JNW: Meski Setiap Tahun Dianggarkan Banjir Kota Bekasi Belum Berkurang  

- Jurnalis

Selasa, 16 April 2024 - 15:38 WIB

facebook twitter whatsapp telegram line copy

URL berhasil dicopy

facebook icon twitter icon whatsapp icon telegram icon line icon copy

URL berhasil dicopy

Foto: Banjir Kota Bekasi

Foto: Banjir Kota Bekasi

BERITA BEKASI – Akibat curah hujan pada Jumat 12 April 2024 kemarin, sejumlah wilayah di Kota Bekasi, Jawa Barat, terendam banjir. BPBD Kota Bekasi mencatat rumah warga yang terendam banjir tersebut sebagian kondisinya sedang ditinggal mudik para pemiliknya.

Sedikitnya, terdapat 500 lebih Kepala Keluarga (KK) pada 3 Wilayah Kecamatan diantaranya, Kecamatan Bekasi Selatan, Jatiasih, Pondokgede, Bekasi Barat dan Kecamatan Bekasi Timur, terendam banjir.

Banjir tidak hanya merendam pemukiman warga, beberapa ruas Jalan Kota Bekasi pun tergenang air hingga 30 hingga 60 centi meter.

ADVERTISEMENT

SCROLL TO RESUME CONTENT

“Tidak hanya dipermukiman warga, banjir juga merendam sejumlah ruas jalan di Kota Bekasi dengan ketinggian muka airnya mencapai 30-60 sentimeter,” kata Kepala Pusat Data, Informasi, dan Komunikasi Kebencanaan BNPB Kota Bekasi, Abdul Kuhari.

BPBD Kota Bekasi bersama Organisasi Perangkat Daerah (OPD) Kota Bekasi menerjunkan personel guna melakukan penanganan mulai dari monitoring dan kaji cepat membantu warga evakuasi diri dan barang-barang berharga milik korban banjir serta penanganan tanggul yang jebol.

“Kondisi pada Sabtu 13 April 2024 pagi banjir terpantau sudah berangsur surut dibeberapa wilayah. Kendati demikian, BPBD Kota Bekasi masih menyiagakan personel guna melakukan monitoring pasca banjir akibat tanggul yang jebol,” tandasnya.

Baca Juga :  Ratusan PHL Kali Asem Kembali Datangi Pemkot Bekasi

Berdasarkan prakiraan cuaca, di wilayah Bekasi masih berpotensi terjadinya hujan dengan intensitas ringan hingga sedang dalam dua hari ke depan disertai angin.

Sekedar diketahui, Pemerintah Kota (Pemkot) Bekasi sebelumnya sering mengadakan lelang pengadaan pompa penyedot banjir yang ditempatkan dititik rawan banjir.

Menanggapi hal tersebut, Ketua Umum Jaringan Nusantara Watch (JNW) Indra Sukma mengatakan, anggaran untuk penanggulangan banjir di Kota Bekasi sudah cukup lumayan besar digelontorkan Pemerintah Kota (Pemkot) Bekasi.

“Trus gimana dengan fungsi Pompa bermerk Alkon yang dibelanjakan Dinas Binamarga dan Sumber Daya Air atau DBMSDA Kota Bekasi senilai Rp18 miliar, sumur resapan Rp4,2 miliar dan untuk tahun 2024 malah kembali dianggarkan Rp1,8 miliar,” kata Indra kepada Matafakta.com, Selasa (16/4/2024).

Selain itu, lanjut Indra, DED Drainase hingga pembuatan tandon atau folder penampung air yang faktanya belum mengurangi atau dirasakan manfaatnya baik bagi warga korban banjir dan warga yang terdampak banjir pada ruas jalan yang terendam banjir di Kota Bekasi.

“Lucunya keadaan itu, tak sedikit justru menuding kinerja Pj Walikota Bekasi, Raden Gani Muhamad yang dianggap cuek hingga nitezen menilai jika Pj Walikota Bekasi tidak ada kerjanya atau tidak becus bekerja,” imbuhnya.

