OJK Nyatakan PT. MPIP Raja Sapta Oktohari Tak Kantongi Izin Keuangan

- Jurnalis

Selasa, 31 Mei 2022 - 12:13 WIB

facebook twitter whatsapp telegram line copy

URL berhasil dicopy

facebook icon twitter icon whatsapp icon telegram icon line icon copy

URL berhasil dicopy

Raja Sapta Oktohari (RSO)

Raja Sapta Oktohari (RSO)

BERITA JAKARTA – Raja Sapta Oktohari figur dibalik penipuan dana masyarakat illegal senilai Rp7,5 triliun melalui PT. Mahkota Properti Indo Permata (MPIP), berhasil memperdaya ribuan korban melalui penjualan Medium Term Note (MTM).

Dalam acara “Mahkota Extravaganza” akhir 2019 di Kota Malang, Okto panggilan akrab Raja Sapta Oktohari (RSO) menyampaikan “Saya Raja Sapta Oktohari mengundang saudara, jika sebelumnya menikmati bunga maka akan menikmati dividen dari perusahaan mulai Rp50 juta hingga triliunan rupiah,” kata Okto.

Namun, malang pula nasib para pengunjung “Mahkota Extravaganza” akhir 2019 di Kota Malang yang menaruh uang bukannya dapat bunga dan dividen sesuai janji Okto, justru modal mereka 2 bulan setelah acara bahkan hingga kini tidak bisa ditarik.

ADVERTISEMENT

SCROLL TO RESUME CONTENT

Majalah Gatra dalam tulisannya menyebut Skema Ponzi besutan Raja Sapta Oktohari putra dari Ketua Umum (Ketum) Partai Hanura, Oesman Sapta Oedang (OSO) itu, dimana diduga uang tersebut digelapkan dan mengunakan skema ponzi untuk membayar bunga kepada peserta-peserta awal.

OJK Nyatakan PT. Mahkota Illegal Menghimpun Dana Masyarakat

Para korban ditemani Kuasa Kukum LQ Indonesia Law Firm mendatangi kantor Otoritas Jasa Keuangan (OJK) untuk menanyakan perihal perijinan PT. Mahkota Properti Indo Permata (MPIP) atau Mahkota dalam menghimpun dana masyarakat dalam bentuk Medium Term Note atau MTN.

Keterangan pihak OJK bahwa PT. Mahkota Properti Indo Permata (MPIP) besutan Raja Sapta Oktohari (RSO) tersebut, tidak ada ijin keuangan maupun izin menghimpun dana masyarakat alias illegal. Sebab, dari Company Profile usahanya sebagai Properti, Developer Real Estate, bukan usaha keuangan.

Baca Juga :  Laporan Masyarakat Mandek, LQ Pertanyakan Anggaran Polri

“Company Profil usahanya Property, Developer Real Estate jadi tidak mungkin ada ijin OJK. Jika penyidik Kepolisian butuh surat resmi atau keterangan bisa menghubungi kami langsung,” kata Alvin Lim yang juga sebagai Ketua Pengurus LQ Indonesia Law Firm, Selasa (31/5/2022).

Dikatakan Alvin, pihaknya mendatangi OJK langsung dijawab tapi kenapa pihak penyidik Polda Metro Jaya (PMJ) sampai saat ini belum memintakan keterangan saksi ahli OJK padahal pasal yang disangkakan Pasal 46 Perbankan dan unsur pidananya adalah tidak adanya ijin OJK.

“Ini salah satu bukti hukum tumpul keatas. Kepolisian takut dalam membasmi penjahat kerah putih selevel Raja Sapta Oktohari. Polri sudah kalah melawan penjahat. 2 tahun lebih, hanya muter-muter saja penyidikan ngak jelas penyidik digaji uang masyarakat malah mengkhianati masyarakat,” sindir Alvin.

Para Korban Yang Terkena Rayuan Raja Sapta Oktohari

Para korban PT. MPIP yang terkena rayuan Raja Sapta Oktohari mengungkapkan, kekecewaannya kepada kinerja aparat kepolisian, karena setelah menjadi korban Raja Sapta Oktohari, sekarang malah pihak kepolisian ingin mempermainkan kami sebagai masyarakat korban.

“Kanit, Kasat dan Penyidik memaksa kami untuk cabut laporan polisi dan terima tanah di Cikande. Tanah sawah seharga Rp300 ribu permeter, malah dijual harga Rp2,5 juta permeter. Nantinya cuma pegang PPJB yang bukan bukti kepemilikan seperti sertifikat,” keluhnya.

