Menunggu Beasiswa, Mahasiswa Asal Papua Terlantar di Jakarta

- Jurnalis

Kamis, 5 Maret 2020 - 07:59 WIB

facebook twitter whatsapp telegram line copy

URL berhasil dicopy

facebook icon twitter icon whatsapp icon telegram icon line icon copy

URL berhasil dicopy

Samuel Pitawa

Samuel Pitawa

BERITA JAKARTA – Samuel Pitawa, mahasiswa Papua kelahiran 12 September 1994, Kampung Eri, Kecamatan Mamberamo Tengah Timur, Kabupaten Mamberamo Raya, terancam drop out dari perkuliahannya di Kampus Sekolah Tinggi Ilmu Hukum (STIH) IBLAM, Jalan Kramat Raya, Kecamatan Senen, Jakarta Pusat.

Samuel yang kini sudah melewati Semester 3 dan akan masuk ke Semester 4 perkualiahan jurusan Hukum itu, terganjal melanjutkan sekolah, lantaran beasiswa yang dijanjikan Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Mamberamo Raya Papua, tak kunjung tiba.

Padahal, sejak tahun 2018 lalu, Samuel Pitawa berangkat kuliah ke Jakarta dengan jaminan mendapatkan beasiswa dari Pemerintah Kabupaten Mamberamo Raya.

ADVERTISEMENT

SCROLL TO RESUME CONTENT

“Untuk semester 4 ini saya belum bisa membayarkan biaya perkuliahan. Karena, bantuan beasiswa yang dijanjikan Pemkab, tidak kunjung datang,” kata Samuel kepada wartawan di Jakarta Pusat, Rabu (4/3/2020).

Diakui Samuel, beasiswa atau bantuan biaya pendidikan yang diterimanya tidak full. Hanya Rp5 juta. Sedangkan untuk biaya satu semester kuliah di Kampus STIH IBLAM sebesar Rp3.650.000 per semester.

Sedangkan biaya hidup dan tempat tinggal selama kualiah di Jakarta, Samuel mengandalkan uluran tangan Om-nya dari Papua.

Samuel mengaku, biaya makan dan kos di Salemba Tengah, Jakarta Pusat, lumayan tinggi. Untuk uang kos, Samuel harus mengeluarkan Rp600 ribu per bulan.

“Belum biaya makan, beli buku dan lain-lainnya. Kalau itu biasanya Om saya yang bantu saya,” ungkap Samuel.

Selama menjalani perkuliahan di Jakarta, Samuel tinggal sendiri. Bukan di Asrama Mahasiswa Papua. Untuk pembayaran semester 4 ini, dia mengaku bahwa pihak kampus sudah mendesaknya.

“Memang diberikan kesempatan hingga bulan Oktober nanti bisa mencicil bayaran uang kuliah,” ujarnya.

Dikatakan Samuel, selama menjalani perkuliahan di Jakarta bantuan biaya kuliah sering terlambat dan tidak tepat waktu. Bahkan, terkadang Samuel kasak-kusuk dan menghubungi semua pihak dari Pemerintah Kabupaten Mamberamo Raya untuk meresponnya.

“Untuk semester ini, saya sudah menyurati Bupati Mamberamo Raya Dorinus Dasinapa dan Wakil Bupati Yakobus Britay. Sudah saya coba hubungi lewat medsos dan telpon juga, belum ada respon,” katanya.

Memang lanjut Samuel, model beasiswa yang menjaminkan dirinya melanjutkan pendidikan ke sekolah hukum di Jakarta sedikit berbeda dari mahasiswa asal Papua lainnya.

Jika mahasiswa asal Papua lainnya diberikan beasiswa full dan tinggal di Asrama Mahasiswa Papua di Jakarta, sedangkan Samuel hanya kebagian kelas atau level kedua beasiswa.

“Saya berbeda dari saudara-saudara saya mahasiswa asal Papua lainnya. Mereka full, saya tidak,” ungkap Samuel lagi.

Namun, dari penjelasan teman-temannya sesama mahasiswa Papua lainnya melalui komunikasinya dengan Grup Mahasiswa asal Papua, setiap kali musim pembayaran uang perkuliahan mereka selalu terlambat hingga berbulan-bulan.

“Tidak tahu juga mengapa selalu terlambat. Teman-teman saya juga selalu mengeluh, selalu terlambat, selalu terlambat,” ujar Samuel.

Untuk Samuel, dirinya terakhir kali memperoleh bantuan beasiswanya pada bulan Februari 2019. Setelah itu, sudah tidak dikirim lagi.

Sampai saat ini, Samuel masih diperbolehkan masuk kampus dan sembari menyelesaikan kewajiban pembayaran biaya pendidikannya ke kampus hingga bulan Oktober 2020 mendatang.

Samuel berharap, Pemerintah Kabupaten Mamberamo Raya segera merespon kondisinya. Agar bisa melanjutkan perkuliahan dengan tenang hingga tamat nantinya.

Selain itu, Samuel juga berharap saudara-saudara yang bersimpati bisa juga memberikan bantuan atau pertolongan bagi dirinya untuk menyelesaikan perkuliahan.

“Sampai sekarang, saya masih menunggu respon dari Papua khususnya Pemerintah Kabupaten Mamberamo Raya,” pungkasnya. (Usan)

BeritaEkspres Group

Berita Terkait

Sulit Dapatkan Informasi, Kasie Penkum Kejati DKI Jakarta Mati Suri
PN Jakpus Gelar Buka Puasa Bersama Anak Yatim
Polsek Ciracas Jaktim Terima Penitipan Barang Warga Mudik Lebaran  
Konvoi Ratusan Remaja di Jaktim Abaikan Maklumat Kapolda Metro Jaya
Lapas Cipinang Jaktim Bagikan Takjil Dengan Menu Hasil Olahan Napi
Salihara Buka Pendaftaran “Kompetisi Debat Sastra Tingkat SMA 2024” 
Carut Marut Pengelolaan “SDM” di Pengadilan Negeri Jakarta Barat
Kajari Jakut, Atang Pujiyanto Lantik Kasie Pidum Baru Angga Dhielayaksya
Berita ini 1 kali dibaca

Berita Terkait

Rabu, 24 April 2024 - 19:12 WIB

Masyarakat Berbagai Elemen Dukung Dani Ramdan Kembali Jabat Pj Bupati Bekasi

Selasa, 23 April 2024 - 19:46 WIB

Tunggak Kontribusi, Pemkot Bekasi Ambil Alih Pengelolaan Pasar Pondok Gede

Senin, 22 April 2024 - 14:43 WIB

Eks Walikota Bekasi M2 Masih di Hati Masyarakat Kota Bekasi

Minggu, 21 April 2024 - 17:53 WIB

Kong Mpe Ajak Masyarakat Kabupaten Bekasi Sukseskan MTQ Tingkat Provinsi Ke-38

Sabtu, 20 April 2024 - 13:44 WIB

Balon Walikota Bekasi Adi Bunardi Minta DPC PDIP Siapkan Panggung Debat

Sabtu, 20 April 2024 - 13:22 WIB

Jelang Pilkada, JNW: Sikap FKUB Kota Bekasi Beraroma Politis

Sabtu, 20 April 2024 - 12:40 WIB

Ade Kuswara Kunang Daftar Calon Bupati Bekasi Dari PDI Perjuangan

Jumat, 19 April 2024 - 14:48 WIB

Eskalasi Menguat, Pro dan Kontra Pj Bupati Bekasi Bermunculan

Berita Terbaru