Ratusan Orang Bahu Membahu Pertebal Tanggul Kali Besar Pemali

BERITA BREBES – Upaya mitigasi terjadinya bencana alam banjir besar dilakukan ratusan orang di Kelurahan Pasarbatang, Kecamatan Brebes, Kabupaten Brebes, Jawa Tengah, dengan mempertebal tanggul Kali Pemali dengan karung pasir, Minggu (24/1/2021).

Kapten Armed Zaenal Abidin, Danramil 01 Brebes, Kodim 0713 Brebes menjelaskan, gotong-royong itu dilakukan dibelakang Pondok Pesantren (Ponpes) Darul Abror yang sebelumnya terkikis dan longsor akibat meluapnya sungai besar akibat tidak mampu menampung besarnya debit air kiriman dari hulu atau wilayah Kabupaten Brebes selatan.

“Kerja bakti selama 4 jam ini untuk menghindarkan jebolnya tanggul Kali Pemali sehingga dikhawatirkan akan menyebabkan banjir bandang di Brebes kota dan sekitarnya, karena ini merupakan sungai yang sangat besar,” terangnya.

Dari hitungannya, sekitar 300 orang bahu membahu. Untuk efektifitas kerja, pembagian tugas dilakukan, dimana ada yang bertugas mengisi karung dengan pasir atau tanah, bagian langsir material itu secara manual estafet, menata karung, dan juga memasang patok kayu dan bambu.

Hadir juga dalam bakti sosial ini antara lain Camat Brebes Asip fauzan, Kapolsek Brebes AKP Wagito, Kepala Kelurahan Pasarbatang Kusuma Edi, Kades Randusanga Kulon, Kades Pagejugan, masing-masing Babinsa dan Bhabinkamtibmas, KOKAM, GP Ansor dan juga Pemuda Pancasila. (Aan)

Iklan
Baca Juga  Tanah Bergerak Kembali Terjadi di Wilayah Sirampog Brebes

admin

Read Previous

Setelah Soal Buzzer, Kini Google Map Muncul Jalan Khofifah di Surabaya

Read Next

Bantu Kematian, Warga Gelonggong Bekasi Aktif Jalankan Dansos Rukem

Tinggalkan Balasan