EO MAN 1 Kota Bekasi Resmi Jadi Tersangka Penipuan dan Penggelapan

- Jurnalis

Selasa, 13 Juni 2023 - 12:17 WIB

facebook twitter whatsapp telegram line copy

URL berhasil dicopy

facebook icon twitter icon whatsapp icon telegram icon line icon copy

URL berhasil dicopy

MAN 1 Kota Bekasi

MAN 1 Kota Bekasi

BERITA BEKASI – Event Organizer (EO) CV. Maju Sukses Bersama (MSB) Group, Aditya Rizki Permana resmi jadi tersangka dugaan Penipuan dan Penggelapan sesuai Pasal 378 dan 372 KUHP dengan ancaman pidana 4 tahun penjara.

Hal itu diungkapkan, Kapolsek Bekasi Utara, Kompol Arwan A, SH, MM saat gelar press release dihalaman Polsek Bekasi Utara di Jalan Prima Harapan Regency Kota Bekasi didampingi, Ipda Sasmita, Iptu MY. Saputra, Ipda Mugo K dan Iptu Sukamto.

Pelapor atau korban, Kepala Sekolah (Kepsek) Madrasah Aliyah Negeri (MAN) 1, Jalan Markisa Raya, RT04/RW07, Teluk Pucung, Bekasi Utara, Kota Bekasi, Lukmanul Hakim, diwakili Kuasa Hukumnya, Samsudin Nurseha, SH.

ADVERTISEMENT

ads

SCROLL TO RESUME CONTENT

Dalam kasus itu, penyidik Polsek Bekasi Utara, telah memeriksa dua orang saksi yang diambil keterangannya yakni, Devi Latifah staff MSB Group yang tak lain diduga istri tersangka, Aditya Rizki Permana dan Wahyu Jati Sumarno dari PO. Bus Amara.

Sementara, barang bukti yang disita penyidik Polsek Bekasi Utara, berupa bukti kwitansi pembayaran peserta tour, slip transfer pembayaran peserta tour, proposal CV. Maju Sukses Bersama dengan merk dagang Jogja Holiday Centre (JHC) dan perjanjian kerjasama.

Baca Juga :  2 Bulan Buron, Penipu Jual Beli Bibit Lobster Dibekuk Polres Jepara

Selain itu, print out bukti M Banking rekening BCA Nomor: 7635074990 atas nama tersangka Aditya Rizki Permana dan 1 unit sepeda motor Yamaha R-15 tahun 2022 warna hitam Nopol B 5140 KAM berikut STNK asli milik tersangka.

Dalam press releasenya kasus tersebut bermula sekira bulan Januari 2023, terlapor mengajukan proposal tour dan travel ke sekolah MAN 1 Kota Bekasi dengan menggunakan nama perusahaan CV. Maju Sukses Bersama (MSB) yang fiktif dan tidak ada akta pendiriannya dengan merk dagang Jogja Holiday Centre.

Setelah itu, terlapor diminta datang ke sekolah dan melakukan presentase dan terlapor terpilih sebagai EO Event Orgaizer tour yang akan dilaksanakan pada tanggal 8 Juni 2023 dengan Wisata Tour Jogja, dengan biaya peserta sebesar Rp2 juta dengan jumlah peserta sebanyak 288 siswa.

Kemudian terlapor menerima pembayaran secara bertahap sebanyak 19 kali sejak 12 Januari 2023 sampai dengan 21 Mei 2023 dan pembayaran dari pihak sekolah MAN 1 Kota Bekasi dilakukan dengan cara tranfer dan tunai di sekolah MAN 1, dengan uang pembayaran yang telah terlapor terima total sebesar Rp474 juta.

Baca Juga :  2 Bulan Buron, Penipu Jual Beli Bibit Lobster Dibekuk Polres Jepara

Kemudian pada saat menunggu keberangkatan Study Tour yang akan di selenggarakan, kendaraan baru tersedia 4 unit bus. Sementara yang harus dipersiapkan sebanyak 8 unit bus, sehingga pelapor menanyakan kepada terlapor bagaimana kesiapan pelaksanaan Study Tour, dikarenakan terlapor beralasan siap berangkat.

Selanjutnya, pelapor melakukan pengecekan kepada pihak bus namun didapati keterangan bahwa pihak bus hanya dipesan 4 unit dan belum dilakukan pembayaran kemudian pelapor juga melakukan pengecekan kepada pihak hotel yang dijanjikan terlapor dan diketahui bahwa tidak ada pembokingan kepihak hotel oleh terlapor.

Kemudian pada tanggal 9 Juni 2023 pihak MAN 1 meminta untuk kepastian keberangkatan Study Tour, setelah ditanyakan kepada terlapor tidak ada kepastian, kemudian pihak sekolah MAN 1 merasa bertanggung jawab melaporkan EO kepihak Kepolisian Polsek Bekasi Utara.

Pelaku Aditya Rizki Permana selaku EO MSB Group sendiri telah mengakui bahwa uang anggaran yang telah disetorkan pihak sekolah MAN 1 Kota Bekasi tersebut sudah tidak ada dan dipergunakan untuk kepentingan pribadi. Atas kejadian tersebut pelapor mengalami kerugian sebesar Rp474 juta. (Edo)

Berita Terkait

2 Bulan Buron, Penipu Jual Beli Bibit Lobster Dibekuk Polres Jepara
AWIBB Desak Polres Lebak Banten Tangkap Pelaku Pengeroyokan Wartawan
KORPRI Pelita Bangsa dan RPA Pertanyakan Kasus Pelecehan Anak di Cibitung Bekasi
Oknum Kades Hurip Jaya Bekasi Palsukan Puluhan Sertifikat Dengan Nama Berbeda
Bea Cukai Bekasi Musnahkan Ribuan Rokok Ilegal dan Minuman Alkohol Tanpa Izin
Jadi Lokasi Parkir Liar, LQ Indonesia Law Firm Bongkar Modus Mafia Tanah
Ini Beberapa Pengungkapan Kasus Polres Metro Bekasi Bersama Unit Reskrim
Polres Metro Bekasi Ungkap Kasus Kaka Bunuh Adik Kandung
Berita ini 4 kali dibaca

Berita Terkait

Kamis, 29 Februari 2024 - 15:39 WIB

Ini Gagasan Gunawan SNIPER Untuk Meningkatkan PAD Kabupaten Bekasi

Rabu, 21 Februari 2024 - 08:18 WIB

Larang dan Usir Warga, LIAR Segera Laporkan PPK Cibitung ke Bawaslu dan DKPP

Selasa, 20 Februari 2024 - 16:21 WIB

TMMD ke-119 Tahun 2024 di Desa Karang Mukti Kecamatan Karang Bahagia

Jumat, 16 Februari 2024 - 16:08 WIB

Heboh, Pemdes Sumberjaya Bekasi Sunat Uang OP Per-KPPS Rp510 Ribu  

Rabu, 14 Februari 2024 - 11:20 WIB

Darsum Caleg Demokrat Dapil 7 Kabupaten Bekasi Datangi TPS Bersama Anak & Istri

Rabu, 14 Februari 2024 - 01:08 WIB

Malam Pencoblosan, Sejumlah Caleg DPRD Kabupaten Bekasi Tebar Amplop

Selasa, 13 Februari 2024 - 12:17 WIB

Viral Serangan Fajar, Praktisi Hukum: Aturan Harus Tegak Demi Keadilan

Senin, 12 Februari 2024 - 14:53 WIB

Bocor Ajakan TKK Dukung Tri Adhianto Lolos Jadi Walikota Bekasi   

Berita Terbaru