Pencanangan Leuweung Padjajaran PDIP Tanam Pohon di Citarum

- Jurnalis

Senin, 3 Februari 2020 - 08:11 WIB

facebook twitter whatsapp telegram line copy

URL berhasil dicopy

facebook icon twitter icon whatsapp icon telegram icon line icon copy

URL berhasil dicopy

BERITA BEKASI – Bersama Anggota Dewan Perwakilan Republik Indonesia (DPR-RI) dan Dewan Provinsi Jawa Barat, Jejen Sayuti, Ketua DPC PDI Perjuangan (PDIP) Kabupaten Bekasi, Soleman, melakukan penanaman pohon secara serentak dalam pencanangan Leuweung Padjajaran di bantaran Sungai Citarum, tepatnya di Kampung Sambo Desa Karangharja, Kecamatan Pebayuran, Minggu (2/2/2020).

Gerakan penanaman pohon ini masih dalam rangka HUT ke-47 PDIP sekaligus sebagai penanda ucapan syukur dan selamat kepada Ketua Umum Partai berlambang banteng moncong putih, Megawati Soekarno Putri yang baru saja merayakan ulang tahunnya pada 23 Januari kemarin.

Kegiatan penanaman pohon tersebut diadakan serentak secara nasional yang dihadiri antara lain, Anggota DPR-RI dari Pengurus Dewan Pimpinan Pusat (DPP) PDI Perjuangan yaitu, Rieke Diah Pitaloka (Teh Oneng), Sturman Panjaitan, Herviano, Rahmad Handoyo, Dede Indra Permana, Sri Rahayu, Sulaiman Umar, Siddiq, Matindas J. Rumambi S.T Ananta Wahana dan juga Anggota DPRD Provinsi Jawa Barat, Jejen Sayuti.

ADVERTISEMENT

SCROLL TO RESUME CONTENT

Acara di Pimpin langsung Ketua DPC PDIP Soleman ikuti oleh para Anggota DPRD Kabupaten Bekasi dari Partai PDIP diantaranya Martina Ningsih, Samuel Habeahan,Tata Saputra, Abdul Rosyid, Nyumarno Ade Kunang Kuswara dan di saksikan oleh unsur Muspika Kecamatan Pebayuran, Kepala Desa Karang Harja, Pengiat Lingkungan Hidup, Karang Taruna dan yang lainnya.

Baca Juga :  Kajati Semarang Lantik Kajari Kabupaten Tegal Wuriadhi Paramita

Kepada Matafakta.com, Anggota DPR RI, Rieke Diah Pitaloka mengatakan, kegiatan yang dilakukan kader PDIP dibantaran Sungai Citarum hari ini adalah peringatan perayaan 47 tahun PDIP, sekaligus kita sebagai penanda ucapan syukur dan selamat kepada Ibu Ketua Umum yang merayakan ulang tahun pada 23 Januari kemarin yang ke-73 tahun.

“Hari ini adalah penanaman pohon serentak secara nasional, di daerah yang sebetulnya sangat penting bagi peradaban terutama Provinsi Jawa Barat, tanah Parahyangan, tanah sunda karena ini adalah muara Sungai Citarum. Maka itu, Ibu Megawati sekarang sedang berada di Kabupaten Bandung di hulunya Sungai Citarum. Oleh karena ini, adalah juga sejarah peradaban dari Tarumanegara dan Padjajaran,” kata Rieke.

Ditambahkannya, kita berharap ini adalah kawasan industri terbesar 8 kawasan industri ada di sini, 231 ribu lebih industri ada di seluruh Kabupaten Bekasi dan penanaman pohon ini bukan hanya sekedar simbolik, penanaman pohon terus  dirawat,” ucapnya.

Lebih lanjut Rieke menambahkan, kita akan ada Rakerda PDI Perjuangan 7 – 9 Februari. Sedang salah satu rekomendasi kita adalah bagaimana pemulihan atau konservasi terhadap daerah aliran Sungai Citarum,” terangnya.

Baca Juga :  Kajati Semarang Lantik Kajari Kabupaten Tegal Wuriadhi Paramita

“Semoga kita juga bisa melibatkan industry – industri yang ada, CSRnya untuk membantu kehidupan masyarakat di sekitar Kawasan Sungai Citarum,” katanya.

