Pencanangan Leuweung Padjajaran PDIP Tanam Pohon di Citarum

- Jurnalis

Senin, 3 Februari 2020 - 08:11 WIB

facebook twitter whatsapp telegram line copy

URL berhasil dicopy

facebook icon twitter icon whatsapp icon telegram icon line icon copy

URL berhasil dicopy

BERITA BEKASI – Bersama Anggota Dewan Perwakilan Republik Indonesia (DPR-RI) dan Dewan Provinsi Jawa Barat, Jejen Sayuti, Ketua DPC PDI Perjuangan (PDIP) Kabupaten Bekasi, Soleman, melakukan penanaman pohon secara serentak dalam pencanangan Leuweung Padjajaran di bantaran Sungai Citarum, tepatnya di Kampung Sambo Desa Karangharja, Kecamatan Pebayuran, Minggu (2/2/2020).

Gerakan penanaman pohon ini masih dalam rangka HUT ke-47 PDIP sekaligus sebagai penanda ucapan syukur dan selamat kepada Ketua Umum Partai berlambang banteng moncong putih, Megawati Soekarno Putri yang baru saja merayakan ulang tahunnya pada 23 Januari kemarin.

Kegiatan penanaman pohon tersebut diadakan serentak secara nasional yang dihadiri antara lain, Anggota DPR-RI dari Pengurus Dewan Pimpinan Pusat (DPP) PDI Perjuangan yaitu, Rieke Diah Pitaloka (Teh Oneng), Sturman Panjaitan, Herviano, Rahmad Handoyo, Dede Indra Permana, Sri Rahayu, Sulaiman Umar, Siddiq, Matindas J. Rumambi S.T Ananta Wahana dan juga Anggota DPRD Provinsi Jawa Barat, Jejen Sayuti.

ADVERTISEMENT

SCROLL TO RESUME CONTENT

Acara di Pimpin langsung Ketua DPC PDIP Soleman ikuti oleh para Anggota DPRD Kabupaten Bekasi dari Partai PDIP diantaranya Martina Ningsih, Samuel Habeahan,Tata Saputra, Abdul Rosyid, Nyumarno Ade Kunang Kuswara dan di saksikan oleh unsur Muspika Kecamatan Pebayuran, Kepala Desa Karang Harja, Pengiat Lingkungan Hidup, Karang Taruna dan yang lainnya.

Baca Juga :  Kado HBA, Kejari Blitar Rilis Capaian Kinerja

Kepada Matafakta.com, Anggota DPR RI, Rieke Diah Pitaloka mengatakan, kegiatan yang dilakukan kader PDIP dibantaran Sungai Citarum hari ini adalah peringatan perayaan 47 tahun PDIP, sekaligus kita sebagai penanda ucapan syukur dan selamat kepada Ibu Ketua Umum yang merayakan ulang tahun pada 23 Januari kemarin yang ke-73 tahun.

“Hari ini adalah penanaman pohon serentak secara nasional, di daerah yang sebetulnya sangat penting bagi peradaban terutama Provinsi Jawa Barat, tanah Parahyangan, tanah sunda karena ini adalah muara Sungai Citarum. Maka itu, Ibu Megawati sekarang sedang berada di Kabupaten Bandung di hulunya Sungai Citarum. Oleh karena ini, adalah juga sejarah peradaban dari Tarumanegara dan Padjajaran,” kata Rieke.

Ditambahkannya, kita berharap ini adalah kawasan industri terbesar 8 kawasan industri ada di sini, 231 ribu lebih industri ada di seluruh Kabupaten Bekasi dan penanaman pohon ini bukan hanya sekedar simbolik, penanaman pohon terus  dirawat,” ucapnya.

Lebih lanjut Rieke menambahkan, kita akan ada Rakerda PDI Perjuangan 7 – 9 Februari. Sedang salah satu rekomendasi kita adalah bagaimana pemulihan atau konservasi terhadap daerah aliran Sungai Citarum,” terangnya.

