Borobudur Marathon 2020 Dibagi Dua Kategori, Elite dan Virtual

- Jurnalis

Rabu, 16 September 2020 - 12:18 WIB

facebook twitter whatsapp telegram line copy

URL berhasil dicopy

facebook icon twitter icon whatsapp icon telegram icon line icon copy

URL berhasil dicopy

Borobudur Marathon 2020

Borobudur Marathon 2020

BERITA SEMARANG – Ditengah situasi normal baru pandemi virus Corona atau Covid-19, even lomba lari Borobudur Marathon (BorMar) tahun ini tetap akan digelar di Taman Lumbini, Candi Borobudur, Kabupaten Magelang, pada 15 November 2020 mendatang.

Gubernur Jateng, Ganjar Pranowo menyampaikan, BorMar 2020 tahun ini mengambil tema ‘Rhythm of Soul‘ berkonsep hybrid yang dibagi menjadi dua kategori, yakni elite race (30-40 pelari undangan di Borobudur) dan virtual edition (diikuti masyarakat umum yang bebas berlari di mana saja).

”Semula, kami dihadapkan dua pilihan, antara ya atau tidak untuk menggelar Borobudur Marathon, karena pandemi Covid-19. Namun setelah berdiskusi panjang dengan panitia, termasuk PB PASI, akhirnya kami optimistis, even ini tetap digelar dengan protokol kesehatan yang ketat. Pandemi tak membuat kami menyerah, kami bisa dan Jateng akan terus berlari,” kata Ganjar, Rabu (16/9/2020).

ADVERTISEMENT

SCROLL TO RESUME CONTENT

Turut hadir, dalam kesempatan itu, Dirut Bank Jateng Supriyatno, Ketua Yayasan Borobudur Maratho, Liem Chie An dan Kepala Disporapar Jateng, Sinoeng Noegroho Rachmadi.

Menurut Ganjar, pandemi justru memunculkan ide brilian bagi penyelenggaraan BorMar dengan cara-cara baru, misalnya konsep virtual.

“Ini artinya kreativitas, semangat dan optimisme tetap ada di Jateng. Harapannya tentu akan menjadi contoh bagi negara lain yang sebelumnya telah membatalkan atau mengundurkan lomba lari akibat pandemi,” ungkapnya.

Pada kesempatan itu, Supriyatno mengatakan, bahwa Bank Jateng tetap komitmen mendukung lomba lari yang telah memasuki tahun keempat. Diakuinya, BorMar kali ini, tentu berbeda dari sisi ekonomi, karena tahun lalu yang diikuti minimal 10.000 orang.

“Kami tahun ini lebih mendukung pada semangat kreativitas dan pantang menyerah tadi. Kegiatan mendukung UMKM seperti Pawone Borobudur Marathon tetap ada. Dan ingat patch finisher (medali) untuk pelari virtual nantinya dibuat oleh warga Magelang,” jelasnya.

Sementara itu, Insiator lomba, Liem Chie An mengungkapkan rasa optimismenya BorMar kali ini kembali menggugah semangat berlari warga Magelang dan masyarakat Indonesia pada umumnya. Selain itu, juga masih mencetuskan kontribusi bagi pariwisata Jateng.

”Jauh hari, banyak orang bertanya ke saya, ada marathon lagi nggak nih di Borobudur? Artinya, antusiasme berlari masih sangat tinggi. Dan setelah peluncuran ini, saya yakin Borobudur Marathon tetap ada,” ucapnya.

Sekjen PB Tigor Tanjung menyebut, ada tiga manfaat yang diperoleh dengan tetap digulirkannya BorMar yang sebelumnya telah direkomendasi PB PASI.

Pertama, membuka gaung kompetisi di mata Internasional meskipun dengan konsep virtual. Kedua, memberikan kesempatan pelari di Indonesia untuk menjajal kemampuannya, setelah hampir setahun ini tak mengikuti kompetisi.

“Kami memang telah membatalkan atau mengundurkan jadwal kompetisi di semua lomba lari Tanah Air. Pelari sekelas Muhammad Zohri yang sudah lolos Olimpiade pun, tak bisa berlari tahun ini,” kata Tigor.

Keuntungan lainnya adalah memberikan ide bagi PASI untuk membuat regulasi lari di masa pandemi. Pihaknya memang telah menyeleksi para pelari yang turun di BorMar, salah satu kriterianya pada hasil kualifikasi PON.

Untuk jarak pada Borobudur Maratahon 2020 ini tidak ada perubahan. Tiga kategori utama BorMar yakni Marathon, Half Marathon dan 10K. Adapun satu kategori tambahan yakni Friendship dengan jarak lari 3,8 KM. Untuk kelas elite race dilaksanakan sehari dan pelari dikarantina penuh serta dites bebas Covid-19 saat datang dan pulang.

Sedangkan waktu pelaksanaan untuk pelari virtual adalah 15-30 November 2020. “Artinya, peserta bebas mencicil jarak tempuhnya. Misalnya, dia ikut marathon yang 42, 195 KM. Dia bisa sehari 10 KM, hari berikutnya 10 KM sampai finish, kami beri waktu dua minggu. Kami akan memantaunya. Kalau mampu bisa saja dia menyelesaikan marathon dalam sehari,” imbuhnya. (Nining)

Berita Terkait

Pj Walikota Malang Diperiksa Kajari Terkait Dugaan Penggelapan Aset
Tokoh Pemuda Apresiasi Terbentuknya Organisasi BAPER Tangsel
DPC Demokrat Ponorogo Buka Pendaftaran Bakal Calon Bupati Maupun Wakil Bupati
PKS dan PBB Jatim Dukung Politikus PDIP Sri Untari Maju Dalam Pilgub Jatim
RIBUT Dukung Sri Untari Bisowarno di Pilgub Jatim Periode 2024-2029
Sugeng Riyanta Resmi Jadi Wakil Kajati Jateng Gantikan Teguh Subroto
Lepas Balik Kerja Bareng BPKH, Ini Pesan Anggota DPR RI Abdul Wachid
960 Peserta “Balik Kerja Bareng” BPKH Semarang Diberangkatkan ke Jakarta
Berita ini 0 kali dibaca

Berita Terkait

Minggu, 19 Mei 2024 - 18:40 WIB

PK Sengketa Merek, Ratusan Karyawan Polo Ralph Lauren Kembali Geruduk MA

Minggu, 19 Mei 2024 - 18:12 WIB

Quotient TV: Buruh PT. SKB di Sumsel Ditangkap Tanpa Surat Penahanan

Jumat, 17 Mei 2024 - 19:40 WIB

TEAM GARUDA-08 Bekasi Raya Kecam Rocky Gerung Hina Prabowo

Jumat, 17 Mei 2024 - 12:21 WIB

Warga Perumahan Grand Tarumaja Gugat Developer, BUMN Hingga Presiden

Kamis, 16 Mei 2024 - 23:22 WIB

Asset Sitaan KSP Indosurya Raib, Dirtipideksus Disomasi Para Korban

Kamis, 16 Mei 2024 - 08:26 WIB

Kasus Tambang, KSST Gelar Dialog “Korupsi Sambil Berantas Korupsi”

Rabu, 15 Mei 2024 - 17:05 WIB

Tanggapi Pernyataan Ahok Soal Pajak, Alvin Lim: Jago Kritik Tanpa Solusi

Rabu, 15 Mei 2024 - 16:55 WIB

Tak Kenal Lelah, Karyawan Polo Ralph Lauren Terus Cari Keadilan ke MA

Berita Terbaru

Podcats Quotient TV Bersama Alvin Lim, SH, MH

Berita Utama

Quotient TV: Buruh PT. SKB di Sumsel Ditangkap Tanpa Surat Penahanan

Minggu, 19 Mei 2024 - 18:12 WIB

Forum Wartawan dan LSM Nasrani Bekasi Raya

Seputar Bekasi

Polres Kabupaten Bekasi Didesak Usut Pengancaman Keluarga Pirlen Sirait

Minggu, 19 Mei 2024 - 17:52 WIB

Foto: Agus Budiono (Dewan Pembina TEAM GARUDA-08, Bekasi Raya

Berita Utama

TEAM GARUDA-08 Bekasi Raya Kecam Rocky Gerung Hina Prabowo

Jumat, 17 Mei 2024 - 19:40 WIB

SDN 02 Kebalen

Seputar Bekasi

Pasca Pemberitaan Proyek Conblock SDN 02 Kebalen Dadakan Pasang Plang

Jumat, 17 Mei 2024 - 17:13 WIB