Warga Tutup Akses Jalan Proyek PLTGU di Kabupaten Bekasi

- Jurnalis

Kamis, 4 Februari 2021 - 20:25 WIB

facebook twitter whatsapp telegram line copy

URL berhasil dicopy

facebook icon twitter icon whatsapp icon telegram icon line icon copy

URL berhasil dicopy

Lokasi Penutupan Jalan

Lokasi Penutupan Jalan

BERITA BEKASI – Jalan masuk menuju proyek Pembangkit Listrik Tenaga Gas dan Uap (PLTGU) Jawa 1 Cibatu Cabang Cilamaya yang berada di Desa Karangraharja, Kecamatan Cikarang Utara, Kabupaten Bekasi, Jawa Barat, ditutup warga.

Padahal, jalan tersebut menjadi salah satu jalan alternatif bagi warga tiga Desa dan dua Kecamatan yakni, Desa Waluya, Desa Karangraharja, Kecamatan Cikarang Utara dan Desa Karang Rahayu, Kecamtan Karang Bahagia, Kabupaten Bekasi, Jawa Barat.

“Mulai hari ini jalan menuju PLTGU, tepatnya jalan Pisangbatu ditutup, lantaran jalan rusak dan banyak kendaraan yang tergelincir,” kata Toyod warga Kampung Walahir kepada Matafakta.com, dilokasi penutupan jalan, Kamis (4/2/2021).

ADVERTISEMENT

SCROLL TO RESUME CONTENT

Dengan memblokade jalan dengan barikade bangku dan batang pohon dan dipasang spanduk pemberitahuan penutupan jalan. Warga, meminta jalan diperbaiki atau ditambal sulam agar tidak membahayakan pengguna jalan dan merugikan warga yang berada dipinggir jalan tersebut.

“Saya yang mersakan siang malam tinggal dipinggir jalan ini. Apalagi, kalau mobil proyek masuk udah ngak mikirin ada warga di pinggir jalan, karena bawa mobil ngak pernah pelan sampai mancrot lumpur di campur air dari kubangan jalan yang rusak itu,” cetus Nani pedagang di pinggir jalan arah PLTGU.

Dikatakan Toyod, selama adanya proyek PLTGU yang dirasakan hanya ngeri melihat mobil proyek siang malam lewat bermuatan berat, kalau siang, jalan ngebul. Sementara kalau musim penghujan saat ini, jalan becek dan berlubang seakan dibiarkan oleh para pemangku jabatan.

Baca Juga :  Ade Kuswara Kunang Daftar Calon Bupati Bekasi Dari PDI Perjuangan

“Selama berjalanya proyek tidak ada uang konpensasi untuk warga. Padahal, saya yang sehari-hari yang kena imbas jalan proyek, musim panas ngebul, musim hujan nyeret cuma kebagian sedihnya doang,” sindirnya.

Toyod berharap, jalan menuju PLTGU yang berada di Desa Karangraharja, Kabupaten Bekasi minta diperbaiki atau tambal sulam, agar semua masyarakat merasa nyaman saat musim panas ataupun musim penghujan saat ini.

“Warga sebenernya ngak minta macem- macem, cuma perhatikan jalan yang mereka lewati. Apa lagi saat musim hujan seperti ini,” tukasnya.

Sementara itu, Ketua Badan Permusyawaratan Desa (BPD) Safwan mengungkapkan, pada tanggal 26 Januari 2021, pihak PLTGU sudah mediasi dengan warga. Waktu itu, pihak PLTGU mau bersepakat untuk memperbaiki jalan, ternyata tidak ada kesepakatan antara warga dengan PLTGU.

“Tanggal 27 Januari kita rapat lagi di Desa yang dihadiri Humas dari PLTGU dan 5 kontraktor yang ada PLTGU tersebut. Hasil dari pertemuan itu akan ada realisasi sebelum tanggal 30 Januari. Nah, dari kesepakatan itu tertuang dalam berita acara tetapi tidak diindahkan juga,” jelasnya.

