Di Tengah Corona, Satgas TMMD Berjibaku Selesaikan Target

- Jurnalis

Rabu, 15 April 2020 - 20:08 WIB

facebook twitter whatsapp telegram line copy

URL berhasil dicopy

facebook icon twitter icon whatsapp icon telegram icon line icon copy

URL berhasil dicopy

TNI Manunggal

TNI Manunggal

BERITA SEMARANG – Program TNI Manunggal Membangun Desa (TMMD) merupakan program kerja sama terpadu dan berkelanjutan antara TNI dan Kementerian atau Lembaga Pemerintah Non Kementerian (LPNK). Hal tersebut diungkapkan, Kapendam IV Diponegoro, Letkol Kav Susanto di sela-sela kegiatan rutinnya, Rabu (15/4/2020).

“Selain untuk mempercepat pemerataan pembangunan, melalui program tersebut diharapkan dapat meningkatkan taraf hidup masyarakat khususnya di daerah yang tergolong tertinggal, terpencil, perbatasan dan daerah yang terdampak bencana,” terang Letkol Kav Susanto.

Dikatakan, bersamaan dengan mewabahnya virus Corona atau Covid-19, Satgas TMMD dan masyarakat harus bekerja ekstra keras, ekstra hati-hati dan waspada.

ADVERTISEMENT

SCROLL TO RESUME CONTENT

Selain harus berperang melawan penyebaran virus Corona, mereka juga harus berjibaku menyelesaikan semua target dengan berbagai tantangan baik itu kondisi geografi dan cuaca serta harus berpacu dengan waktu.

Dijelaskan Susanto, pada TMMD ke-107 kali ini, Satgas TMMD harus bisa menyelesaikan pembangunan sasaran fisik dan non fisik yang tidak sedikit.

“Untuk sasaran fisik misalnya, Satgas harus membangun jalan, jembatan, renovasi dan membangun rumah ibadah, sekolah, rehabilitasi rumah tidak layak huni serta membangun sarana sanitasi,” jelasnya.

Sedangkan sasaran non fisik, Satgas juga harus memberikan penyuluhan Bela Negara, penyuluhan bahaya Narkoba, penyuluhan Pertanian, penyuluhan Peternakan, penyuluhan Kesehatan dan lain sebagainya. Belum lagi dengan upaya pencegahan pandemi virus corona yang mewabah dihampir semua wilayah.

Namun berkat kolaborasi dan sinergitas TNI, masyarakat setempat dan instansi terkait semua target dapat diselesaikan secara optimal.

Dicontohkan Kapendam, pembangunan jalan dan talud di Desa Pantirejo, Kecamatan Kesesi, Kabupaten Pekalongan.

Meskipun lanjut Kapendam, sempat diterpa hujan dan banjir, pengaspalan jalan sepanjang 2,5 kilometer dengan lebar 3 meter dan pengerjaan talud sepanjang 800 meter tinggi 1 meter hasilnya sangat memuaskan, karena telah memenuhi Rencana Kerja dan Syarat-Syarat (RKS) dari Dinas PU Kabupaten Pekalongan.

“Setiap pekerjaan tentu ada kendalanya. Cuaca yang kurang bersahabat, lokasi, medan yang sulit dan munculnya virus Corona menjadi kendala utama gelaran TMMD Reguler ke-107 ini. Namun sinergitas prajurit bersama masyarakat mampu mencari solusi sehingga hasil pembangunan tetap berkualitas,” terang Kapendam.

Lain permasalahan di Pekalongan lain pula dengan di Kulonprogo. Dandim 0731 Kulonprogo Letkol Arm Dodit Susanto selaku Dansatgas TMMD ke-107 Kodim 0731 Kulonprogo beberapa waktu lalu mengatakan, Tempat droping pengecoran jalan antar pedukuhan di Kalurahan Purwosari, Kecamatan Girimulyo, Kabupaten Kulonprogo tidak bisa sampai ke lokasi.

Satgas dan masyarakat harus melansir sedikit demi sedikit semen, pasir dan koral menggunakan ember dan alat-alat seadanya. Belum lagi adanya acaman penyebaran virus corona, sehingga betul-betul extra keras, hati-hati dan waspada. Namun dengan kerja keras mereka, semua target dapat diselesaikan tepat waktu.

“Apa yang terjadi di Pekalongan dan Kulonprogro hanyalah sedikit gambaran yang terjadi di lokasi TMMD. Di tengah kondisi penyebaran virus Corona, Satgas TMMD juga harus berjibaku menyelesaikan semua target pembangunan untuk mensejahterkan masyarakat di pedesaan,” imbuhnya.

Dirinya berharap, sebagaimana yang disampaikan Pangdam IV Diponegoro Mayjen TNI Mochamad Effendi saat meninjau TMMD di Desa Rowosari beberapa waktu lalu, masyarakat dapat ikut menjaga dan merawat hasil TMMD dengan baik sehingga dapat digunakan dalam jangka waktu yang panjang. (Nining)

Biro Semarang

Berita Terkait

Kodim 0812 Lamongan Salurkan Zakat dari Baznas
Koramil 05 Cibitung Kabupaten Bekasi Begikan Takjil Berbuka Puasa
Kasum TNI Mewakili Panglima TNI Membuka Bazar Ramadhan 2024
Sambut Hari Raya Idul Fitri 2024, Kodim 0819 Pasuruan Gelar Bazar Murah
Bazar Murah Ramadhan Kodam Brawijaya Diserbu Masyarakat
HUT ke-78, Persit Kodim 0812 Lamongan Tabur Bunga
Di Bulan Ramadhan, Ratusan Prajurit Kodam V Brawijaya Naik Pangkat
Operasi Spider Web II, Wujudkan Perdamaian di Daerah Misi 
Berita ini 3 kali dibaca

Berita Terkait

Rabu, 24 April 2024 - 22:19 WIB

Tuntut Ganti Majelis Hakim, Ratusan Karyawan PT. PRLI Unjuk Rasa di MA

Rabu, 24 April 2024 - 13:42 WIB

Aksi di Mabes Polri, LQ Indonesia Law Firm Tuntut Copot Dir-Tipideksus

Selasa, 23 April 2024 - 19:07 WIB

Menangkan Buronan, Karyawan PT. PRLI Minta 3 Hakim MA Diusut

Senin, 22 April 2024 - 21:50 WIB

Terancam PHK Massal, Karyawan PT. Polo Ralph Lauren Indonesia Tolak Putusan MA

Minggu, 21 April 2024 - 15:26 WIB

Alvin Lim Laporkan Brigjen Wisnu Hermawan Atas Dugaan Kaburnya Bos Investasi

Minggu, 21 April 2024 - 12:04 WIB

Nitizen Soroti Rumah Presiden PKS Saat Dikunjungi Anies Baswedan

Jumat, 19 April 2024 - 19:29 WIB

Tak Profesional, Alvin Lim Laporkan Penyidik Dirtipideksus Mabes Polri

Jumat, 19 April 2024 - 13:34 WIB

LQ Indonesia Law Firm Bakal Gelar Aksi Dengan Korban Net-89 dan Indosurya

Berita Terbaru

Foto: H. Abdul Rosyad Irwan Siswadi, SE

Seputar Bekasi

Yan Rasyad Diharapkan Maju di Pemilihan Walikota Bekasi

Jumat, 26 Apr 2024 - 19:16 WIB