Soal Proyek Gedung SMPN 3, BPPK-RI: Kita Lihat Kinerja Kejari Bekasi

- Jurnalis

Selasa, 11 Februari 2020 - 15:34 WIB

facebook twitter whatsapp telegram line copy

URL berhasil dicopy

facebook icon twitter icon whatsapp icon telegram icon line icon copy

URL berhasil dicopy

Kantor Kejaksaan Negeri Cikarang

Kantor Kejaksaan Negeri Cikarang

BERITA BEKASI – Ketua Badan Pencegahan Pemberantasan Korupsi Republik Indonesia (BPPK-RI), Jhonson Purban mengapresiasi langkah mahasiswa Pelita Bangsa di Bekasi yang sudah melaporkan termuannya terkait kualitas proyek pembangunan Gedung Unit Sekolah Baru (USB) SMP Negeri 3 Karang Bahagia, Kabupaten Bekasi, Jawa Barat, Senin (10/2/2020) kemarin.

Jhonson berharap, pungsi pengawasan lembaga Adiyaksa diwilayah dapat bekerja sebagaimana mestinya dalam mendukung program Pemerintah Pusat terkait semangat pencegahan dan pemberantsan korupsi disemua sektor yang berpotensi merugikan Negara.

Jhonson Purba, SH, MH

“Kita apresiasi adik-adik mahasiswa di Bekasi yang sudah ikut serta melakukan pengawasan pembangunan diwilayahnya. Laporan yang sudah disampaikan ke Kejari Bekasi merupakan langkah yang baik bahwa Negara kita adalah Negara hukum,” terangnya kepada Matafakta.com, Selasa (11/2/2020).

ADVERTISEMENT

ads

SCROLL TO RESUME CONTENT

Untuk itu, Jhonson pun berharap, Kejaksaan Negeri (Kejari) Cikarang, Kabupaten Bekasi jangan melemahkan semangat adik-adik para mahasiswa yang sudah ikut berperan dalam mengawasi perkembangan pembangunan diwilayahnya yang mereka anggap ada potensi kerugian Negara terkait kualitas pembangunan Gedung baru SMP Negeri 3 Karang Bahagia yang sempat viral di media sosial tersebut.

“Saya juga sempat mengamati video yang viral itu hasil investigasi adik-adik mahasiswa dilapangan meski saya tidak melihat langsung kelapangan, tapi cukup prihatin dengan kualitas pekerjaannya yang dikerjakan pihak ke-3 yakni, PT. Ratu Angun Pribumi (RAP). Terlebih lagi, proyek pembangunan tersebut bersumber dari APBD yang seharusnya dikelola dan diawasi dengan baik,” jelas Jhonson.

Baca Juga :  Majelis Hakim PN Jakpus Diminta Tetapkan Barang Bukti Milik Penggugat
Gedung Baru SMPN 3 Karang Bahagia

Lebih lanjut Jhonson mengungkapkan, pemberitaan tentang kualitas pekerjaan infrasetruktur baik jalan ataupun gedung yang bersumber dari anggaran Pemerintah khususnya diwilayah Kabupaten Bekasi banyak dikeluhkan diberbagai media ataupun sosmed, sehingga kinerja para aparatur Pemerintah setempat, harus menjadi perhatian karena selalu menjadi bahan sorotan.

“Kualitas pekerjaan infrasetruktur di Wilayah Kabupaten Bekasi banyak dikeluhkan. Terakhir kalau ngak salah ingat proyek pengecoran Jalan di Kebalen itu sempat juga ramai. Sekarang ramai lagi proyek pembangunan Gedung baru SMP Negeri 3 Karang Bahagia ini perlu menjadi perhatian kinerja aparat Pemerintah setempat juga lembaga pengawasan yang lain seperti Kejaksaan. Jadi, kita tunggu aja hasil dari laporan adik-adik mahasiswa tersebut,” pungkas Jhonson.

Sebelumnya, Kejari Cikarang, Kabupaten Bekasi, menerima kedatangan rombongan mahasiswa Universitas Pelita Bangsa yang melaporkan proyek pembangunan Gedung Unit Sekolah Baru (USB) SMP Negeri 3 Karang Bahagia, Kabupaten Bekasi, Jawa Barat.