Baca Juga :  Jelang Pilkada, JNW: Sikap FKUB Kota Bekasi Beraroma Politis

Warga melihat, sambung Safwan, tidak ada itikad baik dari pihak PLTGU untuk melakukan perbaikan jalan warga yang semakin rusak parah. Banyak ibu-ibu atau anak-anak yang jatuh, kalau mau melihat bukti ada, saksi banyak.

“Pada tanggal 2 hari Selasa di minggu ini, sebenarnya warga mau melakukan aksi, tapi kita redam karena Kabupaten Bekasi dalam keadaan PSBB Covid-19,” imbuhnya.

Sebelumnya juga, dari Kanit intel Polsek Cikarang dan Polres Bekasi melakukan mediasi, kita minta dihadiri dari pihak perusahaan untuk perbaikan jalan, tetapi lagi-lagi pihak PLTGU diwakili dengan Humas.

“Humas sendiri, tidak bisa memberikan jawaban yang pasti terhadap masyarakat, akhirnya kita bubar dan kita tunggu karena akan ada pertemuan pertemuan yang lain lagi informasi dari Humas,” ulas Safwan.

Dalam hal ini, tambah Safwan, Humas akan menyampaikan kepada pusat, karena banyak warga yang jatuh dan secara sepontan warga pun menutup jalan Pisangbatu, Desa Karangraharja, Kabupaten Bekasi.

“Saya mewakili dari Pemdes, karena Pemdes sudah melakukan upaya-upaya mediasi dengan PLTGU. Yang jelas kami sudah membuat berita acara dan hasil pertemuan itu samapai sekarang tidak ada realisasi sedikit pun dari pihak PLTGU,” pungkasnya. (Usan)

Berita Terkait

Masyarakat Berbagai Elemen Dukung Dani Ramdan Kembali Jabat Pj Bupati Bekasi
Ade Muksin Terpilih Jadi Ketua PWI Bekasi Raya Periode 2024-2027
Tunggak Kontribusi, Pemkot Bekasi Ambil Alih Pengelolaan Pasar Pondok Gede
Eks Walikota Bekasi M2 Masih di Hati Masyarakat Kota Bekasi
Kong Mpe Ajak Masyarakat Kabupaten Bekasi Sukseskan MTQ Tingkat Provinsi Ke-38
Balon Walikota Bekasi Adi Bunardi Minta DPC PDIP Siapkan Panggung Debat
Jelang Pilkada, JNW: Sikap FKUB Kota Bekasi Beraroma Politis
Ade Kuswara Kunang Daftar Calon Bupati Bekasi Dari PDI Perjuangan
Berita ini 0 kali dibaca

Berita Terkait

Rabu, 24 April 2024 - 19:12 WIB

Masyarakat Berbagai Elemen Dukung Dani Ramdan Kembali Jabat Pj Bupati Bekasi

Selasa, 23 April 2024 - 19:46 WIB

Tunggak Kontribusi, Pemkot Bekasi Ambil Alih Pengelolaan Pasar Pondok Gede

Senin, 22 April 2024 - 14:43 WIB

Eks Walikota Bekasi M2 Masih di Hati Masyarakat Kota Bekasi

Minggu, 21 April 2024 - 17:53 WIB

Kong Mpe Ajak Masyarakat Kabupaten Bekasi Sukseskan MTQ Tingkat Provinsi Ke-38

Sabtu, 20 April 2024 - 13:44 WIB

Balon Walikota Bekasi Adi Bunardi Minta DPC PDIP Siapkan Panggung Debat

Sabtu, 20 April 2024 - 13:22 WIB

Jelang Pilkada, JNW: Sikap FKUB Kota Bekasi Beraroma Politis

Sabtu, 20 April 2024 - 12:40 WIB

Ade Kuswara Kunang Daftar Calon Bupati Bekasi Dari PDI Perjuangan

Jumat, 19 April 2024 - 14:48 WIB

Eskalasi Menguat, Pro dan Kontra Pj Bupati Bekasi Bermunculan

Berita Terbaru