Politisi PDIP Rieke Diah Pitaloka Raih Gelar Doktor Ilmu Komunikasi

- Jurnalis

Rabu, 25 Mei 2022 - 23:45 WIB

facebook twitter whatsapp telegram line copy

URL berhasil dicopy

facebook icon twitter icon whatsapp icon telegram icon line icon copy

URL berhasil dicopy

Doktor Rieke Diah Pitaloka

Doktor Rieke Diah Pitaloka

BERITA JAKARTA – Artis sekaligus politisi perempuan Rieke Diah Pitaloka dari PDI Perjuangan (PDIP), meraih gelar Doktor ilmu komunikasi dari Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Indonesia (FISIP UI), Rabu (25/5/2022). Proses penganugerahan kali ini pertama pasca pandemi di Kampus kuning tersebut.

“Semua tim penguji dari UI memutuskan untuk mengangkat saudara menjadi Doktor dalam bidang ilmu komunikasi dengan yudisium cumlaude,” kata Dekan FISIP UI, Prof. Dr. Drs. Semiarto Aji Purwanto, M.Si saat memimpin proses penganugerahan gelar Doktor di Aula Juwono Sudarsono FISIP Universitas Indonesia.

Raihan gelar Doktor tersebut, ditempuh Rieke Diah Pitaloka selama 2 tahun 8 bulan 23 hari. “Kami bangga saudari Rieke Diah Pitaloka menyelesaikan studinya sangat cepat,” lanjutnya.

ADVERTISEMENT

SCROLL TO RESUME CONTENT

Dosen FISIP Universitas Indonesia, Dr. Hendriyani, M.Si menjelaskan, sejak awal kuliah di S3, Rieke menyampaikan bahwa dirinya akan melakukan desertasi yang akan mempunyai dampak perubahan bagi masyarakat Indonesia, terutama kebijakan pembangunan berbasis data.

Baca Juga :  Tiga Hakim Agung "Tersengat" Perkara Gregorius Ronald Tannur?

“Desertasi ini akan menjadi contoh integrasi antara keberpihakan peneliti dan pemahaman permasalahan di masyarakat,” terang Rieke saat memberikan kata sambutan dalam sidang tadi.

Lanjutnya, setelah melakukan riset Doktor Rieke Diah Pitaloka semakin yakin bahwa Kampus bisa menjadi center of science.

Rieke yang juga Anggota DPR RI ini, menjelaskan, perjalanan studi ini tidak boleh didelegasikan pada siapapun. Ini merupakan sejarah yang mahal dan sangat berarti tidak hanya bagi diri sendiri tapi juga ketiga anaknya.

“Saya teringat kata orang tua saya, sebaik-baiknya ilmu adalah ilmu yang bermanfaat bagi kemanusiaan. Terima kasih Papa dan Mama almarhum,” tuturnya saat menyampaikan pernyataan usai disahkan mencapai gelar Doktor.

Dalam rangkaian ucapan setelah dikukuhkan, Rieke Diah Pitaloka tidak lupa memberikan ucapan khusus untuk Presiden RI ke-5 Ibu Megawati Soekarnoputri.

“Terima kasih Ibu Megawati Soekarnoputri, semoga desertasi ini sebagai pengingat bagi saya untuk terus memperjuangkan cita-cita kebijakan pembangunan berbasis data yang aktual dan akurat,” ucapnya.

Baca Juga :  Kisah Majelis Hakim PN Surabaya "Nyambi" Kuasa Hukum Kena OTT

Menurut Rieke, desertasi ini juga ingin mewujudkan cita-cita yang ditorehkan Bung Karno dan 513 orang dewan perancang nasional peretak roadmap pembangunan pertama Indonesia merdeka.

Dokumen sejarah pembangunan tersebut, tegas Rieke, dijadikan sebagai pengingat prasyarat utama terwujudnya kesejahteraan dan keadilan sosial adalah kebijakan publik yang membuka komunikasi dan partisipasi warga negara yaitu rakyat yang menjadi sumber dan tujuan pembangunan

Hadir dalam sidang Promosi Doktor Rieke Diah Pitaloka antara lain, Wakil Ketua DPR RI, Rahmat Gobel, Wakil Menteri Perdagangan, Jerry Sambuaga, Prof. Wardiman Djojonegoro, Prof. Rochim Dahuri, Dr. Bambang Kesowo SH, LLM.

Prof. Dr. Ir. M. Faiz Syuaib M.Agr Wakil LPPM IPB, Kepala Anri Drs. Imam Gunarto, Kepala Perpustakaan Nasional Drs. M. Syarif Bando MM, Badan Pemeriksa Keuangan Daniel Lumban Tobing, Pj Gubernur Sulbar Dr. Akmal Malik, Pj Bupati Bekasi Dani Ramdani. (Hasrul)

Berita Terkait

Pakar Hukum: Harapan Untuk Pemerintahan Prabowo & Gibran
Warning Penyidik Kepada Pihak yang Pernah Kerjasama Dengan Zarof Ricar
Tiga Hakim Agung “Tersengat” Perkara Gregorius Ronald Tannur?
Soal Kasus Suap, Kejagung Berencana Periksa Tiga Hakim Agung
Dugaan Dewas KPK “Lindungi” Deputi Pencegahan dan Monitoring KPK
Badai KKN Menerpa Mahkamah Agung
Kongkalingkong Perkara Tim Saber Pungli Kejagung Amankan Duit Rp1 Triliun
Kisah Majelis Hakim PN Surabaya “Nyambi” Kuasa Hukum Kena OTT
Berita ini 4 kali dibaca

Berita Terkait

Sabtu, 26 Oktober 2024 - 17:56 WIB

Pakar Hukum: Harapan Untuk Pemerintahan Prabowo & Gibran

Sabtu, 26 Oktober 2024 - 09:56 WIB

Warning Penyidik Kepada Pihak yang Pernah Kerjasama Dengan Zarof Ricar

Sabtu, 26 Oktober 2024 - 01:07 WIB

Tiga Hakim Agung “Tersengat” Perkara Gregorius Ronald Tannur?

Sabtu, 26 Oktober 2024 - 00:12 WIB

Soal Kasus Suap, Kejagung Berencana Periksa Tiga Hakim Agung

Jumat, 25 Oktober 2024 - 23:56 WIB

Dugaan Dewas KPK “Lindungi” Deputi Pencegahan dan Monitoring KPK

Berita Terbaru

Kantor Desa Sumberjaya, Tambun Selatan, Kabupaten Bekasi

Seputar Bekasi

Isue Bakal Ada Proyek Pembebasan Lahan Warnai Polemik Desa Sumberjaya

Senin, 28 Okt 2024 - 14:30 WIB

Foto: Perumda Tirta Patriot Kota Bekasi

Seputar Bekasi

Pj Walikota Bekasi Diminta Evaluasi Jajaran Perumda Tirta Patriot

Senin, 28 Okt 2024 - 07:54 WIB