorup, Mantan Manajer Bisnis Bulog Ditahan

Kamis, 2 Mei 2024 - 18:04 WIB

Alvin Lim: Penetapan Tersangka Panji Gumilang Penuh Kecacatan

Kamis, 2 Mei 2024 - 13:13 WIB

BEM Banten Minta Kasus Korupsi Rp1 Triliun Situ Ranca Gede Ditangani Kejagung

Rabu, 1 Mei 2024 - 23:37 WIB

Kasus Depo Pertamina Meledak, Jaksa Mìnta Majelis Hakim Tolak Eksepsi Terdakwa

Berita Terbaru

Lokasi Pengerbekan

Berita TNI

Kodim Malang dan Polres Bubarkan Arena Judi Sabung Ayam

Rabu, 8 Mei 2024 - 06:48 WIB

Kantor PN Jakarta Utara

Hukum

Dugaan Pembagian Perkara, MNH Kena Sanksi 1 Tahun

Rabu, 8 Mei 2024 - 06:41 WIB

Foto: Selebgram Adam Deni Gearaka

Hukum

JPU Tuntut Pidana Selegram Adam Deni Setahun Penjara

Selasa, 7 Mei 2024 - 18:27 WIB

Foto: Ahmad Riyadh (Kiri) dan Achsanul Qosasih (Kanan)

Berita Utama

Dua Pegiat Sepakbola Diduga Tersangkut Kasus Korupsi

Selasa, 7 Mei 2024 - 12:18 WIB