Pansus V DPRD Jabar Pelajari Smart Province di Jateng

- Jurnalis

Selasa, 16 Juni 2020 - 22:38 WIB

facebook twitter whatsapp telegram line copy

URL berhasil dicopy

facebook icon twitter icon whatsapp icon telegram icon line icon copy

URL berhasil dicopy

BERITA SEMARANG – Panitia Khusus (Pansus) V DPRD Provinsi Jabar mengunjungi Gedung Berlian yang diterima Anggota Komisi A DPRD Provinsi Jateng, Dwi Yasmanto didampingi Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika (Dinkominfo) Provinsi Jateng, Riena Retnaningrum, Selasa (16/6/2020).

Dalam kunjungannya, Anggota Dewan Jabar ingin mengetahui secara teknis terkait Program Smart Province yang dijalankan Pemerintah Provinsi Jateng.

Ketua Pansus V DPRD Provinsi Jabar, Sabil Akbar menyampaikan, sejauh mana secara indikator keberhasilan ataupun persoalan yang dihadapi Dinas Kominfo, apalagi dalam situasi kondisi Covid-19 ini aktivitas yang tidak seperti biasanya.

ADVERTISEMENT

SCROLL TO RESUME CONTENT

Selain itu juga ingin menggali dan mencari informasi terkait keberadaan Raperda Smart Province yang kami bahas di Jabar agar nantinya kita bisa saling tanya jawab dan diskusi.

Sementara itu, terkait Smart Province, Dwi Yasmanto mengatakan, hal itu merupakan semangat Provinsi Jateng yang berkeinginan untuk memberikan infomasi yang cepat, akurat dan terbuka bagi masyarakat, sehingga munculah ide Smart Province tersebut.

“Terkait langkah-langkah yang dilakukan oleh Tim Kominfo Provinsi Jateng hingga bisa terwujud Smart Province, program itu melihat potensi daerah sampai ke tingkat plosok,” ujarnya.

Pada kesempatan itu, Riena Retnaningrum menjelaskan bahwa Dinas Kominfo saat ini baru berusia 3 tahun terkait dengan Perda SOTK turunan Pergub Nomor 70 Tahun 2016.

Dinas Kominfo sendiri merupakan gabungan dari beberapa bidang yang ada di dinas lain meliputi Dinas Perhubungan, Bapemperda, PDKI, Biro Humas Sekretariat Provinsi Jateng.

Menurutnya, Kominfo ada satu sekretariat dan lima bidang yaitu Bidang IKP, Bidang TIK, Bidang IKAP, Bidang Statistik, serta bidang persandian dan keamanan informasi, kemudian nantinya yang menjadi cita-cita besar Pemerintahan Jawa Tengah yakni adanya penyediaan Data Center dan Fiber Optic.

“Program yang dijalankan dinas sesuai dengan visi dan misi Gubernur 2018-2023 yakni mempercepat reformasi birokrasi yang dinamis dan memperluas sasaran Pemerintah ke Kabupaten Kota. Program unggulannya adalah integrasi insfrastruktur TIK, intergrasi layanan aduan Kabupaten/Kota, peningkatan layanan keamanan informasi, kemudian definsi operasionalnya integrasi FO (fiber optic) Kabupaten/Kota untuk data center,” paparnya.

Untuk integrasi FO itu, sambung dia, sebetulnya sudah selesai pada 2020. Namun, saat ini kebijakan dari pemerintah provinsi memprioritas kepada penanganan pandemi Covid-19 sehingga FO ditahap akhir yang untuk UPT itu ditunda pelaksanaannya.

“Kami berharap dapat dilaksanakan pada 2021 karena untuk sambungan FO di seluruh kantor dinas semua yang ada Provinsi Jateng sudah terpenuhi. Dari situ, integrasi menjadi Smart City dari Kabupaten/Kota bisa menjadi Smart Province yang menjadi target kami pada 2021, otomatis layanan insfrastruktur TIK dapat terpenuhi,” pungkas dia. (Nining)

Berita Terkait

DPC Demokrat Ponorogo Buka Pendaftaran Bakal Calon Bupati Maupun Wakil Bupati
PKS dan PBB Jatim Dukung Politikus PDIP Sri Untari Maju Dalam Pilgub Jatim
RIBUT Dukung Sri Untari Bisowarno di Pilgub Jatim Periode 2024-2029
Sugeng Riyanta Resmi Jadi Wakil Kajati Jateng Gantikan Teguh Subroto
Lepas Balik Kerja Bareng BPKH, Ini Pesan Anggota DPR RI Abdul Wachid
960 Peserta “Balik Kerja Bareng” BPKH Semarang Diberangkatkan ke Jakarta
Arus Balik, KAI Daop 4 Semarang Sudah Berangkatkan 126.228 Penumpang
Kasatlantas Polres Semarang: Arus Mudik Diperkirakan Hingga Senin
Berita ini 0 kali dibaca

Berita Terkait

Rabu, 8 Mei 2024 - 12:47 WIB

Keraguan Publik Terhadap Penanganan Korupsi RSUD Tigaraksa

Selasa, 7 Mei 2024 - 18:27 WIB

JPU Tuntut Pidana Selegram Adam Deni Setahun Penjara

Selasa, 7 Mei 2024 - 07:29 WIB

Mangkir Dari Panggilan, Kejari Jakut Ciduk MH Kasus Korupsi Bulog

Selasa, 7 Mei 2024 - 00:49 WIB

Ketua RT Setempat Sebut Wilayahnya Tidak Ada Transaksi Narkoba

Minggu, 5 Mei 2024 - 08:40 WIB

LQ Indonesia Law Firm Berhasil Mendamaikan Sengketa Tanah PIK 2

Jumat, 3 Mei 2024 - 09:59 WIB

Diduga Penjualan Komoditi Dikorup, Mantan Manajer Bisnis Bulog Ditahan

Kamis, 2 Mei 2024 - 18:04 WIB

Alvin Lim: Penetapan Tersangka Panji Gumilang Penuh Kecacatan

Kamis, 2 Mei 2024 - 13:13 WIB

BEM Banten Minta Kasus Korupsi Rp1 Triliun Situ Ranca Gede Ditangani Kejagung

Berita Terbaru

Lokasi Pengerbekan

Berita TNI

Kodim Malang dan Polres Bubarkan Arena Judi Sabung Ayam

Rabu, 8 Mei 2024 - 06:48 WIB