Bursa Kapolri, Rekam Jejak Komjen Agus Paling Layak

- Jurnalis

Jumat, 1 Januari 2021 - 12:09 WIB

facebook twitter whatsapp telegram line copy

URL berhasil dicopy

facebook icon twitter icon whatsapp icon telegram icon line icon copy

URL berhasil dicopy

Rajamin, SE

Rajamin, SE

BERITA JAKARTA – Jika rekam jejak, Komjen Pol Agus Andrianto adalah sosok yang sangat pantas menjadi Kapolri. Sebab, perwira tinggi Polri ini memiliki rekam jejak yang mumpuni. Tak hanya mampu mengungkap kasus kasus pelik, tapi sejak menjadi Kapolsek pun sudah dicintai masyarakat dimana dia bertugas.

“Saya merasa beliau sangat pantas memimpin Polri, karena rekam jejaknya mumpuni. Banyak kasus kasus besar di Sumut yang teratasinya secara baik,” kata Ketua Pemuda Mitra Kamtibmas (PMK) Sumut, Rajamin Sirait ketika berbincang dengan Matafakta.com, Jumat (1/1/2021).

Menurut Rajamin, rekam jejak yang terpenting adalah dia mampu mengayomi masyarakat sejak masih menjabat sebagai Kapolsek. Ini catatan sangat penting, karena beginilah polisi sesungguhnya yang kita harapkan. Dicintai masyarakat.

ADVERTISEMENT

SCROLL TO RESUME CONTENT

Dikatakan Rajamin, sebagai Mitra Polri dia terus mengikuti rekam jejak semua mantan Kapolda Sumut, termasuk Jendral Sutanto. Banyak ilmu yang diterima Komjen Agus dari mantan Kapolri tersebut dan banyak peristiwa besar yang menggemparkan dapat diselesaikan Komjen Agus.

Dia mencontohkan, bentrok berdarah Nommensen pada 2000 silam. Saat itu, Agus menjabat sebagai Kasat Reskrim. Kapolda Sumut kala itu, Jenderal Sutanto yang memberikan wewenang penuh untuk mengusut kejadian yang menyebabkan dua mahasiswa meninggal dunia.

“Mas Agus (Kabaharkam) mampu mengurai akar permasalahan peristiwa. Saya juga dilibatkan ketika itu. Hasilnya, peristiwa itu bukan sebuah tindakan yang salah, tapi merupakan salah satu ekses kejadian brutal,” ujarnya.

Kerja Agus lainnya adalah saat teror bom Gereja menghantui warga Medan. Terornya beruntun dari satu Gereja ke Gereja lain. Komjen Agus, salah satu orang yang berhasil melakukan pencegahan, sehingga tidak terjadi hal yang tak diinginkan. Padahal ketika itu belum ada pengetahuan soal bom.

Atas instruksi yang diberikan Jenderal Sutanto, mantan Kapolsek Sumbul itu, lantas mengambil tindakan pencegahan.

“Dengan membuat sekat-sekat dan mengoptimalkan patroli serta tindakan-tindakan lain, sehingga teror bom parsel itu tidak terjadi,” kenang Rajamin.

Artinya, sambung Rajamin, Sumatera Utara ketika itu lolos dari ancaman pecahnya konflik horizontal yang merupakan keberhasilan dari kerja beliau.

Usai dimutasi ke Jawa Timur, keduanya jarang bertemu. Namun sepengetahuan Rajamin, disana, Komjen Agus menemui guru sekaligus bapak baginya. Karakter Agus, diakuinya, mengcopy paste mantan Kapolri Jenderal Sutanto.

Di Dirtipidum Mabes pun, Agus menunjukkan kualitasnya sebagai penegak hukum yang mengedepankan profesionalitas.

“Kasus Ahok juga beliau yang menangani dan hasilnya berhasil diselesaikan secara bijak,” ungap Rajamin.

Selain itu, Agus juga dinilai berhasil mengamankan Pilpres 2019 lalu. Sebelumnya, Agus menjabat Waka Polda Sumut. Dia berperan sebagai waka yang baik hingga akhirnya diamanahi jabatan Kapolda. Dialah orang pertama yang jadi Kapolda dari Waka.

“Tugas berat selanjutnya, sebagai Kapolda, adalah penyelenggaraan Pilpres. Itupun berhasil dan berlangsung aman, tidak ada gangguan dan konflik,” ulasnya Rajamin.

