Berbagai Kritikan Tanggapi Kepergian Plt Walikota Bekasi Tri Adhianto ke Korsel

- Jurnalis

Sabtu, 22 Juli 2023 - 11:33 WIB

facebook twitter whatsapp telegram line copy

URL berhasil dicopy

facebook icon twitter icon whatsapp icon telegram icon line icon copy

URL berhasil dicopy

Ket. Foto: Plt Walikota Bekasi, Tri Adhianto & Karangan Bunga

Ket. Foto: Plt Walikota Bekasi, Tri Adhianto & Karangan Bunga

BERITA BEKASI – Berbagai macam sindiran para nitizen khususnya warga Kota Bekasi menanggapi Plt Walikota Bekasi, Tri Adhianto bersama istri serta rombongan yang berangkat ke Seongnam Korea Selatan (Korsel) dengan harapan kerjasama di bidang olahraga.

Seperti diketahui, selain menjabat sebagai Pelaksana Tugas (Plt) Walikota Bekasi, Tri Adhianto juga menjabat sebagai Ketua Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI) Kota Bekasi hasil mencalonkan dirinya yang lolos dan dilantik pada Rabu 2 Februari 2023 lalu.

Selain pembahasan terkait kerjasama, Plt. Walikota Bekasi Tri Adhianto juga diajak berkeliling untuk dapat meninjau fasilitas sarana prasarana dan kesiapan Kompetisi Seongnam World Hanmadang 2023 peringatan ke-50 tahun Kota Seongnam.

ADVERTISEMENT

SCROLL TO RESUME CONTENT

Hal tersebut pun, sudah diterangkan melalui Bidang Hubungan Masyarakat (Humas) Pemerintah Kota (Pemkot) Bekasi melalui siaran persnya kepada awak media, terkait keberangkatan rombongan Plt Walikota Bekasi ke Seongnam Korsel pada Senin 17-20 Juli 2023.

Namun, keberangkatan Plt Walikota Bekasi, Tri Adhianto mendapatkan beragam sindiran dan kritikan dari para nitizen khususnya warga Kota Bekasi, termasuk adanya kiriman karangan bunga ucapan sindiran yang dipampang dipintu masuk kantor Plt Walikota Bekasi, Tri Adhianto.

Salah satu netizen melalui akun pribadinya bernama Liliharindra menulis: “Infrasetruktur yang mangkrak tolong dibenahi dulu pak. Pasar Kranji tuh sudah hampir 4 tahun, apalagi depan BTN sebelah Grand Mall masing-masing membawa dampak ekonomi,” tulisnya.

Baca Juga :  Alvin Lim: Indonesia Jadi Nomor 1 Kepolisian Terkorup di Asia Negara

Pedagang, tulis Liliharindra yang amburadul dan kemacetan yang luar biasa parah dan angka kriminalitas tinggi. Yang didepan mata dulu pak benerin kasian masyarakat,” tulis nitizen menanggapi foto Plt Tri Adhianto yang disebar di media sosial saat berada di Korsel.

Sementara itu, akun alga_biru menulis “Olahraga maju, tapi akses jalan amburadul ngak malu pak kalau nanti ada atlet luar main ke Bekasi liat jalan rusak, trotoar rusak dan kabel semeraut,” tulis nitizen yang ikut menanggapi keberangkatan rombongan Plt Tri Adhianto ke Korsel tersebut.

Menanggapi hal tersebut, Sekjen Masyarakat dan Pemuda Nusantara Merah Putih (AMPUH), Heru Purwoko mengatakan, karena itulah diharapkan kalangan swasta atau pengusaha yang menjadi Ketua Bidang Olahraga seperti KONI, bukan dikalangan pejabat.

“Karena tidak bisa lagi bergantung sepenuhnya dari Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah atau APBD dalam meningkatkan prestasi olahraga. Sebab, kebutuhan dana untuk peningkatan prestasi olahraga itu cukup besar,” terang Heru menanggapi Matafakta.com, Sabtu (22/7/2023).

Oleh karena itu, kata Heru, KONI Kota Bekasi sebaiknya dipimpin kalangan swasta atau pengusaha yang mampu menghimpun dana dari sponsor untuk memenuhi kebutuhan dana tersebut seperti melalui Corporate Social Responsibility (CSR) para pengusaha yang ada di Kota Bekasi.

Dikatakan Heru, pilihan kebijakan memang terbuka bagi pembentuk Undang-Undang (UU) dengan tujuan semata-mata menciptakan Good Governance. Pilihan ini memang ada untung-ruginya jika pejabat publik atau struktural duduk dalam kepengurusan KONI.

