Dua Pasien Positif Corona Dirawat di RSPI Sulianti Saroso

BERITA JAKARTA – Senin 2 Maret 2020 pagi, Presiden Joko Widodo (Jokowi) didampingin Menteri Kesehatan Terawan Agus Putranto, Menteri Sekretaris Negara Pratikno dan Sekretaris Kabinet Pramono Anung telah mengumumkan adanya 2 Warga Negara Indonesia (WNI) yang terkonfirmasi positif corona atau covid-19. Keduanya masih satu keluarga yakni ibu (64) dan anak (31).
Dalam konferensi pers di Kementerian Kesehatan, Menteri Kesehatan, Terawan Agus Putranto menyampaikan, bahwa keduanya terpapar virus corona dari kontak erat dengan warga negara Jepang yang berkunjung ke Indonesia.

“Tanggal 14 Februari terjadi kontak antara Warga negara Jepang yang tinggal di Malaysia kontak dekat dengan berdansa bersama WNI tersebut,” kata Menkes.

Pada 16 Februari warga negara Jepang tersebut kembali ke Malaysia. Sang anak merasa tidak nyaman seperti batuk-batuk dan menjalani rawat jalan. Setelah 10 hari berselang yakni pada tanggal 26 Februari batuknya tidak kunjung hilang. Akhirnya, sang anak minta untuk dievaluasi lebih ketat.

“Dalam keterangannya, yang bersangkutan mengatakan melakukan kontak dengan orang Jepang maka dia ditetapkan sebagai pasien dalam pengamatan, perlakuannya pun sama dengan dugaan infeksi,” imbuh Menkes.

Menkes menambahkan pada tanggal 28 Februari mendekati 29 Februari yang bersangkutan di telepon oleh temannya yang warga negara Jepang bahwa dia dinyatakanya positif corona dan dirawat di Malaysia.

Karena cerita tersebut, yang bersangkutan kemudian dipindahkan dari RS. Mitra Keluarga ke RSPI Sulianti Saroso. Disana dilakukan pemeriksaan dan telah diketahui hasilnya pada Senin 2 Maret 2020.

“Hasilnya pagi tadi dinyatakan positif dan diumumkan oleh Presiden Joko Widodo,” jelas Menkes.

Menkes menambahkan bahwa saat ini kondisi keduanya sehat dan perkembangannya pun akan terus dipantau oleh tim kesehatan terkait.

Baca Juga  Pemerintah Siapkan Rp110 Triliun Jaring Pengaman Sosial

“Saat ini keduanya dirawat di RSPI Sulianti Saroso, nantinya perkembangan kesehatan mereka akan terus dipantau. Kondisinya baik, artinya tidak ada demam, tidak ada sesak nafas,” pungkasnya. (Usan)

BeritaEkspres Group

Iklan

admin

Read Previous

3 Hari Diobservasi, Suhu Tubuh WNI ABK World Dream Normal

Read Next

Indonesia Pasok Pekerja Terampil Ke Perusahaan Perkapalan Jepang

Tinggalkan Balasan