Corona Tak Lumpuhkan Bandar, BNN Sita 32 Kg Sabu Asal Malaysia

BERITA JAKARTA – Tak ditengah maraknya wabah virus Corona, Badan Narkotika Nasional (BNN) bersama dengan Bea dan Cukai mengagalkan peredaran gelap narkoba jenis sabu sebanyak 32 Kilogram dengan mengamankan 5 orang tersangka, Selasa (24/3/2020) kemarin.

Pengungkapan kasus ini berawal dari diamankannya seorang pria berinisial SA saat tengah melintas di Jalan Lintas Sumatera, Tanah Datar, Asahan, Sumatera Utara.

SA diketahui membawa 20 Kilogram sabu yang dikemas menjadi 20 bungkus dengan menggunakan kendaraan roda empat dari Tanjung Balai menuju Medan, Sumatera Utara.

Dari penangkapan SA, petugas kemudian mengamankan tersangka lainnya, yaitu A dan Y yang merupakan pemesan narkoba jenis sabu tersebut.

Tak berhenti disitu, petugas kemudian melakukan pengembangan dan berhasil mengamankan tersangka lainnya, yaitu M dan SY di Ukee Rubek Barat, Aceh Utara.

Dari penggeledahan yang dilakukan di rumah tersangka, petugas menemukan 12 Kilogram sabu yang disembunyikan di dalam drum minyak dan dikubur di pekarangan belakang rumah.

Sabu-sabu tersebut diketahui dibawa dari Malaysia melalui jalur laut dan diserahterimakan di tengah laut untuk selanjutnya diselundupkan melalui pelabuhan-pelabuhan tikus yang banyak terdapat di Pantai Timur Sumatera.

Rencananya, sabu akan diedarkan ke wilayah Aceh, Sumatera Utara dan Jakarta. Kini, kelima tersangka beserta barang bukti berada di BNN untuk dilakukan pengembangan lebih lanjut, guna mengungkap jaringan sindikat narkoba lainnya.

Ancaman hukuman para tersangka dijerat Pasal 114 ayat (2), Jo Pasal 132 ayat (1) dan Pasal 112 ayat (2), Jo Pasal 132 ayat (1) Undang-Undang No.35 Tahun 2009 tentang Narkotika dengan ancaman maksimal hukuman mati atau pidana penjara seumur hidup.

Meskipun saat ini fokus negara pada penanganan wabah penyebaran virus covid-19 atau corona, BNN bersama aparat penegak hukum lainnya terus bersinergi untuk meningkatkan ketahanan dan menjaga keamanan negara, khususnya dari ancaman penyalahgunaan dan peredaran gelap narkoba. (Stave)

Baca Juga  PMJ Bakal Kawal Pendistribusian Bantuan Sosial Corona
Iklan

admin

Read Previous

Olahraga Dirumah Dapat Tingkatkan Imun Hadapi Covid-19

Read Next

365 Tenaga Medis Ikuti Simulasi dan Cek Darah Rapid Test Covid-19

Tinggalkan Balasan