Polisi Gali Keterangan Saksi Peretasan Situs Tempo.co dan Tirto

Kombes Yusri Yunus

BERITA JAKARTA Polda Metro Jaya (PMJ) telah menindaklanjuti laporan pemimpin redaksi (Pemred) Tempo.co, Setri Yasra dan Pemred Tirto, Sapto Anggoro soal kasus peretasan situs berita. Penyidik tengah meminta klarifikasi kepada perwakilan kedua media tersebut.

“Untuk Tempo.co dijadwalkan hari ini bersama saksinya, tapi dia menyampaikan bisanya kemarin tidak hari ini. Kemarin sudah diundang dan diklarifikasi dengan membawa bukti-bukti yang dia laporkan,” kata Kabid Humas PMJ, Kombes Yusri Yunus ketika dihubungi wartawan, Rabu (2/9/2020).

Yusri mengatakan pihak pelapor yakni Sapto Anggoro selaku Pemred Tirto berhalangan hadir. Namun, Yusri mengatakan pihak Tirto tetap menyertakan saksi-saksi yang mengetahui peristiwa peretasan tersebut.

Yusri menambahkan, undangan klarifikasi kepada pemred Tirto nantinya akan dijadwalkan ulang pada Jumat 4 September 2020 mendatang.

 “Yang Tirto juga kita jadwalkan hari ini tapi dari pihak Pemred Tirto di luar kota minta diundur hari Jumat. Tapi saksi-saksinya akan datang hari ini,” tandas Yusri.

Seperti diketahui, Tirto dan Tempo.co membuat laporan polisi ke Polda Metro Jaya pada Selasa 25 Agustus 2020. Keduanya membuat laporan terkait peretasan situs kedua media tersebut.

Laporan polisi itu, tertuang dalam dua nomor LP yang berbeda yakni LP/5037/VIII/YAN.2.5./2020/SPKT PMJ dengan pelapor Pemred Tempo.co, Setri Yasa sendiri.

Sedangkan satu LP berikutnya tertuang pada nomor LP/5035/VIII/YAN.2.5./2020/SPKT PMJ dengan pelapor Pemred Tirto bernama Atmaji Sapto Anggoro.

Untuk perkara yang dilaporkan yakni berkaitan dengan tindak pidana tentang Pers dan ITE. Pasal yang dilaporkan yakni Pasal 32 ayat 1 junto Pasal 48 ayat 1 tentang ITE dan Pasal 18 ayat 1 tentang pers. (Yon)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *