332 KM Jalan Negara di Kabupaten Merangin Jambi Rusak

- Jurnalis

Kamis, 16 Januari 2020 - 08:53 WIB

facebook twitter whatsapp telegram line copy

URL berhasil dicopy

facebook icon twitter icon whatsapp icon telegram icon line icon copy

URL berhasil dicopy

BERITA JAMBISedikitnya 332 kilometer (KM) jalan negara di Kabupaten Merangin, Provinsi Jambi hingga kini dalam kondisi rusak berat. Kerusakan jalan tersebut mencapai 28 persen dari total 1.184 KM panjang jalan negara di daerah itu.

Ruas jalan negara yang rusak berat di daerah itu sekitar 120 KM (10 persen) dan rusak ringan 212 KM (18 persen). Sedangkan ruas jalan negara berkualitas sedang di daerah itu sekitar 149 KM (13 persen) dan kualitas baik sekitar 703 KM (59 persen).

Kepala Dinas Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Kabupaten Merangin, Aspan di Bangko, Merangin menjelaskan, masih banyaknya jalan rusak di Kabupaten Merangin akibat minimnya anggaran perbaikan, pembangunan dan peningkatan kualitas jalan.

ADVERTISEMENT

SCROLL TO RESUME CONTENT

Minimnya anggaran tersebut lanjutnya, membuat penanganan kerusakan jalan di daerah itu diutamakan pada ruas-ruas jalan utama seperti jalan antar Kabupaten dan jalan ke sentra-sentra produksi pertanian.

“Kerusakan jalan Bangko-Jangkat yang ambles di ruas jalan Desa Koto Rami, Kecamatan Lembah Masurai, Kabupaten Merangin Desember 2019 lalu pun belum bisa diperbaiki akibat belum adanya dana. Kerusakan jalan akibat longsor tersebut baru dilakukan dengan cara tim tanggap darurat,”katanya.

Dikatakan, Dinas PUPR Kabupaten Merangin akan melanjutkan perbaikan kerusakan jalan di daerah itu setelah anggaran pembangunan jalan tahun ini cair.

Anggaran pembangunan infrastruktur dialokasikan pada Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) 2020 Kabupaten Merangin. DPRD sudah ketok palu atau setuju.

Setelah dana tersebut cair, perbaikan jalan di Merangin akan segera dilakukan. Selama beberapa tahun terakhir, Dinas PUPR Merangin mendapatkan dana pembangunan jalan sekitar Rp90 miliar per tahun. Dana tersebut masih kurang maksimal dibandingkan panjang jalan negara yang rusak berat dan ringan.

Dijelaskan, kondisi jalan negara di Merangin saat ini sudah cukup meningkat menyusul terus bertambahnya jalan negara yang sudah diaspal.

Total panjang jalan negara yang sudah diaspal di daerah itu mencapai 535 KM, sekitar 31,30 KM masih jalan berkerikil, sekitar 491 KM jalan tanah dan 127 KM jalan rabat beton.

Petani Mengeluh

Sementara itu para petani kelapa sawit di Kecamatan Pamenang, Kabupaten Merangin mengeluh akibat banyaknya jalan ke sentra-sentra perkebunan jalan nasional yang rusak di daerah itu. Kerusakan jalan tersebut membuat pengangkutan hasil kelapa sawit petani dari kebun ke pabrik sering terhambat.

F Sianturi (45), warga Desa Pamenang, Kecamatan Pamenang, Merangin mengatakan, sekitar satu kilometer ruas jalan dari Jalan Lintas Sumatera (Jalinsum) menuju Kelurahan Pasar Pamenang, rusak berat.

“Kerusakan jalan ini sudah sangat berat karena sudah bertahun-tahun tidak diperbaiki. Ruas jalan menuju Pasar Pamenang ini kini seperti kubangan kerbau karena hujan lebat yang terus mengguyur daerah ini,” katanya.

Dia menyatakan, perbaikan jalan ke sentra produksi perkebunan sawit di Pamenang perlu segera dilakukan menyusul adanya pemekaran Kecamatan Pamenang menjadi empat kecamatan. Jumlah desa yang berada di empat kecamatan tersebut ada 14 desa.

“Kami mengharapkan Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Merangin segera memperbaiki kerusakan ke wilayah kami agar desa kami tidak sampai terisolasi, khususnya di saat musim hujan sekarang ini,” katanya.

Sementara itu Gubernur Jambi, Fachrori Umar ketika berkunjung ke berbagai desa di Kabupaten Merangin baru-baru ini mengatakan, sekitar 80 persen keluhan warga masyarakat di daerah itu menyangkut kerusakan jalan. Warga masyarakat mengeluh kerusakan jalan yang berat dan tidak pernah mendapat perbaikan.

“Karena itu saya meminta Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Merangin berupaya semaksimal mungkin meningkatkan perbaikan kerusakan jalan berstatus kabupaten. Peningkatan anggaran pembangunan jalan juga harus terus diperjuangkan hingga ke Pemerintah Pusat,” tutur Fachrori.

Dijelaskan, anggaran dana Pemerintah Provinsi Jambi untuk menangani jalan sangat terbatas. “Karena itu Pemerintah Provinsi Jambi hanya bisa melakukan perbaikan jalan secara bertahap dan merata di seluruh kabupaten,” ujar Gubernur Jambi. (BR-1)

Sumber: Suara Pembaruan

Berita Terkait

Pj Walikota Malang Diperiksa Kajari Terkait Dugaan Penggelapan Aset
Tokoh Pemuda Apresiasi Terbentuknya Organisasi BAPER Tangsel
DPC Demokrat Ponorogo Buka Pendaftaran Bakal Calon Bupati Maupun Wakil Bupati
PKS dan PBB Jatim Dukung Politikus PDIP Sri Untari Maju Dalam Pilgub Jatim
RIBUT Dukung Sri Untari Bisowarno di Pilgub Jatim Periode 2024-2029
Sugeng Riyanta Resmi Jadi Wakil Kajati Jateng Gantikan Teguh Subroto
Lepas Balik Kerja Bareng BPKH, Ini Pesan Anggota DPR RI Abdul Wachid
960 Peserta “Balik Kerja Bareng” BPKH Semarang Diberangkatkan ke Jakarta
Berita ini 3 kali dibaca

Berita Terkait

Minggu, 19 Mei 2024 - 17:52 WIB

Polres Kabupaten Bekasi Didesak Usut Pengancaman Keluarga Pirlen Sirait

Jumat, 17 Mei 2024 - 17:13 WIB

Pasca Pemberitaan Proyek Conblock SDN 02 Kebalen Dadakan Pasang Plang

Jumat, 17 Mei 2024 - 16:04 WIB

Pengurus PWI Bekasi Raya Bakal Dilantik 26 Juni 2024

Jumat, 17 Mei 2024 - 14:45 WIB

SDN 02 Kebalen Harapkan Keiklasan Wali Murid Bantu Program Sekolah

Kamis, 16 Mei 2024 - 12:07 WIB

Soal Sudah Adanya SK Pj Bupati Bekasi, FKMPB: Putusan Belum Final

Kamis, 16 Mei 2024 - 11:29 WIB

FKMPB Yakin Sekda Dedy Supriadi Jabat Posisi Pj Bupati Bekasi

Kamis, 16 Mei 2024 - 00:47 WIB

KSM LSM GMBI Babelan: Ada Proyek “Conblock Siluman” di SDN 02 Kebalen

Selasa, 14 Mei 2024 - 17:28 WIB

Ketua PWI Bekasi Minta Penyidik Polres Dalami Kasus Pengacaman Wartawan

Berita Terbaru

Forum Wartawan dan LSM Nasrani Bekasi Raya

Seputar Bekasi

Polres Kabupaten Bekasi Didesak Usut Pengancaman Keluarga Pirlen Sirait

Minggu, 19 Mei 2024 - 17:52 WIB

Foto: Agus Budiono (Dewan Pembina TEAM GARUDA-08, Bekasi Raya

Berita Utama

TEAM GARUDA-08 Bekasi Raya Kecam Rocky Gerung Hina Prabowo

Jumat, 17 Mei 2024 - 19:40 WIB

SDN 02 Kebalen

Seputar Bekasi

Pasca Pemberitaan Proyek Conblock SDN 02 Kebalen Dadakan Pasang Plang

Jumat, 17 Mei 2024 - 17:13 WIB

Foto: PWI Bekasi Raya

Seputar Bekasi

Pengurus PWI Bekasi Raya Bakal Dilantik 26 Juni 2024

Jumat, 17 Mei 2024 - 16:04 WIB