Warga Minta Gorong-Gorong Kali Ulu Desa Karangraharja Diperlebar

BERITA BEKASI – Sejumlah warga yang tinggal di Kampung Kali Ulu, meminta gorong-gorong yang terletak di Kampung Kali Ulu yang berlokasi di RT03/RW01, Desa Karangraharja, Kecamatan Cikarang Utara, Kabupaten Bekasi, Jawa Barat, di perlebar atau direnovasi kembali.

Pasalnya, gorong – gorong yang sekarang tidak bisa mengaliri air secara cepat dan agak tersumbat ini, setiap musim penghujan selalu menjadi langganan banjir seperti sekarang ini.

“Ya bang, sudah dua hari rumah saya terendam banjir, hampir setiap musim hujan tempat saya banjir sampai pinggang,” kata Romli, warga Kali Ulu RT02/RW01, saat berbincang dengan Matafakta.com, dilokasi banjir, Minggu (7/2/2021).

Menurut Romli, langganan banjir setiap musim hujan di Kali Ulu ini, penyebabnya adalah gorong-gorong yang ada di RT03/RW01. Selain gorong-gorong kurang lebar juga bersekat tengah, sehingga mengumpulkan sampah yang tersangkut.

Sedangkan air Kali Ulu ini, Sambung Romli, datang dari Pasir Gombong, Kawasan Jurong, Desa Tanjung Sari bahkan dari wilayah Cikarang. Saat ini, kapsitas air dimusim penghujàn air yang mengalir ke Pintu air Cibalok sampai kehilir agak tertahan di gorong-gorong tersebut.

“Saya harap, agar secepatnya dilakukan pelebaran gorong-gorong tersebut. Sehingga ketika hujan, air tidak lagi meluap ke pemungkiman warga dan arus air berjalan cepat, tidak seperti sekarang ini,” tandasnya.

Sementara itu, salah satu warga RT03/RW01 mengungkapkan, dari tahun 2014 banyak yang ngintrol gorong-gorong bahkan dari Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bekasi pernah datang melihat gorong-garong.

“Sampai sekarang belum ada kabar lagi. Banjir sekarang tidak separah banjir tahun kemarin dikarenakan kemarin sebelum penghujan ada pengerukan Kali Ulu. Sekarang ini, kendala air mengalir tidak cepat ya di gorong-gorong itu,” pungkasnya. (Usan)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *