Diberhentikan Mendadak, FKMPB: Ini Sosok Pj Kades Sumberjaya Sofyan Hakim  

- Jurnalis

Selasa, 15 Oktober 2024 - 00:44 WIB

facebook twitter whatsapp telegram line copy

URL berhasil dicopy

facebook icon twitter icon whatsapp icon telegram icon line icon copy

URL berhasil dicopy

Foto: Sofyan Hakim

Foto: Sofyan Hakim

BERITA BEKASI – Sosok Sofyan Hakim yang tergeser dari posisinya sebagai Pj Kepala Desa (Kades) Sumberjaya, Tambun Selatan, Kabupaten Bekasi, rupanya bukan sekedar PNS biasa dilingkungan Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bekasi, Jawa Barat, Senin (14/10/2024).

Sofyan Hakim pada 18 September 2018, pernah menerima “Satyalancana Karya” sebagai tanda kehormatan yang diberikan oleh Presiden Ir. Joko Widodo (Jokowi) kepada Pegawai Negeri Sipil (PNS) yang memiliki loyalitas dan dedikasi yang baik.

Tanda kehormatan, Satyalencana Karya diberikan Presiden RI kepada PNS yang diterima Sofyan Hakim, karena telah menunjukkan kesetiaan, pengabdian, kecakapan, kejujuran dan kedisiplinannya dalam melaksanakan tugas pada Badan Pendapatan Daerah, Kabupaten Bekasi.

ADVERTISEMENT

SCROLL TO RESUME CONTENT

Namun sayang, niatnya ingin membenahi Desanya sendiri dengan posisinya yang diangkat sebagai Pj Kades Sumberjaya, Tambun Selatan, tidak diterima dengan baik. Posisinya mendadak digeser ketika mulai menerapkan disiplin dalam mengelola Dana Desa (DD).

Konon kabarnya, penggeseran Sofyan Hakim dari posisinya sebagai Pj Kades Sumberjaya, Tambun Selatan, adanya surat dari Badan Permusyawaratan Desa (BPD) yang diduga berkolaborasi dengan Camat Tambun Selatan kepada DPMD Kabupaten Bekasi.

Baca Juga :  Survei EII, Herkos-Solihin Ungguli Kandidat Lain di Pilkada Kota Bekasi

Usut punya usut, ternyata Kabag Hukum Pemerintah Kabupaten Bekasi sendiri, tidak mengetahui alasan dasar pemberhentian Sofyan Hakim dari jabatannya sebagai Pj Kades Sumberjaya yang seharusnya menjabat sampai terpilihnya Kades Sumberjaya definitif.

Bahkan Kepala Kabag Hukum Pemerintah Kabupaten Bekasi, Supryadi mengaku saat menerima laporan terhadap Sofyan Hakim pernah menyarankan agar jabatan Sofyan Hakim dilanjutkan sesuai Surat Keputusan (SK) sampai terpilihnya Kades Sumberjaya definitif.

Namun saran tersebut, diabaikan Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (DPMD) Kabupaten Bekasi yang tetap melaksanakan pemberhentian Sofyan Hakim dari jabatannya sebagai Pj Kades Sumberjaya yang digantikan Pj Sumardi dengan rangkap jabatan.

Hal itupun memancing reaksi Ketua Forum Komunikasi Masyarakat Peduli Bekasi (FKMPB), Eko Setiawan yang menilai bahwa pemberhentian Sofyan Hakim dari jabatannya selaku Pj Kades Sumberjaya, tidak sesuai dengan aturan dan regulasi.

“Negara punya aturan dan regulasi sesuai dengan perundang undangan, bukan sesuai selera pejabat yang sewenang-wenang untuk kepentingan kelompok atau peribadinya. Sofyan itu awal tahu akan diganti melalui pesan whatsapp Kasipem Kecamatan,” ujar Eko.

Baca Juga :  Gelar Dialog, PMII Kabupaten Bekasi Apresiasi Kehadiran Dani Ramdan

Bahkan, Eko menuding, Pj Bupati Bekasi, DPMD dan Camat Tambun Selatan diduga melindungi korupsi yang terjadi di Desa Sumberjaya, Tambun Selatan, terkait pengelolaan Dana Desa yang tidak terbuka dan transparan.

“Bicara regulasi, Bupati akan menandatangani SK pejabat harus melalui Biro Hukum sebagai bahan kajian sebelum ditandatangani. Ini Biro Hukum saja tidak tahu dasar dan alasan pemberhentian Pj Sofyan,” ungkap Eko.

Untuk itu, tambah Eko pihaknya, FKMPB meminta Kabag Hukum Pemkab Bekasi untuk ikut bertanggungjawab atas kesalahan regulasi pemberhentian Sofyan Hakim selaku Pj Kades Sumberjaya, Tambun Selatan.

“Kami masih tunggu keseriusan dari Biro Hukum untuk menyikapi persoalan pemberhentian Pj Kades Sofyan Hakim. Sebab, kami ingin aturan dan regulasi dijalankan di Kabupaten Bekasi, bukan berdasarkan selera,” pungkasnya. (Hasrul)

Berita Terkait

JNW: Masyarakat Kota Bekasi Harus Cerdas di Pilkada 2024
Survei EII, Herkos-Solihin Ungguli Kandidat Lain di Pilkada Kota Bekasi
Gelar Dialog, PMII Kabupaten Bekasi Apresiasi Kehadiran Dani Ramdan
Nah Lho…!!!, Janji Proyek Pejabat di Kota Bekasi Tak Kunjung Turun
Pilkada Kota Bekasi, Penasihat HPMBI “Ogah” Dukung Calon Bau Korupsi
Ketua PAC PPP Babelan Terima Ambulance Gratis Bantu Masyarakat
Soal Konflik Parkir SNK, Warga Paguyuban Sesalkan Kebijakan Tri Adhianto
Hadir di Festival Musik “Bekasi Ambyar” Tri Adhianto Jadi Sorotan
Berita ini 49 kali dibaca

Berita Terkait

Selasa, 15 Oktober 2024 - 00:44 WIB

Diberhentikan Mendadak, FKMPB: Ini Sosok Pj Kades Sumberjaya Sofyan Hakim  

Senin, 14 Oktober 2024 - 15:25 WIB

JNW: Masyarakat Kota Bekasi Harus Cerdas di Pilkada 2024

Senin, 14 Oktober 2024 - 13:43 WIB

Gelar Dialog, PMII Kabupaten Bekasi Apresiasi Kehadiran Dani Ramdan

Senin, 14 Oktober 2024 - 13:35 WIB

Nah Lho…!!!, Janji Proyek Pejabat di Kota Bekasi Tak Kunjung Turun

Senin, 14 Oktober 2024 - 10:30 WIB

Pilkada Kota Bekasi, Penasihat HPMBI “Ogah” Dukung Calon Bau Korupsi

Berita Terbaru

Kordinator MAKI, Boyamin Saiman

Berita Utama

Kasus PT. Timah, MAKI: Jampidsus Tutup Mulut Soal RBS

Senin, 14 Okt 2024 - 16:07 WIB

Ilustrasi

Seputar Bekasi

JNW: Masyarakat Kota Bekasi Harus Cerdas di Pilkada 2024

Senin, 14 Okt 2024 - 15:25 WIB