Baca Juga :  Panglima TNI Hadiri Acara Halal Bihalal dan Silaturahmi PBNU

“Memang dengan wibawa yang melekat pada jabatannya itu dapat memperlancar pengumpulan dana. Namun, sebaliknya keterlibatan pejabat publik atau struktural dapat mengganggu efektifitas pejabat itu sendiri dalam melaksanakan tugas pokoknya,” kata Heru.

Selain itu, lanjut Heru, tidak menutup kemungkinan terbuka juga terjadinya penyalahgunaan fungsi KONI untuk kepentingan pribadi atau kelompok pejabat yang bersangkutan melalui kegiatan di bidang olahraga seperti KONI dengan dalih untuk kemajuan olahraga di daerahnya.

“Ya, memang dalam UU olahraga tidak ada larangan itu. Sekarang sebagai Aparatur Pemerintah sebagai abdi masyarakat itu yang perlu dipikirkan adalah pemberian pelayanan prima kepada masyarakat. Soal Ketua KONI masih bisa yang lain,” imbuhnya.

Heru juga menyindir masih ada 3 Sekolah Menengah Atas Negeri (SMAN) dan Sekolah Menengah Kejuruan Negeri (SMAKN) di Kota Bekasi, belum memiliki Gedung sendiri bertahun-tahun dan masih dengan status menyewa Gedung milik Yayasan dengan nilai fantastis.

“Ke-3 sekolah itu SMAN 20, SMAN 21 dan SMKN 13 dan rencana pemotongan gaji pegawai di 2024 untuk efiseinsi keuangan. Itu artinya kebutuhan dasar saja masih sulit, jadi Plt Walikota Bekasi tidak usah mikir-mikir yang lain belum lagi persoalan yang dikeluhkan warga Kota Bekasi,” pungkasnya. (Indra)

Berita Terkait

Kasus Panji Gumilang, Alvin Lim: Kenapa Dana Yayasan Dipindah ke Rekening Polri?
Nasabah PT. Asuransi Allianz Tunjuk LQ Indonesia Law Firm Jadi Kuasa Hukum
KOPPAJA Desak Jaksa Agung Tangani Kasus Korupsi Rp1 Triliun di Banten
Kuasa Hukum Korban Investasi Bodong DNA Pro Buatkan Surat Terbuka
Alvin Lim Bongkar Cara Licik Oknum Tipideksus Soal TPPU Panji Gumilang
Alvin Lim: Indonesia Jadi Nomor 1 Kepolisian Terkorup di Asia Negara
Panglima TNI Hadiri Acara Halal Bihalal dan Silaturahmi PBNU
Otak Atik Akta Nasabah, Alvin Lim Bongkar Dugaan Praktik Mafia Bank Victoria
Berita ini 3 kali dibaca

Berita Terkait

Sabtu, 4 Mei 2024 - 01:58 WIB

PT. Migas Kota Bekasi Terima Kunjungan Komisi III DPRD Banten

Jumat, 3 Mei 2024 - 18:18 WIB

Waduh…!!!, Di Kota Bekasi Perusahaan Tanpa Plang Bebas Beroperasi

Kamis, 2 Mei 2024 - 21:09 WIB

Pj Walikota Bekasi Buka Konsultasi Publik Pengenalan JUTPI 3 dan TOD

Kamis, 2 Mei 2024 - 17:39 WIB

Lulus Fit And Proper Test, PDIP Kabupaten Bekasi Calonkan Ade Kuswara Kunang

Kamis, 2 Mei 2024 - 13:51 WIB

Ini Pesan Prof. Dr. Daud Rosyid Sitorus Jika Heri Koswara Jadi Walikota Bekasi

Kamis, 2 Mei 2024 - 09:36 WIB

Lagi, Beredar Screenshot Whatsapp Group IKAALL Kota Bekasi Bantu Pilkada

Kamis, 2 Mei 2024 - 09:27 WIB

Berhentikan Kadus Sepihak, Kades Bantarsari Diduga Tabrak Aturan Mendagri

Kamis, 2 Mei 2024 - 08:16 WIB

Kinerja Jeblok, Beberapa Pejabat Esselon II Kota Bekasi Terancam Dimutasi

Berita Terbaru

PT. Migas Kota Bekasi Terima Kunjungan Komisi III DPRD Banten

Seputar Bekasi

PT. Migas Kota Bekasi Terima Kunjungan Komisi III DPRD Banten

Sabtu, 4 Mei 2024 - 01:58 WIB

Foto: Lokasi PT. IC Bantargebang, Kota Bekasi

Seputar Bekasi

Waduh…!!!, Di Kota Bekasi Perusahaan Tanpa Plang Bebas Beroperasi

Jumat, 3 Mei 2024 - 18:18 WIB