Baca Juga :  LIAR Ingatkan Polres Soal Kasus Rp5 Miliar Alat Olahraga Dispora Kota Bekasi

Kedatangan para mahasiswa, diterima langsung Kepala Kejaksaan Negeri Cikarang, Kabupaten Bekasi, RR. Mahayu Dian Suryandari bersama Kepala Seksi Intelejen (Kasi Intel), Haerdin. Namun, pihak Kejari Cikarang Bekasi, belum bisa memberikan komentar lebih jauh, karena harus melakukan tela’ah atas laporan yang diterimanya dari para mahasiswa terkait proyek pembangunan Gedung baru SMP Negeri 3 Karang Bahagia, Kabupaten Bekasi.

Sebelumnya, viral unggahan video mahasiswa yang melakukan investigasi Gedung baru SMP Negeri 3 Karang Bahagia, Kabupaten Bekasi, yang menelan anggaran sebesar Rp13,2 miliar, belum sempat dipergunakan, sudah mengalami kerusakan dibeberapa bagian.

Diketahui, pembangunan Gedung baru SMP Negeri 3 Karang Bahagia dimenangkan lelangnya oleh PT. Ratu Angun Pribumi (RAP) dengan penawaran Rp13.202,776.000 atau 13,2 miliar dari pagu anggaran sebesar Rp15.273.925.000 atau Rp15,2 milliar dan selesai 2019.

Dari data LSM Sniper, Gunawan mengungkap, selain anggaran Rp13,2 miliar ditemukan juga adanya biaya Detail Engineering Design (DED) sebesar Rp270 juta dan jasa konsultan pengawas sebesar Rp200 juta, namun hasilnya bangunan Gedung baru yang belum sempat dipergunakan itu mengalami kerusakan dibeberapa bagian Gedung. (Indra/Mul)

Berita Terkait

Majelis Hakim PN Jakpus Diminta Tetapkan Barang Bukti Milik Penggugat
LIAR Ingatkan Polres Soal Kasus Rp5 Miliar Alat Olahraga Dispora Kota Bekasi
Majelis Hakim PN Jakarta Pusat Bantarkan Edy Gunawan ke RS
Kasie Pidum Jakpus Ralat Tuduhan “Keanehan” Dalam Kasus Narkoba
Kejari Jakbar Terima Berkas Kasus Ujaran Kebencian Tersangka AB
Asik Berlayar Tanpa Surat Izin Terdakwa Junaidi Dituntut 6 Bulan Penjara
Persidangan Kasus Arif Edison Hadirkan Ahli ITE dan Ahli Hukum Data Pribadi
Kasie Datun Kejari Jakut Sidangkan Pasutri Gelapkan Dana PT. IFB Belasan Miliar
Berita ini 0 kali dibaca

Berita Terkait

Kamis, 29 Februari 2024 - 16:28 WIB

Industry Terbesar Asia, Mbah Goen: Kabupaten Bekasi Hanya Jadi Asbak Pengusaha

Kamis, 29 Februari 2024 - 10:12 WIB

LQ Pertanyakan Kepastian Hukum Dalam Perkara Pidana Guru Besar IPB

Rabu, 28 Februari 2024 - 16:48 WIB

Jaksa KPK Sebut Dugaan Uang Hasil Pemerasan SYL Sebesar Rp44,5 Miliar

Selasa, 27 Februari 2024 - 21:43 WIB

Gugatan Ditolak, Kuasa Hukum Bakal Laporkan Hakim Delta Tamtama ke KY

Selasa, 27 Februari 2024 - 19:35 WIB

Cabang LQ Indonesia Law Firm Kembali Hadir di Kembangan Jakarta Barat

Selasa, 27 Februari 2024 - 19:19 WIB

Dugaan TPPU Setnov Tak Kunjung Tuntas, LP3HI Gugat Bareskim Polri

Jumat, 23 Februari 2024 - 15:04 WIB

AMPUH: Baiknya Pengusul Hak Angket Pertimbangkan Masukan Wakil Ketua MPR

Jumat, 23 Februari 2024 - 09:48 WIB

Ini Kata Kuasa Hukum Nasabah Prudential Bicara di Podcast Quotient TV

Berita Terbaru

Foto: Gedung Dispora Kota Bekasi

Seputar Bekasi

Kabarnya, Dua Anggaran Dispora Kota Bekasi Beraroma Korupsi

Kamis, 29 Feb 2024 - 19:02 WIB

Foto: Ketum LSM Sniper Indonesia: Gunawan

Seputar Bekasi

Ini Gagasan Gunawan SNIPER Untuk Meningkatkan PAD Kabupaten Bekasi

Kamis, 29 Feb 2024 - 15:39 WIB