Agus mampu membuat Polsek sejajaran Polda Sumut bersikap netral dan kompak kala Pilpres. Pendekatan kepada masyarakat dan komunitas yang digalang Agus untuk menciptakan Kamtibmas pun patut diacungi jempol.

Nilai lebih Agus lainnya adalah, mampu menekan angka kejahatan di masyatakat. Contohnya di Sumbul. Agus mampu menghidupkaan perpolisian masyarakat.

“Masyarakat diajarkan untuk menjadi polisi pada diri sendiri. Ini yang sebenarnya diperlukan, karena rasio jumlah polisi dengan masyarakat sangat terbatas. Jadi, ajarkan agar masyarakat menjadi polisi bagi dirinya sendiri,” urai Rajamin.

Hasil maksimal perangkulan yang dilakukannya terhadap masyarakat, beber Rajamin, saat meninggalkan jabatan sebagai Kapolsek di Sumbul, Dairi, Sumut, Komjen Pol Agus muda pun diantar oleh tokoh masyarakat ke tempat dinasnya yang baru.

“Bayangkan, saat masih Kapolsek saja beliau sudah membuat masyarakat mencintainya sebagai polisi. Dan itu, dibuktikannya hingga beliau menjadi Kapolda. Penjaga mesjid, bilal mayat, tukang becak, semua merasa senang atas sikap beliau,” papar Rajamin lagi.

Dari sederet keberhasilan tersebut, Rajamin menyebut Komjen Agus Andrianto pantas dan patut menjadi Kapolri. Meski dia mewanti-wanti bukan kapasitasnya menetapkan siapa Kapolri nantinya.

Pengalaman demi pengalaman keberhasilan seorang Agus Andrianto itu sebetulnya dapat dijadikan tonggak awal untuk membenahi independensi Polri ke depan.

“Rakyat berharap pada kepemimpinannya. Polri punya wajah baru yang menjunjung tinggi nilai integritas dan menjadikan masyarakat sebagai hukum tertinggi,” pungkasnya. (Yon)

Berita Terkait

Setelah Pemilu 2024 Apakah Akan Banyak Caleg Yang Masuk Rumah Sakit Jiwa?
Didukung 7 RT, Ketua RW024 Perum VGH Sahid Sutomo Lanjut Genapi 5 Tahun
Pengawasan Model Kerjasama Komisi Yudisial, Kepolisian dan KPK
Wow…!!!, Setahun Penyidikan di Kejati DKI Belum Ada Tersangka Korupsi?
Pesta Narkoba, Kepala UPTD Pajak dan Retrebusi Kota Bekasi Diciduk Polisi
Sampai Bubar, Pemain Persipasi Kota Bekasi TC Lembang Belum Terima Transport
Pakar Hukum Dorong Kasus Bos Kalpataru Sawit Plantation Terapkan Pasal TPPU
HDCI Berikan Bantuan Korban Erupsi Gunung Semeru
Berita ini 1 kali dibaca

Berita Terkait

Kamis, 25 April 2024 - 10:03 WIB

Diduga, Oknum Jaksa Kejari Jakpus Langgar Kode Prilaku Jaksa

Rabu, 24 April 2024 - 13:42 WIB

Aksi di Mabes Polri, LQ Indonesia Law Firm Tuntut Copot Dir-Tipideksus

Selasa, 23 April 2024 - 19:07 WIB

Menangkan Buronan, Karyawan PT. PRLI Minta 3 Hakim MA Diusut

Senin, 22 April 2024 - 21:50 WIB

Terancam PHK Massal, Karyawan PT. Polo Ralph Lauren Indonesia Tolak Putusan MA

Minggu, 21 April 2024 - 15:26 WIB

Alvin Lim Laporkan Brigjen Wisnu Hermawan Atas Dugaan Kaburnya Bos Investasi

Minggu, 21 April 2024 - 12:04 WIB

Nitizen Soroti Rumah Presiden PKS Saat Dikunjungi Anies Baswedan

Jumat, 19 April 2024 - 19:29 WIB

Tak Profesional, Alvin Lim Laporkan Penyidik Dirtipideksus Mabes Polri

Jumat, 19 April 2024 - 13:34 WIB

LQ Indonesia Law Firm Bakal Gelar Aksi Dengan Korban Net-89 dan Indosurya

Berita Terbaru

Foto: Advokat Raden Nuh

Berita Utama

Diduga, Oknum Jaksa Kejari Jakpus Langgar Kode Prilaku Jaksa

Kamis, 25 Apr 2024 - 10:03 WIB