Kami juga lanjut Rieke, mencatat beberapa perihal penting misalnya bagaimana garis sepadan Sungai itu tidak boleh lagi ada yang melakukan galian C, kasihan warga yang mungkin sebagian orang mendapatkan keuntungan ekonomi, tapi kerusakan ekonomi dan kerusakan psikologis warga yang nantinya terkena bencana itu lebih banyak yang dikorbankan.

“Sudah cukuplah kita melihat kerusakan alam, sudah cukup. Kita juga akan mendukung Balai Besar Wilayah Sungai (BBWS), kebetulan pak Herviano di Komisi V bagaimana kita akan berdiskusi di DPR RI, saya di Komisi VI dan pak Ananta Wahana Anggota Komisi VI, beliau di Komisi bidang industri. Bagaimana bekerja sama untuk membenahi Sungai Citarum, karena ini Sungai yang penting bukan hanya untuk Jawa Barat,” papar Rieke.

Terakhir tambah Rieke, disini kita tanam 1500 pohon, tapi kita tanam di seluruh daerah aliran Sungai. Dari 10 Kabupaten dan Kota melibatkan DPC dan PAC tapi yang pusatnya di Kabupaten Bandung daerah Ciwidey, total semua 1 juta pohon hari ini untuk Jawa Barat. (De/Mul)

Berita Terkait

Kajati Semarang Lantik Kajari Kabupaten Tegal Wuriadhi Paramita
Sah! Agus Alam Kausal Pimpinan Kejari Kepulauan Yapen
Emak-emak Siap Andra Soni Gubernur Banten Periode 2024-2029
Siap Jadi Wakil Khofifah, Untari Deklarasi Koalisi Rakyat Bersatu Jawa Timur
Soal Netralitas Pilkada, POKJA SUBARAYA Soroti Pejabat dan ASN Jawa Barat
Pj Walikota Malang Diperiksa Kajari Terkait Dugaan Penggelapan Aset
Tokoh Pemuda Apresiasi Terbentuknya Organisasi BAPER Tangsel
DPC Demokrat Ponorogo Buka Pendaftaran Bakal Calon Bupati Maupun Wakil Bupati
Berita ini 9 kali dibaca

Berita Terkait

Selasa, 25 Juni 2024 - 07:28 WIB

Kejari Kabupaten Bekasi Diminta Tangkap Mantan Dirut Perumda Tirta Bhagasasi

Senin, 24 Juni 2024 - 11:00 WIB

Waduh…!!!, Perusahaan Daftar Hitam UI Menangkan Lelang di Kota Bekasi 

Senin, 24 Juni 2024 - 09:54 WIB

Ini Kata Delvin Chaniago Soal Rencana Penyuluhan Petugas Damkar Kota Bekasi

Senin, 24 Juni 2024 - 08:53 WIB

Soal Pembatalan Proyek PSEL, JNW: Bisa Aja Mantan Walikota Bekasi Ngelesnya!

Minggu, 23 Juni 2024 - 09:45 WIB

FKMPB: Peran Kepala Bidang di Dinas Kabupaten Bekasi Mandul  

Jumat, 21 Juni 2024 - 23:19 WIB

Bentuk Dinasti, LSM LIAR Desak Inspektorat Audit Desa Pantai Harapan Jaya

Jumat, 21 Juni 2024 - 13:51 WIB

Pj Walikota Bekasi Raden Gani Resmi Batalkan Proyek PSEL Kota Bekasi

Jumat, 21 Juni 2024 - 12:42 WIB

Harus Pulangi Rp4,7 Miliar, JNW: Proses Hukum Menanti Dispora Kota Bekasi     

Berita Terbaru

Foto: Alvin Lim, SH, MH

Berita Utama

Kasus Vina Cirebon Vs Jessica Bukti Penegakan Hukum Sudah Rusak

Selasa, 25 Jun 2024 - 18:32 WIB

Deklarasi Paket Pimpinan DPD-RI 2024-2029

Berita Utama

Langgar Kode Etik, BK DPD-RI Diminta Berikan Sangsi Tegas LaNyalla

Selasa, 25 Jun 2024 - 18:09 WIB

Foto: Menkoinfo Budi Arie Setiadi (Kiri) dan Pakar Hukum, Abdul Fickar Hadjar (Kanan)

Berita Utama

Pakar: Pemain Judi Online Adalah Pelaku Kejahatan Bukan Korban Judol

Selasa, 25 Jun 2024 - 17:49 WIB