KBRI Sofia Prioritaskan Pelindungan WNI di Masa Covid-19

BERITA JAKARTA – Pandemi virus Corona atau Covid-19 juga berdampak pada wilayah kerja Kedutaan Besar Republik Indonesia (KBRI) Sofia yaitu Bulgaria, Albania dan Makedonia Utara.

Menjawab hal tersebut, KBRI Sofia, terus meningkatkan upaya pelindungan dan pelayanan bagi para Warga Negara Indonesia (WNI) yang berada di ketiga Negara tersebut.

Diketahui, sejak April 2020, KBRI Sofia secara bertahap memberikan bantuan logistik bagi WNI yang tinggal di Bulgaria, Albania dan Makedonia Utara.

Bantuan tersebut, berupa bahan makanan ringan, masker, sarung tangan dan cairan pembersih tangan. Pemberian bantuan diutamakan bagi pelajar atau mahasiswa dan Pekerja Migran Indonesia (PMI).

Sejauh ini, bantuan logistik telah disampaikan kepada seluruh WNI di Albania, 5 orang mahasiswa Indonesia di Bulgaria dan 6 orang PMI yang bekerja di Spa Victoria Bulgaria (Sofia dan Velingrad).

KBRI Sofia juga telah mendampingi 40 WNI rombongan tur yang sempat tertahan di perbatasan Bulgaria dan Serbia pada 15 Maret 2020 lalu.

Mereka berencana mengunjungi Serbia setelah berwisata ke Bulgaria dan Romania, tetapi ditolak masuk ke wilayah Serbia, karena alasan riwayat perjalanan seluruh WNI yang telah mengunjungi daerah rawan Covid-19 di Kawasan Balkan.

KBRI Sofia memantau kondisi rombongan dan menyediakan bantuan logistik berupa makanan dan air mineral, karena saat itu di tengah kondisi lockdown.

Pada 16 Maret 2020, WNI, telah berhasil pulang ke Indonesia dengan selamat dengan penerbangan melalui Dubai.

Selain itu, KBRI Sofia juga menyelenggarakan kegiatan Sarasehan Virtual dengan mengundang para WNI di ketiga Negara, Rabu 22 April 2020.

Kegiatan ini pun dihadiri 12 perwakilan WNI dan berisi diskusi permasalahan yang dihadapai saat menghadapi pembatasan sosial di masing-masing negara.

Baca Juga  Soal Kabar Pilot di PHK, Ini Penjelasan Garuda Indonesia

Pada kesempatan tersebut, Duta Besar Indoensia untuk Bulgaria merangkap Albania dan Makedonia Utara, Sri Astari Rasjid menghimbau, agar WNI tetap tenang, menjaga kesehatan dan mematuhi peraturan Pemerintah Negara setempat.

Disisih lain, guna melindungi WNI yang bekerja di KBRI dan yang bertamu ke KBRI, sterilisasi dengan cara penyemprotan cairan disinfektan telah dilakukan pada gedung KBRI Sofia pada tanggal 15 Maret 2020.

Sterilisasi diikuti dengan pelaksanaan swab test bagi para pegawai KBRI yang merupakan ujung tombak pelindungan WNI di wilayah akreditasi KBRI Sofia. Hasil swab test menunjukkan seluruh pegawai tidak terjangkit Covid-19.

KBRI Sofia terus memantai kesehatan dan keselamatan para WNI di tengah pandemi COVID-19. Tercatat 59 orang WNI di Bulgaria, 4 di Albania, dan 7 di Makedonia Utara; semuanya dalam kondisi sehat tidak terjangkit Covid-19. (Usan)

Iklan

admin

Read Previous

Dikeluarkan Dari Tahanan, 15 ABK WNI di Iran Pulang ke Indonesia

Read Next

Sidang Pemalsuan Surat Tanah di Desa Segara Makmur Bekasi Ditunda

Tinggalkan Balasan