Paslon Merasa Menang, Dilarang Euforia Berkerumun 

BERITA SEMARANG – Ketua Bawaslu RI, Abhan menghimbau kepada semua pihak agar tetap taat protokol kesehatan dalam pelaksanaan Pilkada 2020 yang pemungutan suaranya digelar pada Rabu, 9 Desember 2020.

Ketaatan protokol kesehatan tersebut termasuk pada saat diketahuinya perolehan suara pasangan calon di daerah masing-masing.

“Bawaslu menghimbau kepada seluruh peserta pemilihan dan para pendukungnya, jika merasa mendapatkan perolehan suara terbesar atau menduga sudah menang tidak perlu dirayakan berlebihan, apalagi jika sampai menimbulkan kerumunan, tetap perhatikan protokol kesehatan,” kata Abhan saat melakukan kunjungan di Bawaslu Kabupaten Semarang, Selasa (8/12/2020).

Abhan menambahkan, para peserta Pilkada, tim kampanye dan partai politik pengusung untuk bisa mengendalikan massanya masing-masing.

“Agar tidak terjadi euforia saat mengetahui pasangan calonnya memperoleh suara terbanyak,” kata Abhan.

Mantan Ketua Bawaslu Provinsi ini khawatir jika para pendukung pasangan calon dibiarkan begitu saja, karena nantinya akan menimbulkan kerumunan.

Padahal, dimasa pandemi Covid-19 seperti saat ini, berkerumun sangat dilarang karena dikhawatirkan bisa menyebarkan virus (Covid-19).

Diketahui, Abhan berkunjung ke Bawaslu Kabupaten Semarang untuk mengecek kesiapan jajarannya dalam mengawasi Pilkada 2020.

Pada saat di Kantor Bawaslu Kabupaten Semarang, Abhan juga memberikan arahan ke para pengawas. Di sela-sela acara juga ada doa bersama untuk keselamatan dan kelancaran Pilkada 2020.

Sebelum ke Kabupaten Semarang, Abhan juga berkunjung ke Bawaslu Kota Semarang. Abhan mengecek salah satu TPS di Kota Semarang guna memastikan logistik pelaksanaan Pilkada 2020 sudah siap, termasuk kesiapan protokol kesehatan. (Nining).

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *