Kades Cipayung Kembali Perbaiki Jalan Longsor di Ranca Iga Cikarang Timur

- Jurnalis

Kamis, 1 Juni 2023 - 22:09 WIB

facebook twitter whatsapp telegram line copy

URL berhasil dicopy

facebook icon twitter icon whatsapp icon telegram icon line icon copy

URL berhasil dicopy

Foto: Kades Cipayung, Cikarang Timur, H. Ajan

Foto: Kades Cipayung, Cikarang Timur, H. Ajan

BERITA BEKASI – Bertepatan dengan peringatan hari lahir (Harlah) Pancasila 1 Juni 2023, Kepala Desa (Kades) Cipayung, Kecamatan Cikarang Timur, Kabupaten Bekasi, ajak warga beserta pegawainya kerja bakti perbaiki Jalan yang rusak dan longsor di Dusun II Kampung Ranca Iga.

Kepada Matafakta.com, Kepala Desa Cipayung, H. Ajan menuturkan, banyak cara bagi seluruh generasi penerus bangsa untuk mengenang, menghormati, menghargai perjuangan para pendiri bangsa dalam merumuskan Pancasila sebagai Dasar Negara Indonesia.

Diantaranya, sambung H. Ajan seperti yang sekarang kita lakukan Pemerintah Desa (Pemdes) bersama-sama dengan warga atau masyarakat untuk memperbaiki akses Jalan sebagai bentuk upaya kita dalam meningkatkan kesejahteraan masyarakat sesuai dengan kemampuan kita.

ADVERTISEMENT

SCROLL TO RESUME CONTENT

“Tahun lalu jalan ini sudah kita perbaiki diuruk dengan menggunakan limstun. Dan hari ini, Kamis bertepatan dengan hari lahir Pancasila 1 Juni 2023, Jalan ini kembali kita perbaiki, karena longsor yang cukup parah,” kata H. Ajan dilokasi kegiatan.

Sebelum terjadi, lanjut H. Ajan, longsor parah ia bersama perangkat Desa dan warga kembali melakukan kerja bakti perbaikan Jalan dengan menggunakan cerucuk bambu di sisi jalan yang bersebelahan dengan Sungai dan badan Jalan yang amblas. Pekan depan kita uruk lagi.

Baca Juga :  Eks Walikota Bekasi M2 Masih di Hati Masyarakat Kota Bekasi

“Jalan Ranca Iga yang terletak di Dusun II RT002/RW004, Desa Cipayung Kecamatan Cikarang Timur ini menjadi Jalan Alternatif warga yang berada tidak jauh dari Sungai Cibeet dan selalu terjadi longsor,” ungkapnya.

Bahkan, sambung H. Ajan, satu tahun lalu Jalan ini sempat terputus akibat air Sungai Cibe’et meluap kemudian atas inisiatifnya bersama Aparatur Desa dan warga akhirnya Jalan ini diperbaiki dan bisa kembali dilalui mobil dan sepeda motor.

“Perbaikan jalan ini, terus berlanjut hingga minggu depan dan warga pun sangat mendukung bahkan siap kerja bakti hingga Jalan ini bisa dilalui kendaraan warga dengan aman dan aktifitas warga pun bisa kembali lancar,” terangnya.

H. Ajan mengaku, sudah pernah mengajukan perbaikan Jalan melalui Musyawarah Perencanaan Pembangunan (Musrenbang) Kecamatan Cikarang Timur ke Pemerintah Daerah (Pemda) Kabupaten Bekasi tetapi belum juga terealisasi.

“Sejak 2020-2021 lalu, kami sudah ajukan ke Pemda Kabupaten Bekasi melalui Musrenbang bahkan kami juga sudah minta Anggota DPRD untuk membantu mengawal dan menganggarkan pengajuan perbaikan Jalan itu, tetapi tetap saja hingga tahun ini belum juga terealisasi,” keluhnya.

Dikatakan H. Ajan, kondisi jalan yang amblas dan longsor itu sebagian berada di sisi Sungai Cibe,et. Pihaknya pun juga sempat mengajukan permohonan perbaikan ke Balai Besar Wilayah Sungai Citarum (BBWS) Provinsi Jawa Barat, tetapi hingga saat ini tetap belum juga ada realisasi.