Baca Juga :  Pasca Pemberitaan Proyek Conblock SDN 02 Kebalen Dadakan Pasang Plang

Padahal, lanjut Indra, sejak 2022 dan 2023 DBMSDA Kota Bekasi yang dipimpin adik ipar mantan Plt Walikota Bekasi, Tri Adhianto itu tak sedikit menggelontorkan biaya besar dari APBD Kota Bekasi yang bertujuan sebagai langkah penanggulanan banjir di Kota Bekasi.

“Namun fakta yang ada, banjir hingga beberapa ruas jalanpun justru terkesan seperti disengaja agar situasi tersebut dapat menjadikan kondisi situasi yang dapat menyerang Pj Walikota Bekasi yang dituding tidak becus bekerja,” ulasnya.

Padahal, tambah Indra, kalau kita mau evaluasi kebelakang, Tri Adhianto selama 5 tahun lebih menjabat sebagai Kepala Dinas PUPR yang sekarang berubah menjadi DBMSDA yang ditugaskan untuk mengatasi atau mengurangi titik rawan banjir di Kota Bekasi.

“Hingga Tri menjabat Plt hingga definitif Walikota Bekasi sebulan dan berakhir September 2023, Tri justru terkesan lepas tangan yang mestinya lebih bertanggung jawab atas banjir yang terjadi disaat Perayaan Hari Raya Iddul Fitri 2024 ini,” pungkas Indra. (Dhendi)

Berita Terkait

Pakar Hukum: Urgensinya Apa Dirut Perumda Bhagasasi Dilantik Tengah Malam
Waduh…!!!, di Kabupaten Bekasi Lantik Pejabat BUMD Jelang Tengah Malam
Dukung Pencalonan Tri Adhianto, MUI Kota Bekasi Terpapar Politik Praktis
Cegah Penyakit DBD, RT01 Perumahan VGH Kebalen Gelar Fogging  
DR. Weldy: Urgensinya Apa Akomodasi PPK dan PPS Plesiran ke Bali
GMBI Kota Bekasi: Klarifikasi Jajaran PSI Akui Akomodasi Plesiran ke Beli
Polres Kabupaten Bekasi Didesak Usut Pengancaman Keluarga Pirlen Sirait
Pasca Pemberitaan Proyek Conblock SDN 02 Kebalen Dadakan Pasang Plang
Berita ini 76 kali dibaca

Berita Terkait

Selasa, 21 Mei 2024 - 12:40 WIB

Pakar Hukum: Urgensinya Apa Dirut Perumda Bhagasasi Dilantik Tengah Malam

Senin, 20 Mei 2024 - 16:43 WIB

Waduh…!!!, di Kabupaten Bekasi Lantik Pejabat BUMD Jelang Tengah Malam

Senin, 20 Mei 2024 - 09:41 WIB

Cegah Penyakit DBD, RT01 Perumahan VGH Kebalen Gelar Fogging  

Senin, 20 Mei 2024 - 08:28 WIB

DR. Weldy: Urgensinya Apa Akomodasi PPK dan PPS Plesiran ke Bali

Senin, 20 Mei 2024 - 07:28 WIB

GMBI Kota Bekasi: Klarifikasi Jajaran PSI Akui Akomodasi Plesiran ke Beli

Minggu, 19 Mei 2024 - 17:52 WIB

Polres Kabupaten Bekasi Didesak Usut Pengancaman Keluarga Pirlen Sirait

Jumat, 17 Mei 2024 - 17:13 WIB

Pasca Pemberitaan Proyek Conblock SDN 02 Kebalen Dadakan Pasang Plang

Jumat, 17 Mei 2024 - 16:04 WIB

Pengurus PWI Bekasi Raya Bakal Dilantik 26 Juni 2024

Berita Terbaru

Foto: Alvin Lim, SH, MH

Berita Utama

Kasus Mafia Tanah Marak, DPR RI Diminta Angket Kementrian ATR BPN

Senin, 20 Mei 2024 - 22:43 WIB

Foto: Samuel F Silaen

Berita Utama

Hadiah Fenomenal Reformasi 1998 Hingga Kembali ke Neo Orde Baru! 

Senin, 20 Mei 2024 - 14:39 WIB