BUMdes Karangraharja Tampilkan Produk Ikan Olahan di Harkanas

BERITA BEKASI – Badan Usaha Milik Desa (BUMDes) Karangraharja, Kecamatan Cikarang Utara, tampilkan beraneka ragam produk olahan ikan patin diperingatan Hari Ikan Nasional (HARKANAS) ke-7 yang diselenggarakan Dinas Perikanan, Kabupaten Bekasi, Jawa Barat.

Kepada Matafakata.com, Ketua BUMdes Karangraharja, Ilyas mengatakan, Hari Ikan Nasional ke-7 kali ini, Dinas Perikanan Kabupaten Bekasi, mengangkat tema Gerakan Masyarakat Makan Ikan (Gemarikan) dengan mengadakan bazar olahan ikan di Sentra Grosir Cikarang (SGC).

“Kali ini, BUMDes Karangrahraja bersama Mitra UKM yang ada di Desa kami menampilkan beraneka ragam olahan ikan patin hasil pembesaran ikan masyarakat yang ada di Desa kami. Semua ini untuk mendongkrak perekonomian warga,” kata Ilyas, Senin (30/11/2020).

Dikatakan Ilyas, tujuan BUMdes Karangraharja ikut serta dalam bazar produk pengolahan ikan ini, agar mampu membangkitkan kembali para UKM yang ada di Desa Karangraharja, Kabupaten Bekasi, Jawa Barat.

“Yang kita bisa akomodir dalam hal ini adalah UKM yang ada di Desa Karangraharja, karena potensinya sangat besar tetapi bagaimana caranya kita berklaborasi. Nah, BUMDes selaku pasilator bisa menjadi mitra ataupun unit usaha dari BUMDes itu sendiri,” ungkapnya.

Alhamdulillah, sambung Ilyas, untuk Kecamatan Cikarang Utara, diwakili Desa Karangraharja dengan membuka stand beberapa macam olahan berbahan ikan patin seperti, naget, tesmol, tempe serta sampahan biji nanas, olahan rebong peyek, ada juga sambal ikan patin, sambal teri dan sambal cumi.

“Semoga kedepanya, kita bisa kembangkan dan bisa kita maksimalkan bukan hanya bicara tingkat daerah Kecamatan, tapi kita bisa ke tingkat Kabupaten, tingkat Nasional dan tingkat Provinsi Jawa Barat,” harapnya

Ilyas pun berharap, BUMDes bisa menjadi pasilitas atau mitra untuk bisa membangkitkan semangat UKM yang ada di Desa Karangraharja. Kedepan, kepada seluruh masayarakat Desa Karangraharja untuk lebih berkreasi dan lebih berinovasi menciptakan hal-hal yang baru terutamanya dibidang UKM.

Jadi, tambah Ilyas, bukan hanya UKM di bidang modern atau dibidang fashion seperti kerjinan tangan yang ada di Desa Karangraharja, tapi kita punya potensi, Sumber Daya Manusia (SDM) yang bisa memberikan inovasi bisa memberikan masukkan untuk memajukan Desa Karangraharja.

“Untuk masyarakat Desa Karangraharja khususnya dan masyarakat Kecamatan Cikarang Utara mari datang dan kunjungi acara Dinas Perikanan pola olahan masakan ikan di Sentra Grosir Cikarang (SGC) lantai 2 di stand No.12, Desa Karangraharja,” pungkasnya. (Usan)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *