Hari Ini, Obat dan Alat Medis Tiongkok Tiba di Indonesia

BERITA JAKARTA – Prioritas saat ini adalah APD, perangkat uji laboratorium seperti reagen RT-PCR, viral transfer media (alat untuk mengirim sampel virus), rapid diagnosys test (kit tes cepat) dan nassal swab (alat untuk mengambil spesimen).

Selain itu alat kesehatan yang juga dibutuhkan dalam perawatan pasien COVID-19 adalah ventilator untuk membantu pernapasan bagi pasien yang mengalami gejala sesak napas.

“Tim dari anggota TNI diberangkatkan menggunakan pesawat Hercules C130 A-1333 dan telah mendarat di Pudong, Shanghai, Tiongkok pada Sabtu, 21 Maret pukul 21.15 waktu setempat,” ujar Juru Bicara Pemerintah untuk Penanganan virus Corona Achmad Yurianto.

Untuk selanjutnya sambung Yuri, memuat segala prioritas kebutuhan dan mengirimnya ke Indonesia. Sesuai rencana pesawat akan tiba di Lanud Halim Perdanakusuma di Jakarta pada Senin, 23 Maret pukul 09.30 WIB.

“Pemerintah Indonesia melalui TNI, telah menerbangkan tim khusus untuk mengangkut obat-obatan, peralatan dan logistik sebagai prioritas kebutuhan penanganan virus Corona dari Tiongkok,” kaya Yuri.

Dalam keterangan resmi sebelumnya, Yuri mengatakan, bahwa obat-obatan, APD dan peralatan medis yang menjadi prioritas tersebut merupakan jenis yang sama digunakan untuk penanganan virus Corona di Tiongkok dan Korea Selatan yang mana telah teruji dan terbukti efektif untuk menangani pandemi Corona.

“Obat dan peralatan ini terbukti efektif digunakan untuk mengatasi virus Corona di Tiongkok dan Korea Selatan,” pungkasnya. (Usan)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *