Olahraga Dirumah Dapat Tingkatkan Imun Hadapi Covid-19

- Jurnalis

Rabu, 25 Maret 2020 - 15:55 WIB

facebook twitter whatsapp telegram line copy

URL berhasil dicopy

facebook icon twitter icon whatsapp icon telegram icon line icon copy

URL berhasil dicopy

R. Meggi Brotodiharjo

R. Meggi Brotodiharjo

BERITA BEKASI – Seiring merebaknya wabah virus Corona atau Covid-19 hampir di seluruh dunia, termasuk di Indonesia dan tak terkecuali di Bekasi, anjuran Pemerintah dan Pakar Kesehatan untuk #StayHome (tetap berada di rumah) #WorkFromHome (Bekerja dari rumah) serta #PhysicalDistancing (menjaga jarak fisik), semakin intens dihimbau.

Pengamat Kebijakan Publik Bekasi R. Meggi Brotodihardjo mengapresiasi anjuran Pemerintah itu sangat tepat, serta mengajak seluruh masyarakat Bekasi khususnya dan Indonesia umumnya  untuk segera meresponnya.

“Mari kita dukung Pemerintah, melakukan apa yang dianjurkan dan atau diperintahkan, dengan me-lockdown dalam artian mengkarantina secara mandiri,” ajaknya melalui pesan WhatsApp yang disampaikan kepada para pewarta, Rabu (25/3/2020).

ADVERTISEMENT

SCROLL TO RESUME CONTENT

Lebih lanjut Meggi mengatakan, saat ini hal yang bisa dilakukan masyarakat untuk menghindari diri dari virus Corona adalah menuruti anjuran Pemerintah untuk berada di rumah dan mengurangi aktivitas yang tak perlu diluar rumah, tidak berada di kerumunan atau tempat ramai.

Dengan menjaga jarak fisik dari orang lain dapat mencegah penyebaran virus Corona dari satu orang ke orang yang lain, maupun mengisolir merebaknya wabah virus Corona semakin meluas.

“Namun, menjaga jarak fisik bukan berarti kita memutus hubungan sosial (social distancing) dengan orang yang kita cintai, keluarga serta saudara sebangsa setanah air. Kita tetap dapat terhubung secara sosial bahkan ketika fisik tak bertemu,” kata Meggi.

“Teknologi Internet yang sering dituding merusak tatanan sosial, justru saat ini berguna untuk menyatukan visi dan sejalan menghadapi gempuran virus Corona, Jauh disana, dekat di WA,” tambah Meggi.

Ditengah kepanikan masyarakat akan Pandemik (penyakit yang mendunia) ini, masyarakat dianjurkan untuk  terus meningkatkan sistem imunitas atau daya tahan tubuh dalam menjaga kesehatan agar tidak mudah terserang virus atau penyakit.

“Ada berbagai cara yang dapat dilakukan untuk meningkatkan imunitas tubuh, termasuk pola makan, pola tidur atau istirahat, menghindari stres dan olahraga,” ungkapnya.

Dikatakan Meggi, fokus pada olahraga telah diteliti dapat meningkatkan sistem imun tubuh. Jika  makan dengan benar, tidur dengan benar dan tidak stres namun tidak berolahraga, maka sistem imun akan timpang, apalagi sebaliknya.

Olahraga tambah Meggi, tidak harus diluar rumah, lapangan, gymnasium atau Car Free Day, bisa juga dilakukan di rumah seperti, push-up, sit-up, jogging, leg lift, menari atau joget, naik turun tangga dan lain-lain.

“Kedepan, Pemerintah perlu lebih menanamkan budaya olahraga sebagai gaya hidup (life style) masyarakat dalam upaya menjaga kesehatan sejak usia dini secara teratur dan berkelanjutan agar lebih siap menghadapi gempuran virus Corona,” pungkas Meggi, Mantan Sekjen PERTINA, INKAI dan Humas KONI Kabupaten Bekasi ini. (Mul)

Berita Terkait

Maknai Hari Pahlawan, Ini Kata Ketua RW di Bekasi Sahid Sutomo
Tawon Vespa Resahkan Warga Kampung Walahir Kabupaten Bekasi
Soal Video Mumtaz, Pengamat: Hanya Mengejar Elektabilitas Digital Semata
Dapat Rutilahu, Warga Karang Reja Pebayuran Ucapkan Terimakasih
Kasus Isoman, Walikota Bekasi Kumpulkan Para Pejabat Pemkot Bekasi
Kades Cipayung Bekasi H. Ajan Ajak Masyarakat Giat Bersih Lingkungan                
Yayasan Baraka Tersendat Biaya Perakitan Lamborghini Veneno
Hutang Rp150 Miliar Infrastruktur Apakah Sebuah Solusi?
Berita ini 1 kali dibaca

Berita Terkait

Rabu, 24 April 2024 - 19:12 WIB

Masyarakat Berbagai Elemen Dukung Dani Ramdan Kembali Jabat Pj Bupati Bekasi

Selasa, 23 April 2024 - 19:46 WIB

Tunggak Kontribusi, Pemkot Bekasi Ambil Alih Pengelolaan Pasar Pondok Gede

Senin, 22 April 2024 - 14:43 WIB

Eks Walikota Bekasi M2 Masih di Hati Masyarakat Kota Bekasi

Minggu, 21 April 2024 - 17:53 WIB

Kong Mpe Ajak Masyarakat Kabupaten Bekasi Sukseskan MTQ Tingkat Provinsi Ke-38

Sabtu, 20 April 2024 - 13:44 WIB

Balon Walikota Bekasi Adi Bunardi Minta DPC PDIP Siapkan Panggung Debat

Sabtu, 20 April 2024 - 13:22 WIB

Jelang Pilkada, JNW: Sikap FKUB Kota Bekasi Beraroma Politis

Sabtu, 20 April 2024 - 12:40 WIB

Ade Kuswara Kunang Daftar Calon Bupati Bekasi Dari PDI Perjuangan

Jumat, 19 April 2024 - 14:48 WIB

Eskalasi Menguat, Pro dan Kontra Pj Bupati Bekasi Bermunculan

Berita Terbaru