Camat Cabang Bungin, Asep Buchori Tinjau 4 Desa Rawan Luapan Sungai

BERITA BEKASI – Antisipasi banjir tahunan Camat Cabang Bungin Kabupaten Bekasi, Asep Buchori bersama unsur Musyawarah Pimpinan Kecamatan (Muspika) meninjau langsung 4 Desa yang dilintasi Sungai Citarum dan Kali Ciherang yang selalu meluap airnya membanjiri perkampungan jika itensitas curah hujan tinggi di hulu Sungai.

“Kami turun langsung menyisir titik rawan banjir karena intensitas hujan di hulu Sungai terlihat mulai tinggi, maka saya bersama unsur Muspika Kecamatan Cabang Bungin, melakukan peninjauan langsung ke 4 Desa yang selalu menjadi langganan banjir dampak luapan Sungai yaitu Sungai Citarum dan Kali Ciherang,” kata Asep kepada Matafakta.com, Kamis (29/10/2020) kemarin.

Asep Buchori yang baru duduk menjabat sebagai Camat Cabang Bungin ini melanjutkan, berdasarkan data yang dimiliki Kecamatan Cabang Bungin ada 4 Desa yang selalu menjadi lenganan banjir tahunan jika Kali Ciherang dan Sungai Citarum meluap.

“Karena Kecamatan Cabang Bungin ini dilalui Sungai Citarum dan Kali Ciherang jika curah hujan tinggi di hulu Sungai maka airnya akan meluap menggenangi 4 Desa diantaranya, Kampung Cangkring Desa Jaya Laksana, Kampung Putat Desa Sindang Jaya, Kampung Pulo Tanjung, Desa Setia Jaya dan Kampung Cabang Dua Ujung RT18 Desa Lenggah Sari,” paparnya.

Selain itu, lanjut Asep, untuk dampak luapan Sungai Citarum bisa menggenangi dua Desa yakni, Desa Setia Jaya Kampung Tanjungan RT13, karena perkampungan tersebut adanya di dalam bantaran Sungai. Kedua, Kampung Kali Jaya atau Kali Mati RT04, Desa Lenggah Sari, karena letaknya di dataran rendah.

“Jadi untuk antisipasi banjir itu kita dari Kecamatan Cabang Bungin akan mendata dan akan menyediakan Posko Evakuasi, alat kesehatan, bahan makanan dan keperluan lainya untuk warga yang tekena dampak banjir tersebut,” pungkasnya. (Mul/Hasrul)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *