Samuel F Silaen: Mega dan JK Punya Peluang Maju Pilpres 2024

- Jurnalis

Jumat, 29 Januari 2021 - 13:17 WIB

facebook twitter whatsapp telegram line copy

URL berhasil dicopy

facebook icon twitter icon whatsapp icon telegram icon line icon copy

URL berhasil dicopy

BERITA JAKARTA – Selama kita percaya dan yakin pada sistem demokrasi maka tidak perlu ada dikotomi antara tua dan muda. Sebab yang muda juga belum tentu lebih baik dari pada yang tua, begitu juga sebaliknya. Hal itu, dikatakan, pengamat politik Direktur Eksekutif Lembaga Kajian Studi Masyarakat dan Negara (LAKSAMANA), Samuel F. Silaen.

“Pada pilpres 2024 yang akan datang semua anak terbaik bangsa berhak maju sebagai calon Presiden dan Calon Wakil Presiden, selama memenuhi syarat pencalonan. Meski ada yang coba meng otak-atik lewat aturan dalam rangka menjegal maka itu tak akan berhasil, jika berhasil pun maka ‘bala’ yang akan jadi lawannya ketika memimpin,” terang Silaen kepada Matafakta.com, Jumat (29/1/2021).

Dilanjutkan Silaen, kriteria usia tua-muda tidak dapat dijadikan sebagai patokan untuk berkarya dan berbakti, apalagi berprestasi kepada bangsa dan negaranya. Kalau melihat negara kampiun demokrasi yang nan-jauh disana yang tua juga oke kok. Justru yang terpilih sekarang adalah tokoh-tokoh yang usia tua.

ADVERTISEMENT

SCROLL TO RESUME CONTENT

“Kenapa kita harus alergi soal usia tua muda lalu mencari pembenaran untuk menjegal langkah orang lain untuk maju. Selama ini frasa tua-muda dihembuskan dalam kerangka untuk menegasikan peran dan kemampuan tokoh yang lebih tua, itu sudah salah besar,” sindir Silaen.

Menurut Silaen, peluang Megawati Soekarnoputri dan Jusuf Kalla di Pilpres 2024 punya kans yang sama besar dengan tokoh muda yang lainnya, pertanyaannya, bagaimana caranya agar tingkat keterpilihan mereka dapat diterima ‘pasar’ yakni pemilik suara dan dipilih. Ini bicara isi hati manusianyan kan maka yang paling tahu ya Allah maha pencipta.

“Memang kedua tokoh bangsa itu sudah pernah mencoba maju sebagai Capres dan kenyataannya belum beruntung. Ini problem tersendiri bagi yang pernah maju lalu kalah berkali-kali pasti ada sedikit trauma didalam dirinya sendiri,” imbuhnya.

Dikatakan Silaen, pejuang akan berhenti ketika ajal menjemputnya, selama masih ada waktu dan kesempatan maka pejuang tak akan berhenti berjuang dalam mewujudkan impian yang ada didalam dirinya. Yang terpenting jangan sampai salah jalan.

“Begitu juga dengan yang usia muda tentu saja punya kans yang sama besar dengan tokoh bangsa yang usia tua. Yang pasti usia muda juga akan tua dan yang tua akan tetap saja tua. Ini soal cara pandang saja,” canda Silaen.

Dunia punya tren tersendiri kalau bicara kepemimpinan. Kepemimpinan itu sesuatu yang tidak bisa diraih hanya oleh karena merasa muda dan punya potensi. Kepemimpinan itu bagian dari ikhtiar sepanjang hayat manusia. Dengan istilah yang saya yakini akan “indah pada waktunya.

Menurut Silaen, faktor yang mendasar dalam meraih kemenangan tidak hanya ditentukan oleh kapital (money), jaringan, namun lebih dari itu faktor lucky yang berasal dari takdir illahi pencipta alam semesta. Manusia hanya bisa ora et labora tapi keputusan tetap ditangan maha pencipta Tuhan yang maha kuasa.

“Pengalaman saya nyata, boleh dikatakan dua kali terjadi di organisasi besar kepemudaan HIPMI dan KNPI ketika ada pihak- pihak tertentu karena punya kekuatan politik atau kekuasaan politik yang tengah berkuasa lalu mencoba mengatur (setting) agar jagoannya bisa menang, justru yang didapatkan adalah kekalahan. Jadi rencana manusia bukan rencanaNya, “beber aktivis organisasi kepemudaan itu.

Meskipun hanya beda satu suara yang namanya kalah ya tetaplah kalah. Jadi sekuat apapun manusia me ‘reka-reka’ tapi jika yang maha kuasa tak merestui maka tetap saja akan gagal. Ketika ada orang yang merasa diatas angin dan memiliki segala-galanya, maka jangan takabur dengan segala kesombongan yang sedang merasuki hati dan pikiran hingga merasa menang dengan segala trik dan intrik politik yang sedang dimainkan.

“Kepemimpinan itu adalah pelayanan publik yang diamanahkan kepada yang mendapat keberkahan ilahiah tanpa itu akan berakhir sia- sia. Kepada tim ‘pembisik’ Capres dan Cawapres ada baiknya berdoa sungguh-sungguh untuk mendapatkan konfirmasi dari yang diatas yakni pemilik segala sesuatu dibumi dan disurga,” pungkasnya. (Indra)

Berita Terkait

Setelah Pemilu 2024 Apakah Akan Banyak Caleg Yang Masuk Rumah Sakit Jiwa?
Didukung 7 RT, Ketua RW024 Perum VGH Sahid Sutomo Lanjut Genapi 5 Tahun
Pengawasan Model Kerjasama Komisi Yudisial, Kepolisian dan KPK
Wow…!!!, Setahun Penyidikan di Kejati DKI Belum Ada Tersangka Korupsi?
Pesta Narkoba, Kepala UPTD Pajak dan Retrebusi Kota Bekasi Diciduk Polisi
Sampai Bubar, Pemain Persipasi Kota Bekasi TC Lembang Belum Terima Transport
Pakar Hukum Dorong Kasus Bos Kalpataru Sawit Plantation Terapkan Pasal TPPU
HDCI Berikan Bantuan Korban Erupsi Gunung Semeru
Berita ini 0 kali dibaca

Berita Terkait

Rabu, 24 April 2024 - 00:11 WIB

Kejati DKI Tahan Mantan Dir Investasi dan Pengelolaan Dapen PT. BA

Senin, 22 April 2024 - 12:36 WIB

Buron 7 Tahun Terpidana Perpajakan Berhasil Ditangkap Satgas SIRI Kejagung

Kamis, 18 April 2024 - 23:01 WIB

Disparitas Sidang Korupsi dan Sandal Jepit

Kamis, 18 April 2024 - 15:40 WIB

Agenda Sidang Tak Jelas, Ruang Ali Said PN Jakpus Disesaki Pengunjung

Kamis, 18 April 2024 - 14:17 WIB

Jadwal Sidang Tak Menentu, Pencari Keadilan di PN Jakpus Kecewa

Kamis, 18 April 2024 - 11:13 WIB

Selama 3 Bulan, Kejati Jateng Berhasil Eksekusi 5 DPO Korupsi  

Jumat, 5 April 2024 - 20:51 WIB

Quotient TV Bahas Mafia Tanah, Alvin Lim: Kasus Perdata Berubah Jadi Pidana

Kamis, 4 April 2024 - 16:31 WIB

Pj Walikota Bekasi Raden Gani Jadi Saksi Sengketa Pemilu 2024 di MK

Berita Terbaru

Foto: Ade Muksin Terpilih Jadi Ketua PWI Bekasi Raya

Seputar Bekasi

Ade Muksin Terpilih Jadi Ketua PWI Bekasi Raya Periode 2024-2027

Rabu, 24 Apr 2024 - 13:01 WIB

Aksi Karyawan PT. Polo Ralph Lauren Indonesia di Mahkamah Agung

Berita Utama

Menangkan Buronan, Karyawan PT. PRLI Minta 3 Hakim MA Diusut

Selasa, 23 Apr 2024 - 19:07 WIB