Baca Juga :  Kejari Kabupaten Sleman Luncurkan Program "Jabat Kampus"

“Semoga kita juga bisa melibatkan industry – industri yang ada, CSRnya untuk membantu kehidupan masyarakat di sekitar Kawasan Sungai Citarum,” katanya.

Kami juga lanjut Rieke, mencatat beberapa perihal penting misalnya bagaimana garis sepadan Sungai itu tidak boleh lagi ada yang melakukan galian C, kasihan warga yang mungkin sebagian orang mendapatkan keuntungan ekonomi, tapi kerusakan ekonomi dan kerusakan psikologis warga yang nantinya terkena bencana itu lebih banyak yang dikorbankan.

“Sudah cukuplah kita melihat kerusakan alam, sudah cukup. Kita juga akan mendukung Balai Besar Wilayah Sungai (BBWS), kebetulan pak Herviano di Komisi V bagaimana kita akan berdiskusi di DPR RI, saya di Komisi VI dan pak Ananta Wahana Anggota Komisi VI, beliau di Komisi bidang industri. Bagaimana bekerja sama untuk membenahi Sungai Citarum, karena ini Sungai yang penting bukan hanya untuk Jawa Barat,” papar Rieke.

Terakhir tambah Rieke, disini kita tanam 1500 pohon, tapi kita tanam di seluruh daerah aliran Sungai. Dari 10 Kabupaten dan Kota melibatkan DPC dan PAC tapi yang pusatnya di Kabupaten Bandung daerah Ciwidey, total semua 1 juta pohon hari ini untuk Jawa Barat. (De/Mul)

Berita Terkait

Kejari Kabupaten Sleman Luncurkan Program “Jabat Kampus”
Kado HBA, Kejari Blitar Rilis Capaian Kinerja
KKM UNIBA Kelompok 63 Gelar Pengobatan Gratis di Sukajadi Carita
Sambut HBA ke-64 dan IAD ke-24, Kejari Taliabu Tebar Keperdulian
Pelepasan KKM UNIBA Kelompok 63 Desa Sukajadi Carita Pandeglang
Soal Banner Pilkada, Pj Walikota Malang Sebut Itu Apresiasi Masyarakat..!
Kejati Jateng Mulai Usut Dugaan Korupsi Revitalisasi Alun-Alun Semarang
Maju Pilkada, Pj Walikota Malang Wahyu Hidayat Dituding Bebani ASN
Berita ini 9 kali dibaca

Berita Terkait

Jumat, 26 Juli 2024 - 18:53 WIB

Kejari Blitar Jateng Musnahkan Beragam Barang Bukti Hasil Kejahatan

Jumat, 26 Juli 2024 - 12:52 WIB

LQ Indonesia Law Firm Penuhi Undangan Eksekusi Aset Sitaan KSP-SB Bogor

Kamis, 25 Juli 2024 - 22:19 WIB

Kejagung Soroti “Kejanggalan” Vonis Bebas Anak Bekas Anggota DPR

Rabu, 24 Juli 2024 - 21:25 WIB

Kejari Kabupaten Tegal Memburu Pelaku Korupsi Dana Desa

Rabu, 24 Juli 2024 - 21:15 WIB

Kejari Kabupaten Tegal Pamer Hasil Capaian Kinerja

Rabu, 24 Juli 2024 - 21:03 WIB

Kejari Kabupaten Bekasi Selesaikan Kasus Sadi Bin Kadin Dengan Restoratif Justice

Senin, 22 Juli 2024 - 15:41 WIB

Waduh..!!!, Setahun Kejari Jakpus Tak Sidangkan Pemalsuan Surat KSP Indosurya

Jumat, 19 Juli 2024 - 14:40 WIB

Soal Final Kepailitan, Praktisi Hukum Persoalkan Trasparansi Publik PN Jakpus

Berita Terbaru

Foto: Dr. Ujang Iskandar, ST, Msi

Berita Utama

Sang “Tupai” Terjatuh Usai ke Vietnam

Jumat, 26 Jul 2024 - 22:57 WIB