Mulai 1 Januari 2021, Pesan Tiket Kereta Hanya Bisa Melalui Online

Pesan Tiket Lewat Online

BERITA SEMARANG – Mulai 1 Januari 2021, PT. Kereta Api Indonesia menerapkan kebijakan baru, dimana pelayanan reservasi tiket KA hanya melalui aplikasi KAI Access, website kai.id, Contact Center 121 dan kanal pemesanan resmi lainnya.

Seluruh loket di stasiun hanya melayani pembelian tiket kereta secara go show (dadakan), yakni 3 jam sebelum keberangkatan KA tersebut, dengan catatan masih adanya tempat duduk yang tersedia.

“Ini dilakukan untuk pencegahan penyebaran Covid-19 dilingkungan stasiun-stasiun KA ataupun dilingkungan PT. KAI secara luas,” ujar Kahumas PT. KAI Daop 4 Semarang, Krisbiyantoro, Sabtu (2/1/2021).

Dikatakannya, hal tersebut sejalan dengan Peraturan Menteri Perhubungan No.18 Tahun 2020 tentang  Pengendalian Tranportasi Dalam Rangka Pencegahan Penyebaran Covid-19.

Diwilayah PT. KAI Daerah Operasi 4 Semarang, ada 14 loket stasiun yang kini sudah tidak melayani penjualan tiket, baik untuk pemesanan tiket maupun tiket go show.

Loket tersebut terletak di stasiun Batang, Alastua, Brumbung, Gubug, Karangjati, Sedadi, Gambringan, Jambon, Kradean, Doplang, Wadu, Kedungjati, Telawa dan Gundih.

Sedangkan untuk loket yang masih melayani penjualan tiket go show ada di 9 stasiun yakni Tegal, Pemalang, Pekalongan, Weleri, Semarang Poncol, Semarang Tawang, Ngrombo, Randublatung, dan Cepu, terkecuali tiket KA Kedung Sepur dilayani melalui aplikasi KAI Access.

“Khusus untuk stasiun kelas besar di wilayah Daop 4 Semarang yakni Tegal, Pekalongan, Semarang Tawang, Semarang Poncol, dan  Cepu selain melayani tiket go show juga bisa melayani pembatalan tiket,” ujarnya.

Dengan diberlakukannya sistem pembelian tiket online melalui aplikasi, maka calon penumpang KA akan lebih mudah dan cepat dalam menentukan pilihan berangkat dengan menggunakan KA.

Dari pantauan selama masa angkutan Nataru hingga hari ke-15, jumlah penumpang di wilayah Daop 4 Semarang pada 23 stasiun yang melayani penumpang, terdapat 74.541 penumpang naik dan 81.383 penumpang yang turun. (Nining)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *