Pelantikan Ketua PWI Jateng, Ganjar Minta Pers Jaga Profesionalisme 

- Jurnalis

Rabu, 28 Oktober 2020 - 16:59 WIB

facebook twitter whatsapp telegram line copy

URL berhasil dicopy

facebook icon twitter icon whatsapp icon telegram icon line icon copy

URL berhasil dicopy

Pelantikan Ketua PWI Jateng

Pelantikan Ketua PWI Jateng

BERITA SEMARANG – Gubernur Jawa Tengah, Ganjar Pranowo meminta insan pers Jateng agar menjaga profesionalisme dan integritas di tengah disrupsi di segala lini. Dalam industri komunikasi dan informasi yang begitu cepat, pers harus mampu menyajikan konten yang positif dan tidak menyesatkan bagi masyarakat.

Hal itu, disampaikannya saat kegiatan pelantikan pengurus Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Provinsi Jawa Tengah masa bakti 2020-2025 di Gedung Gradhika Bhakti Praja, Jalan Pahlawan Semarang. Kepengurusan PWI yang dinakodai, Amir Machmud NS dilantik Ketua PWI Pusat, Atal S Depari.

“Saat ini, tantangan PWI berat. Pers harus bisa memberikan perubahan besar secara internal dan eksternal. Hati-hati dalam memberikan informasi dan jagalah integritas dengan menyajikan narasi positif.  Saya baru saja mendapatkan video yang berisi bule-bule memberikan pendapatnya untuk tidak mempercayai Covid-19,” kata Ganjar, Selasa (27/10/2020) malam.

ADVERTISEMENT

SCROLL TO RESUME CONTENT

Konten seperti ini, sambung Ganjar, bisa membingungkan dan meresahkan masyarakat. Corona telah memberikan dampak merosotnya ekonomi dunia, termasuk Amerika dan Inggris. Di Asia Tenggara, perekonomian Indonesia lebih baik dibanding Singapura dan Malaysia di masa pandemi ini. Apakah ini sering diekpos pers kita? Malah Mahathir Mohamad yang mengakuinya,’’ sambung Ganjar.

Baca Juga :  PKS dan PBB Jatim Dukung Politikus PDIP Sri Untari Maju Dalam Pilgub Jatim

Namun Ganjar mengaku, terbantu dengan keberadaan pers Jateng yang selama ini berperan sebagai mitra Pemerintah Provinsi (Pemprov). Salah satunya adalah, ketika pihaknya melakukan terobosan membantu pelaku usaha kecil untuk menjual dan mengembangkan produknya.

“Insan media memberikan pelatihan kepada Humas, Diskominfo bagaimana cara menciptakan foto-foto, visual dan narasi yang bagus untuk menjual produk UMKM. ‘Saya bersyukur bisa membantu UMKM melalui Lapak Ganjar di akun Instagram. Semua ini berkat pelatihan dari teman-teman pers,’’tandas Ganjar.

Ketua PWI Pusat, Atal S Depari menyatakan apresiasinya kepada Amir Machmud yang telah terpilih sebagai Ketua PWI untuk kedua kalinya. Kepada pengurus baru, Atal kembali mengingatkan agar pers bisa independen, produktif dan inovatif.

‘’Pers dituntut energik dan punya komitmen kerja sama yang kuat. Sebentar lagi ada Pilkada, PWI melalui Mapilu didorong untuk mengambil peran pengawasan dalam pesta demokrasi tersebut,” tungkasnya.

Sementara itu, Amir Machmud mengatakan, banyak hal yang akan dilakukannya setelah dipercaya kembali memimpin organisasi PWI. Pertama, tetap menjalin kemitraan dengan berbagai instansi dan lembaga yang selama ini banyak memberikan dukungan kepada PWI.

Baca Juga :  PKS dan PBB Jatim Dukung Politikus PDIP Sri Untari Maju Dalam Pilgub Jatim

“Ketika mitra kami respek kepada PWI, bagaimana respek yang kami lakukan untuk mitra? Tentu tidak cukup dengan rangkaian kata terima kasih. Lebih dari itu. Respek yang bisa kami wujudkan adalah respek kepada diri sendiri untuk meningkatkan kemartabatan pers, merawat perilaku yang menjunjung UU Pers dan Kode Etik Jurnalistik, memperluas jaringan, evaluasi dan menguatkan kompetensi,’’ ungkapnya.

Kedua, lanjut Amir, mengedepankan narasi-narasi positif dalam pemberitaan di tengah situasi bangsa yang sedang ‘nggreges-nggreges’ akibat pandemi Corona.  Dia berharap ke depan, PWI akan menjadi payung dan rumah besar bagi pekerja media untuk mengembangkan diri.

‘’Mari kita bersama menghidupkan PWI, bukan nyari hidup di PWI. Kedepankan narasi-narasi positif dalam pemberitaan di tengah situasi bangsa yang sedang dihantam pandemi Corona,” pungkasnya.

Hadir dalam acara pelantikan diantaranya Sekjen PWI Pusat, Mirza Zulhadi, Plh Sekda Jateng, Heru Setiadie, Kepala Diskominfo Jateng Riena Retnaningrum, Kepala Bappeda Jateng Prasetyo Aribowo, serta tokoh pers senior Jateng Soetjipto, Sasongko Tedjo serta perwakilan Forkopimda. (Nining)

Berita Terkait

PKS dan PBB Jatim Dukung Politikus PDIP Sri Untari Maju Dalam Pilgub Jatim
RIBUT Dukung Sri Untari Bisowarno di Pilgub Jatim Periode 2024-2029
Sugeng Riyanta Resmi Jadi Wakil Kajati Jateng Gantikan Teguh Subroto
Lepas Balik Kerja Bareng BPKH, Ini Pesan Anggota DPR RI Abdul Wachid
960 Peserta “Balik Kerja Bareng” BPKH Semarang Diberangkatkan ke Jakarta
Arus Balik, KAI Daop 4 Semarang Sudah Berangkatkan 126.228 Penumpang
Kasatlantas Polres Semarang: Arus Mudik Diperkirakan Hingga Senin
Kapolda Jateng Pantau Langsung Situasi Terkini Arus Mudik Lebaran
Berita ini 1 kali dibaca

Berita Terkait

Rabu, 24 April 2024 - 22:19 WIB

Tuntut Ganti Majelis Hakim, Ratusan Karyawan PT. PRLI Unjuk Rasa di MA

Rabu, 24 April 2024 - 13:42 WIB

Aksi di Mabes Polri, LQ Indonesia Law Firm Tuntut Copot Dir-Tipideksus

Selasa, 23 April 2024 - 19:07 WIB

Menangkan Buronan, Karyawan PT. PRLI Minta 3 Hakim MA Diusut

Senin, 22 April 2024 - 21:50 WIB

Terancam PHK Massal, Karyawan PT. Polo Ralph Lauren Indonesia Tolak Putusan MA

Minggu, 21 April 2024 - 15:26 WIB

Alvin Lim Laporkan Brigjen Wisnu Hermawan Atas Dugaan Kaburnya Bos Investasi

Minggu, 21 April 2024 - 12:04 WIB

Nitizen Soroti Rumah Presiden PKS Saat Dikunjungi Anies Baswedan

Jumat, 19 April 2024 - 19:29 WIB

Tak Profesional, Alvin Lim Laporkan Penyidik Dirtipideksus Mabes Polri

Jumat, 19 April 2024 - 13:34 WIB

LQ Indonesia Law Firm Bakal Gelar Aksi Dengan Korban Net-89 dan Indosurya

Berita Terbaru

Foto: H. Abdul Rosyad Irwan Siswadi, SE

Seputar Bekasi

Yan Rasyad Diharapkan Maju di Pemilihan Walikota Bekasi

Jumat, 26 Apr 2024 - 19:16 WIB