Baca Juga :  Jaksa Agung Dilaporkan ke KPK Soal Penggunaan Ijazah S3

“Bagaimana kalo ternyata terhadap tanah yang sama diberikan PPJB ke banyak pihak? Bisa-bisa jadi sengketa lagi nanti kan, siapa bisa jamin? Kami tidak mau ditipu dua kali,” tambah korban mengakhiri dengan penuh kecewa terhadap kinerja Kepolisian.

LQ Indonesia Law Firm Akan Terus Vokal Menyuarakan Jeritan Korban

LQ Indonesia Law Firm, Kantor Hukum yang vokal dan berani menyuarakan hati para korban investasi bodong, terus mengulik nurani hati para pemimpin Kapolri yang tampak tumpul dan tidak perduli kepada keadilan masyarakat.

Para korban terus berdatangan dan menghubungi LQ Indonesia Law Firm di 0817-489-0999 untuk meminta pendampingan Hukum.

Sebelumnya, Raja Sapta Oktohari dilaporkan para korban di Polda Metro Jaya dengan LP No B/2228/IV/2020/YAN 2.5/SPKT PMJ atas dugaan penipuan, penggelapan, pidana Perbankan dan pencucian uang dengan ancaman maksimal 20 tahun penjara.

Namun sayangnya, sudah 2 tahun berjalan laporan polisi tersebut belum juga mendapatkan kepastian hukum. Korban dan pelapor pun hanya bisa berkeluh kesah apakah benar hukum bukan lagi panglima tertinggi karena sudah digantikan uang yang bisa mengatur semuanya, termasuk hukum.

“Saya sudah whatsapp Kapolri berkali-kali namun tidak pernah 1 kali pun dibalas, apakah Kapolri perduli dalam memberikan pelayanan kepada para pelapor ataukah hanya pencitraan saja?,” pungkas korban. (Sofyan)

Dalam presentasinya di depan panggung, dalam video yang tersebar di Kanal Youtube LQ Lawfirm: https://youtu.be/R1wXdpd_5AY

Berita Terkait

Selamat Atas Dilantiknya Presiden dan Wakil Presiden 2024-2029
MAKI Layangkan Surat ke Presiden Prabowo Soal Pansel KPK Bentukan Jokowi
Laporan Masyarakat Mandek, LQ Pertanyakan Anggaran Polri
Ketua JNW Apresiasi Pidato Pertama Presiden RI ke-8 Prabowo Subianto
MAKI: Hasil Pansel KPK Bentukan Jokowi Cukup di Arsip DPR
Jaksa Agung Dilaporkan ke KPK Soal Penggunaan Ijazah S3
Kabinet Prabowo Dibawah Bayang-Bayang Jokowi Digelayuti Awan Gelap
2 Tahun Sudah, LP Koperasi Lima Garuda di PMJ Belum Ada Titik Terang
Berita ini 6 kali dibaca

Berita Terkait

Selasa, 22 Oktober 2024 - 19:18 WIB

Selamat Atas Dilantiknya Presiden dan Wakil Presiden 2024-2029

Selasa, 22 Oktober 2024 - 10:27 WIB

MAKI Layangkan Surat ke Presiden Prabowo Soal Pansel KPK Bentukan Jokowi

Senin, 21 Oktober 2024 - 14:34 WIB

Laporan Masyarakat Mandek, LQ Pertanyakan Anggaran Polri

Minggu, 20 Oktober 2024 - 11:50 WIB

Ketua JNW Apresiasi Pidato Pertama Presiden RI ke-8 Prabowo Subianto

Minggu, 20 Oktober 2024 - 09:06 WIB

MAKI: Hasil Pansel KPK Bentukan Jokowi Cukup di Arsip DPR

Berita Terbaru

Foto: Advokat Alvin Lim

Berita Utama

Selamat Atas Dilantiknya Presiden dan Wakil Presiden 2024-2029

Selasa, 22 Okt 2024 - 19:18 WIB

Foto: Pj Walikota Bekasi Raden Gani Muhamad

Seputar Bekasi

Polemik Parkir, Pj Walikota Bekasi: PTMP Harus Pintar Mendudukan Diri

Selasa, 22 Okt 2024 - 19:01 WIB

Foto: Dr. Dani Ramdan

Seputar Bekasi

Mahasiswi Pelita Bangsa Apresiasi Paparan Dialog Publik Dani Ramdan

Selasa, 22 Okt 2024 - 16:34 WIB

Foto: Kantor Desa Sumberjaya & Program Pemanfaatan Lahan Kosong

Seputar Bekasi

Sedot Ratusan Juta, JNW Soroti Program Ketapang Desa Sumberjaya

Selasa, 22 Okt 2024 - 12:48 WIB