Baca Juga :  Balon Walikota Bekasi Adi Bunardi Minta DPC PDIP Siapkan Panggung Debat

“Sudah 5 tahun lebih ruas Jalan itu amblas dan longsor total ada dua titik dengan panjang sekitar 300 meter lebih,” terang dia.

Karena itu Jalan, kata H. Ajan, sangat dibutuhkan warga untuk akses keluar masuk kendaraan menuju ke Jalan Utama. Maka itu, bersama warga memperbaikinya sendiri dengan alat dan bahan seadanya.

“Jika akses Jalannya bagus, kendaraan roda dua dan roda empat pun bisa melintas maka secara otomatis kesejahteraan warga bisa meningkat, tetapi pada kenyataannya hingga hari ini belum juga ada perbaikan dari Pemerintah Kabupaten Bekasi,” ulasnya.

Kembali kami memohon, tambah H. Ajan, kepada Kepala Daerah, Anggota DPRD Kabupaten Bekasi serta stakeholder yang ada agar memperioritaskan kebutuhan warga masyarakat kami yaitu perbaikan Jalan Kampung Ranca Iga.

“Sekali lagi, pada momentum peringatan hari lahir Pancasila 1 Juni tahun 2023 ini, kami kembali memohon kepada Pemerintah Daerah dan DPRD Kabupaten Bekasi agar merealisasikan harapan kami untuk dapat perbaikan Jalan Ranca Iga,” pungkasnya. (Mul)

Berita Terkait

Yan Rasyad Diharapkan Maju di Pemilihan Walikota Bekasi
Pj Walikota Bekasi Tepis Isue Dilamar Jadi Bakal Calon Wakil Walikota Bekasi
Masyarakat Berbagai Elemen Dukung Dani Ramdan Kembali Jabat Pj Bupati Bekasi
Ade Muksin Terpilih Jadi Ketua PWI Bekasi Raya Periode 2024-2027
Tunggak Kontribusi, Pemkot Bekasi Ambil Alih Pengelolaan Pasar Pondok Gede
Eks Walikota Bekasi M2 Masih di Hati Masyarakat Kota Bekasi
Kong Mpe Ajak Masyarakat Kabupaten Bekasi Sukseskan MTQ Tingkat Provinsi Ke-38
Balon Walikota Bekasi Adi Bunardi Minta DPC PDIP Siapkan Panggung Debat
Berita ini 28 kali dibaca

Berita Terkait

Rabu, 24 April 2024 - 20:34 WIB

Kejati Sumsel Tahap Duakan Kasus Korupsi Yayasan Batanghari 9 ke Penuntut Umum

Rabu, 24 April 2024 - 00:11 WIB

Kejati DKI Tahan Mantan Dir Investasi dan Pengelolaan Dapen PT. BA

Senin, 22 April 2024 - 22:43 WIB

Penyidik Pidsus Kejati DKI Tahan 4 Tersangka Pengelola Dana Dapen PT. BA

Senin, 22 April 2024 - 12:36 WIB

Buron 7 Tahun Terpidana Perpajakan Berhasil Ditangkap Satgas SIRI Kejagung

Kamis, 18 April 2024 - 23:01 WIB

Disparitas Sidang Korupsi dan Sandal Jepit

Kamis, 18 April 2024 - 15:40 WIB

Agenda Sidang Tak Jelas, Ruang Ali Said PN Jakpus Disesaki Pengunjung

Kamis, 18 April 2024 - 14:17 WIB

Jadwal Sidang Tak Menentu, Pencari Keadilan di PN Jakpus Kecewa

Kamis, 18 April 2024 - 11:13 WIB

Selama 3 Bulan, Kejati Jateng Berhasil Eksekusi 5 DPO Korupsi  

Berita Terbaru

Foto: H. Abdul Rosyad Irwan Siswadi, SE

Seputar Bekasi

Yan Rasyad Diharapkan Maju di Pemilihan Walikota Bekasi

Jumat, 26 Apr 2024 - 19:16 WIB

Foto: Advokat Raden Nuh

Berita Utama

Diduga, Oknum Jaksa Kejari Jakpus Langgar Kode Prilaku Jaksa

Kamis, 25 Apr 2024 - 10:03 WIB