Kapolsek Kalideres Gelar Sosialisasi Cegah Virus Corona

BERITA JAKARTA – Kapolsek Kalideres Jakarta Barat, Kompol Indra Maulana Sahputra menggelar sosialisasi kepada angotanya tentang virus corona dengan melibatkan petugas Puskesmas Kalideres sebagai narasumber, Dr. Desy, Selasa (10/3/2020).

Dalam arahannya, Dr. Dessy menyampaikan tentang virus corona antara lain, novel coronavirus adalah virus baru penyebab saluran pernafasan yang menyebabkan pneumonia berat dan telah dikonfimasi dapat menular antar manusia.

“Perlu kita ketahui, gejala klinis virus corona contohnya demam, batuk, piek, gangguan pernafasan, sakit tenggorokan, letih dan lesu. Jika timbul tanda dan gejala tersebut segera pakai masker dan berobat ke Puskesmas atau Rumah Sakit terdekat,” ucapnya.

Dessy menjelaskan, apabila sudah terkena susfeck virus corona, maka si penderita tidak boleh keluar rumah atau ruangan selama sekitar 14 hari guna menghindari penularan terhadap orang lain

Adapun pencegahan virus corona antara lain melakukan kebersihan tangan rutin. Terutama sebelum memegang mulut, hidung dan mata serta setelah memegang instalasi publik.

Mencuci tangan dengan air dan sabun cair serta bilas minimal 20 detik. Jika tidak ada fasilitas cuci tangan, dapat menggunakan alkohol 70-80 persen handrub, kemudian menutup mulut dan hidung dengan tissue ketika bersin atau batuk.

“Sedangkan langkah pencegahan diri sendiri maupun keluarga dari virus corona dengan Gerakan Masyarakat Hidup Sehat (Germas) antara lain makan dengan gizi seimbang, rajin olahraga dan istirahat cukup, jaga kebersihan lingkungan, cuci tangan pakai sabun, tidak merokok, minum air mineral 8 gelas per hari, makan makanan yang dimasak sempurna. Bila demam dan sesak nafas segera ke fasilitas kesehatan dan Jangan lupa berdoa,” jelasnya.

Ia mengimbau, bagi tenaga kesehatan dan masyarakat yang ingin melaporkan dugaan kasus coronavirus dan atau mengetahui informasi lebih lanjut tentang coronavirus, dapat menghubungi Poski KLB Dinas Kesehatan Provinsi DKI Jakarta melalui sambungan telephon atau aplikasi Whatsapp di nomor: 0813-8837-6955. Untuk kegawatdaruratan dapat langsung menghubungi 112 atau 119. (Usan)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *